Simak Tujuan Pemasaran Berikut Ini Supaya Tidak Salah Langkah
annie spratt on unsplash.com

Simak Tujuan Pemasaran Berikut Ini Supaya Tidak Salah Langkah

Dalam hidup, sudah selayaknya seorang manusia memiliki tujuan dan target yang ingin ia capai. Tujuan hidup yang jelas akan mengantarkan seseorang pada kesuksesan di hidupnya. Demikian juga dalam hal bisnis, tujuan dan target diperlukan supaya dapat membuat strategi yang tepat untuk dijalankan.

Saat ini dunia pemasaran sudah berkembang sangat pesat, seiring dengan perkembangan teknologi yang kian masif digunakan masyarakat. Tak hanya itu, perkembangan juga terjadi pada pola pikir dan kemamouan kritis pasar terhadap sebuah produk dan segala aktivitas pemasaran yang terkait dengannya.

Meski banyak hal telah mengalami perkembangan, tak lantas menggeser tujuan dan fungsi pemasaran yang sebenarnya. Pada dasarnya ada beberapa hal yang menjadi tujuan dan juga fungsi dari pemasaran

Tujuan Pemasaran

Memiliki tujuan ketika melakukan pemasaran akan membantu kita dalam menentukan langkah ke depannya. Hal ini akan membuat bisnis yang kita jalankan menjadi lebih terarah karena ada tujuan dan target yang sudah jelas ingin dicapai. Ada hal yang harus diimplementasikan dalam beberapa fungsi dan tujuan pemasaran.

Tujuan Pemasaran Menurut Para Ahli

tujuan pemasaran
neonbrand on unsplash.com

Menurut Philip Kotler, tujuan pemasaran bukan hanya sekedar mendapatkan keuntungan saja tapi juga untuk mengetahui dan memahami pasar dan pelanggan. Sehingga barang dan jasa yang ditawarkan tetap sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Orientasi dari tujuan pemasaran menurut Philip Kotler ini bukan hanya sekedar mendapatkan keuntungan saja. Namun, juga memahami akan adanya kebutuhan dan keinginan dari konsumennya.

Sedangkan Willian J Stantin mengatakan bahwa, tujuan pemasaran adalah membuat barang atau jasa yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pasar.

Perusahaan dituntut untuk mampu membuat barang atau jasa yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumennya. Seolah-olah barang dan jasa tersebut memang dibuat khusus untuk para konsumen tersebut.

Tujuan Pemasaran Secara Umum

Secara umum tujuan dari pemasaran sebuah produk adalah untuk memahami konsumen dan pasar. Tujuan ini harus dicapai oleh para pelaku usaha yang melakukan pemasaran.

Oleh karena itu, mereka harus paham lebih dalam akan konsumen dan pasar yang menjadi target potensial mereka. Setelah memahami konsep pemasaran tersebut, mereka dapat membuat langkah-langkah strategis yang dapat ditempuh untuk memenuhi kebutuhan pasar tersebut.

Selain itu, tujuan pemasaran juga untuk mengusahakan mencapai titik tengah atau titik impas antara total biaya produksi dengan total volume penjualan. Karena hal ini dapat memperluas cakupan promosi dan juga volume penjualan.

Tujuan Pemasaran Secara Khusus

tujuan pemasaran
diggity marketing on unsplash.com

Tujuan pemasaran secara khusus dapat dijabarkan ke dalam 5 poin. Berikut ini adalah penjelasan mengenai kelima poin tersebut:

Memahami Pasar dan Konsumen

Ini adalah tujuan pertama yang perlu dicapai oleh para pemasar. Seorang pemasar harus dapat mengetahui dan memahami benar tentang pasar dan konsumen yang menjadi target potensial.

Adapun hal-hal yang perlu dipahami di antaranya adalah peta persaingan dengan kompetitor, tingkat kebutuhan, selera dan keinginan pasar, trend yang muncul, dan juga memahami kondisi pasar. Dalam hal ini kondisi pasar meliputi daya beli, keterbatasan dan ketertarikan yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli.

Membentuk Produk yang Sesuai Dengan Pasar

Ketika sebuah perusahaan sudah dapat memahami konsumen dan pasar, maka langkah selanjutnya adalah mampu memberikan produk yang sesuai. Dalam hal ini, sesuai yang dimaksud tentunya yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar.

Tujuan ini sangat berkesinambungan dengan tujuan pertama di atas. Dalam pelaksanaannya, tim pemasaran perlu bekerjasama dengan tim perancang produk dan bagian produksi untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan hasil riset.

Mendapatkan Citra Diri Perusahaan

Salah satu hal penting dalam pemasaran adalah membentuk citra diri. Karena dengan adanya pencitraan, maka konsumen dapat lebih mengenal dan tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mencapai tujuan ini, di antaranya adalah dengan membuat konten iklan, event, atau menggunakan tokoh berpengaruh sebagai brand ambassador.

Mencapai Target Penjualan

Tentu tak dapat dipungkiri bahwa target utama dari tujuan pemasaran penjualan yang optimal. Setiap bagian pemasaran melakukan usaha kerasnya untuk menunjang tingkat penjualan produk perusahaan.

Biasanya, sebuah perusahaan akan menentukan target penjualan untuk tahun berjalan, target pemasukan kas dari penjualan dan total permintaan yang dihrapakan dari total pasara yang ada atau disebut juga dengan market share. Target inilah yang kemudian menjadi rujukan pencapian bagian pemasaran sepanjang tahun.

Kepuasan Konsumen

Bisa dikatakan kepuasan konsumen adalah tujuan atau target dengan hasil jangka panjang yang bisa diperoleh perusahaan. Penjualan yang terjadi hanya akan menjadi keuntungan sesaat bila tidak diiringi dengan kepuasan konsumen.

Kepuasan konsumen bisa dilihat dari feedback yang diberikan setelah transaksi jual-beli berlangsung, contohnya adalah dengan memberikan testimoni yang baik dari konsumen.

Pencapaian paling tinggi yang bisa diraih oleh tim pemasaran adalah ketika seorang pelanggan merasa puas dengan produk dan pelayanan yang diberikan kemudian menjadi pelanggan tetap.

Tujuan Pemasaran Berdasarkan Waktu

tujuan pemasaran
estee janssens on unsplash.com

Berdasarkan waktunya ada tiga kategori tujuan pemasaran, yaitu jangka pendek, jangan menengah, dan jangka panjang. Ketiganya akan dibahas lebih lanjut berikut ini:

Jangka pendek

Tujuan perusahaan melakukan pemasaran dalam jangka pendek adalah mendapatkan keuntungan secepat mungkin. Berbagai cara dilakukan untuk mendatangkan pembeli, supaya perusahaan bisa menutup biaya operasional perusahaan yang telah dikeluarkan.

Hasil yang didapat setelah biaya operasional sudah tertutupi itulah yang dinamakan keuntungan. Dari sini perusahaan dapat memutarnya sebagian menjadi modal untuk melanjutkan produksi dan operasional.

Jangka Menengah

Tujuan jangka menengah pemasaran adalah berusaha mencapai titik impas dari total volume penjualan dan total biaya produksi yang mereka keluarkan. Maksudnya, dengan pemasaran yang luas, maka hasil yang didapat tentu juga lebih banyak sehingga volume penjualan akan meningkat.

Jangka Panjang

Adapun tujuan jangka panjang yang ingin dicapai oleh pemasaran adalah dapat bertahan dalam industri bisnis tersebut. Salah satunya adalah dengan cara mempertahankan pelanggan yang setia dengan produk atau jasa yang mereka jual.

Oleh karena itu, perusahaan dituntut untuk selalu berinovasi dalam hal pemasaran maupun produksi. Sehingga tidak tertinggal dengan dinamika perubahan selera konsumen dan pasar.

Demikianlah penjelasan mengenai tujuan pemasaran. Dapat disimpulkan, fokus dari tujuan pemasaran adalah meningkatkan penjualan sebanyak-banyaknya dengan meraih kepuasan konsumen. Konsumen yang setia membeli produk atau jasa perusahaan akan menciptakan mesin pemasar otomatis yang sukarela. Dari sinilah akan muncul konsumen-konsumen baru.

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu