Menjadi Kaya Raya Dengan Berinvestasi di Usia Muda
finansialku.com

Menjadi Kaya Raya Dengan Berinvestasi di Usia Muda

Menjadi anak muda gaul tapi tetap berduit? Tidak sulit, kok. Karna ada banyak jalan menuju Roma. Seperti pepatah tersebut, kamu bisa menempuh banyak cara supaya bisa menjadi anak gaul tapi tidak bikin kantong jebol. Salah satunya adalah dengan mengalokasikan dana bulananmu untuk berinvestasi. Tapi, sebelumnya kamu wajib paham terlebih dulu pengertian dari investasi itu sendiri.

Bagi masyarakat modern, kata investasi mungkin sudah tidak asing lagi. Bahkan banyak di kalangan generasi millenial sekarang yang membahas masalah investasi di tempat nongkrong sambil menyesap kopi panas.

Jadi, tidak ada alasan lagi buat kamu takut berinvestasi karna informasi seputar investasi sudah sangat mudah didapatkan. Hal penting yang perlu kamu ketahui adalah memahami betuk investasi untuk meminimalisir resiko kerugian. Simak pengertian, manfaat, dan jenis investasi berikut ini untuk menambah wawasanmu seputar investasi.

Apa Iya Investasi = Menabung? Simak Dulu Pengertiannya!

pengertian investasi
money.kompas.com

Kalau ada yang beranggapan bahwa investasi sama halnya dengan menabung, maka ia tidak sepenuhnya salah. Karna investasi adalah suatu kegiatan dimana seseorang menempatkan dana pada aset produktif dengan harapan mendapatkan hasil dari pertumbuhan aset tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Investasi merupakan salah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan dana pribadi atau perusahaan dengan harapan dana tersebut akan semakin besar, sehingga bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Nah, bisa disimpulkan kalau investasi ini adalah lawan dari konsumsi, yang menggunakan barang ataupun jasa untuk memenuhi kebutuhannya.

Sayangnya, banyak millenial yang masih beranggapan kalau investasi dan tabungan adalah pos pengeluaran yang sama. Makanya, tidak heran kalau di antara mereka banyak yang hanya memilih salah satu antara tabungan atau investasi saja. Padahal keduanya adalah dua hal yang berbeda.

Dibanding dengan tabungan, investasi mempunyai potensi keuntungan yang lebih besar. Namun, investasi tidak bisa kamu nikmati dalam waktu yang cepat, karena biasanya investasi dilakukan untuk tujuan jangka panjang.

Seiring dengan berjalannya waktu, saat ini investasi sudah hadir dengan konsep modern dan lebih mudah di akses. Kamu juga bisa memulai investasi dengan jumlah terbatas mulai dari Rp 100 ribu rupiah. Ada banyak jenis instrumen investasi yang bisa kamu coba dengan menyetorkan modal minim, seperti reksa dana, saham, pendanaan di p2p lending, dan sebagainya.

Kalau kamu tertarik dengan investasi emas, sekarang ini tabungan emas juga bisa dimulai dari setoran Rp 10 ribu saja perbulannya. Bagi millenials yang baru mau terjun ke dunia investasi, kamu bisa memulainya dengan  mengalokasikan sedikit anggaran beli kopi di coffe atau belanja keperluan sekundermu untuk berinvestasi. Cukup mudah, kan?

Mengapa Sebaiknya Kaum Millenial Mulai Berinvestasi?

pengertian investasi
dbs.com

Seiring dengan maraknya tren gaya hidup, banyak dari kaum millenial saat ini yang lebih mementingkan standar hidup tinggi ketimbang kesehatan keuangan mereka. Mindset yang mereka gaungkan adalah “gaya aja dulu, punya uang atau enggak urusan nanti”. Akibatnya, banyak dari mereka yang akhirnya terjebak dalam masalah ekonomi.

Tahukah kamu, dengan berinvestasi kamu akan mendapat banyak manfaat, seperti menjadi lebih disiplin dalam keuangan, bisa mengatur prioritas, dan masih banyak lagi. Lalu, selain manfaat tadi, apa sih tujuan kita berinvestasi? Simak penjelasannya berikut ini!

Mendapatkan penghasilan tetap dari hasil investasi

Hasil dari investasi bisa menjadi salah satu pemasukan tetap yang bisa kamu peroleh. Misalnya, jika kamu menanamkan modal berupa saham pada suatu perusahaan, maka kamu akan mendapatkan royalti atau keuntungan berkala selama kamu masih menjadi pemodal di perusahaan tersebut.

Investasi semacam ini bisa menjadi alternatif pemasukan untukmu. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tetap diluar dari gaji bulanan yang kamu terima dari hasil kerjamu. Sudah mulai tertarik?

Berinvestasi bisa mengurangi persaingan

Coba bayangkan kalau setiap orang membuat bisnis dalam bidang yang sama. Pastinya akan ketat sekali persaingan bisnis yang terjadi. Jika kamu berani keluar dari zona nyaman dan beralih menjadi investor, secara tidak langsung kamu sudah mengurangi angka persaingan bisnis tersebut. Tanpa terlibat langsung kamu bisa mendapatkan keuntungan setiap bulannya.

Kamu akan merasakan kebebasan finansial

Saat kamu mulai berinvestasi, kamu akan mulai menjadi pribadi yang bebas secara finansial. Artinya, kamu tidak perlu lagi bekerja keras, namun, akan terus mendapat penghasilan pasif. Melihat realitas yang terjadi saat ini, kebanyakan orang bekerja keras untuk memenuhi tuntutan gaya hidup yang bisa jadi belum saatnya ia miliki. Dengan kondisi finansial yang pas-pasan, tapi ingin hati terlihat gaya di hadapan masyarakat.

Orang-orang yang bisa merasakan kebebasan finansial adalah mereka yang mulai berinvestasi sejak dini. Melalui investasi mereka bahkan bisa memilih standar hidup yang diinginkan sesuai dengan kemampuan finansial mereka. Masih tidak tertarik mengumpulkan kekayaan lewat investasi?

Mendorong untuk menjalani gaya hidup hemat

Memulai investasi akan membuatmu berusaha untuk mengalokasikan uang pada hal-hal yang penting saja. Jika kamu sudah terbiasa dengan hal tersebut, secara perlahan kamu akan menjadi pribadi dengan pola hidup yang hemat. Selain itu, orang yang berkomitmen untuk berinvestasi akan terhindar dari masalah hutang-piutang karena sudah terbiasa mengatur pos keuangannya.

Jenis Investasi yang Bisa Millenial Pilih

pengertian investasi
economy.okezone.com

Jenis investasi yang bisa kamu pilih Bagi kamu yang masih awam di dunia investasi, ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis investasi. Berikut ini adalah beberapa jenis investasi yang bisa kamu pelajari.

  • Deposito
    Jenis investasi ini memungkinkan kamu untuk menyimpan uang pada suatu perusahaan dengan jaminan investor akan menerima keuntungan berupa bungan dalam jangka waktu yang sudah disepakati. Deposito dapat dibedakan menjadi dua, yakni deposito berjangka dan sertifikat deposito.
  • Saham
    Saat ini investasi saham sudah mulai banyak dilirik oleh kaum millenial. Investasi saham bisa dibilang adalah bentuk lain dari aset perusahaan. Artinya, kalau kamu mempunyai 50% saham suatu perusahaan, maka kamu adalah pemilik dari setengah dari total aset yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Umumnya saham dibuat dalam bentuk surat berharga yang menunjukkan kepemilikan.
  • Obligasi
    Pada umumnya obligasi dilakukan pada bisnis yang menyediakan jasa pinjaman modal. Keuntungan yang didapatkan dari hasil obligasi lebih tinggi dari pada deposito karena bunga yang dipatok juga lebih tinggi.
    Namun, ada baiknya kamu lebih berhati-hati karena cara ini lebih beresiko. Jika peminjam modal bangkrut, maka ada kemungkinan utang tidak dibayarkan.
  • Reksadana
    Selain saham, kamu juga bisa mencoba peruntunganmu lewat reksadana yang kini tengah populer di kalangan masyarakat umum. Reksadana adalah tempat untuk menghimpun uang secara kolektif, kemudian dana yang sudah terkumpul akan dikelola oleh manajer. Jadi, bisa dibilang reksadana adalah tempat berkumpulnya para investor.
    Untuk kamu yang baru ingin memulai investasi, kamu bisa mencoba berinvestasi lewat reksadana karena terbilang lebih sederhana dari pada berinvestasi saham langsung ke perusahaan.
  • Properti
    Kalau kamu mempunyai modal dana yang cukup besar, tidak ada salahnya mencoba berinvestasi di bidang properti. Bentuk investasi properti terbilang paling menguntungkan karena harga jual properti yang jarang turun, bahkan cenderung selalu naik.
  • Emas
    Sama halnya dengan investasi properti, investasi emas dapat dikatakn lebih menguntungkan dari pada bentuk investasi surat berharga (saham atau deposito). Biasanya, emas diinvestasikan dalam bentuk emas batangan.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa dengan gaya hidup saat ini, kaum millenial diprediksi tidak mampu membeli rumah sendiri. Padahal, dengan adanya kemajuan zaman ada banyak sekali potensi yang bisa dimaksimalkan untuk menghasilkan pundi-pundi kekayaan, salah satunya adalah dengan cara berinvestasi.

Investasi menjadi modal penting dalam hidup, apalagi kalau kamu akan pensiun nanti. Meskipun kamu menggunakan prinsip hidup YOLO (You Only Live Once), sebaiknya kamu juga tetap menyiapkan tabungan berupa investasi sebagai dana darurat yang bisa kamu gunakan sewaktu-waktu.

Berinvestasi sejak muda artinya kamu telah merancang masa depan yang lebih cerah dengan finansial yang lebih matang. Kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan dan menikmati hari tuamu menggunakan hasil investasimu di masa muda. Jangan sampai kamu bisa bersenang-senang hari ini, tapi kesulitan finansial di masa tuamu nanti. Yuk, mulai berinvestasi!

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu