Gunakan 6 Macam Strategi Pemasaran Ini Supaya Bisnis Sukses

Gunakan 6 Macam Strategi Pemasaran Ini Supaya Bisnis Sukses

Ketika sebuah perusahaan membuat produk, tentu tujuan utamanya adalah memasarkannya sebanyak mungkin untuk meraih keuntungan. Namun, dalam praktiknya perusahaan tidak bisa sembarangan memasarkan produknya.

Oleh karena itu, konsep dan strategi yang matang adalah kunci supaya pemasaran dapat dilakukan dengan efisien. Bila kedua hal ini telah dijalankan dengan baik, maka hasil yang didapat akan lebih optimal ketimbang melakukan pemasaran tanpa perencanaan yang baik.

Ada berbagai macam strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh sebuah perusahaan. Namun, memahami strategi pemasaran produk adalah sebuah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang penjual atau manajer pemasaran. Karena keuntungan yang didapat sangat dipengaruhi oleh strategi penjualan yang diterapkan.

Pengertian Strategi Pemasaran

macam-macam strategi pemasaran
logique.co.id

Jika menilik lebih dalam, strategi pemasaran adalah suatu tindakan pengambilan keputusan mengenai segala sesuatu yang terkait dengan pemasaran dan penjualan produk. Hal-hal yang terkait dengan pemasaran di antaranya adalah biaya pemasaran, bauran pemasaran, kondisi persaingan, dan timbal balik yang ingin diharapkan.

Strategi pemasaran juga bisa diartikan sebagai cara yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan jumlah pembeli dan memberikan kesadaran atau product knowledge untuk calon pembeli. Cara yang dipilih bisa berupa promosi harga atau memberikan bonus agar pembeli tertarik.

Menurut Stanton, strategi pemasaran merupakan sesuatu yang melingkupi semua sistem yang mempunyai hubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mengiklankan dan menyalurkan barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli aktuam maupun potensial.

Jenis Strategi Pemasaran

macam-macam strategi pemasaran
dylan gilis on unsplash.com

Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk meningkatkan kuantitas penjualan produk Anda. Beberapa contoh strategi pemasaran tersebut adalah sebagai berikut:

Buat Logo Merek

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan sebelum melakukan pemasaran adalah dengan membuat logo sebagai branding perusahaan. Logo adalah hal yang sangat krusial untuk memasarkan merek dagang, baik oleh pelaku usaha bisnis besar maupun kecil.

Karena logo adalah tampilan pertama yang dapat diketahui oleh orang mengenai produk tersebut. Anda tidak perlu menjadi desainer profesional atau menghabiskan banyak uang untuk membuat sebuah desain logo. Saat ini sudah banyak blog atau situs-situs desain di internet yang dapat Anda pelajari dengan mudah.

Logo yang unik akan membuat produk ada diingat oleh masyarakat, dengan begitu perusahaan atau produk Anda akan banyak dikenal.

Earned Media

Metode pemasaran ini adalah cara yang dilakukan dengan membangun relasi dan kepercayaan di kalangan masyarakat secara luas. Cara pemasaran ini bisa juga disebut dengan pemasaran secara tidak langsung yang didapat dari hasil kerja keras membangun relasi.

Cara mudah yang dapat dilakukan dengan strategi ini adalah dengan membangun image yang baik di mata publik. Anda bisa memanfaatkan media sosial, website, atau akun online lainnya dengan meminta berbagai testimoni kepuasan dari pelanggan yang pernah bertransaksi dengan Anda.

Direct Selling

Dua kata ini mungkin sudah cukup familiar di kalangan masyarakat. Direct selling atau menjual langsung adalah cara yang digunakan untuk menawarkan produk langsung kepada pembeli.

Para pemasar akan menawarkan produk dengan mengandalkan kemampuan persuasif dan pengetahuan produk yang dimilikinya. Strategi seperti ini biasanya memang tidak dilakukan di gerai retail. Selain itu, strategi ini juga cocok untuk mereka yang tidak memiliki banyak modal untuk melakukan promosi.

Kekurangan dari metode ini adalah pemasar harus mengerahkan tenaga ekstra bertemu calon pembeli satu per satu. Dan lagi, tidak semua orang menyukai metode ini karena terkesan dipaksa untuk membeli produk yang sebenarnya tidak mereka inginkan.

Jalin Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Perlu Anda ketahui, pelanggan yang loyal adalah aset penting bagi perusahaan. Karena mereka telah membeli produk Anda berulang kali dan menjadi penyumbang pemasukan perusahaan Anda. Ketika seorang pelanggan merasa puas dengan produk dan pelayanan perusahaan, maka tidak menutup kemungkinan ia akan memberikan informasi ini pada orang lain. Hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya memberikan penghargaan bagi pelanggan yang loyal kepada perusahaan. Anda bisa memberikan hadiah atas pembelian yang mereka lakukan, atau menjadikannya pembeli prioritas.

Internet Marketing

Saat ini teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat. Memanfaatkan perkembangan teknologi adalah salah cara yang dapat Anda pilih untuk memasarkan produk. Sebab, pemanfaatan teknologi secara optimal dapat menekan pengeluaran perusahaan.

Salah satu metode internet marketing yang dapat Anda lakukan adalah dengan menerapkan SEO (Search Engine Optimization) atau SMO (Social Media Optimization). Namun, dalam melakukan kedua metode tersebut Anda harus menyiapkan konten yang berkualitas dan tidak asal-asalan.

Karena konten yang Anda tampilkan cukup memberikan gambaran mengenai kredibiltas Anda sebagai penjual di mata calon pembeli. Oleh karena itu, konten berkualitas adalah sebuah keharusan bagi Anda pengguna metode SEO dan SMO.

Memberikan Diskon Atau Promosi Produk

Sebagian besar wanita menyukai hal-hal berbau diskon. Mereka lebih senang mengeluarkan uang untuk barang dengan potongan harga ketimbang barang yang tidak dipotong harganya, walaupun dengan nominal yang sama.

Misalnya, Dina melihat tas seharga 750 ribu rupiah dan disebelahnya terdapat tas dengan model yang berbeda dengan harga awal satu juta rupiah kemudian didiskon menjadi 750 ribu rupiah. Maka, ia lebih memilih membeli tas dengan potongan harga karena ia tidak perlu mengeluarkan uang satu juta rupiah untuk mendapatkan tas tersebut.

Selain memberikan diskon atau potongan harga, cara lain yang bisa digunakan adalah memberikan promo barang. Misalnya, membeli 1 pack detergen akan mendapat 1 buah piring cantik atau hal-hal yang semacam itu.

Perbedaan Strategi Pemasaran dan Marketing Plan

macam-macam strategi pemasaran
bruce mars on unsplash.com

Meski sudah berpengalaman menjalankan bisnis selama bertahun-tahun, namun, tak sedikit orang yang masih kebingungan dengan pengertian strategi pemasaran (marketing strategy) dan marketing plan. Padahal keduanya sangat berbeda.

Marketing strategy adalah penjelasan tentang goal yang perlu Anda capai dengan usaha yang dijalankan. Kita cukup melihatnya pada business goal yang sudah dirancang.

Sementara marketing plan adalah perencanaan bagaimana kita mencapai marketing goal yang sudah diatur tadi. Jadi, marketing plan lebih mengarah pada langkah yang harus ditempuh untuk mencapai goal pada marketing goal tadi.

Marketing Strategy

Melansir dari sebuah artikel yang ditulis oleh situs The Balance, formula dari marketing strategy yang dapat Anda ikuti adalah sebagai berikut:

Marketing strategy -> marketing plan -> implementasi = sukses

Oleh karena itu, sebelum membuat marketing plan, terlebih dulu Anda harus memahami mengenai pengertian strategi pemasaran dan juga komponen penting yang meliputinya. Komponen penting dari strategi pemasaran di antaranya:

  • Sasaran jangka pendek dan tujuannya
  • Sasaran jangka panjang dan tujuannya
  • Menetapkan tujuan sasaran
  • External marketing message

Marketing Plan

Adapun komponen yang terdapat dalam marketing plan di antaranya adalah:

  • Tantangan yang dihadapi
    Hal ini bisa tentang deskripsi produk dan rekap sasaran yang ada pada marketing strategy
  • Analisa situasi sekarang
    Analisa situasi dapat meliputi sasaran, fokus, budaya, kekuatan, kelemahan, dan market share
  • Analisa konsumen
    Beberapa hal yang dapat Anda analisa dari komponen ini adalah menganalisa target konsumen yang ingin diperoleh, jenisnya, alasan kenapa mereka membeli produk Anda, konsumen yang ingin dibidik, dan lain-lain.
    Dengan melakukan analisa pada konsumen sebagai target pemasaran, bisa memperuncing strategi pemasarannya dan lebih mengetahui langkah yang tepat untuk menarik minat konsumen. Anda juga akan lebih mudah terjun ke lapangan ketika sudah mengetahui informasi konsumen dengan baik.
  • Analisa kompetitor
    Selain menganalisa konsumen, ada baiknya Anda juga menganalisa kompetitor Anda. Analisa kompetitor bisa dilakukan dengan melihat posisi bisnis Andan dengan kompetitor, serta mencari tahu kelebihan dan kekurangan Anda dibanding kompetitor.
    Ini akan sangat baik supaya Anda bisa memahami celah kompetitor dan menentukan strategi yang tepat guna memajukan bisnis Anda. Memanfaatkan celah ini dengan menampilkan keunggulan Anda akan memberikan hasil yang baik bagi Anda.

Demikianlah pembahasan mengenai strategi pemasaran yang dapat Anda lakukan. Dalam hal pemasaran, Anda tidak selalu harus mempunyai anggaran yang besar jika Anda sudah menguasai teknik pemasaran yang paling tepat. Beberapa strategi pemasaran bahkan bisa Anda lakukan dengan biaya yang murah meriah, tapi tetap bisa mendapatkan hasil yang optimal.

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu