18 Macam Kertas yang Harus Kamu Tahu Sebelum ke Percetakan!
Photo by Helena Hertz on Unsplash

18 Macam Kertas yang Harus Kamu Tahu Sebelum ke Percetakan!

Meski saat ini semua sudah serba beralih menjadi bentuk digital, namun penggunaan kertas dalam keseharian masih tetap menjadi primadona. Kertas sudah lama menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia, tidak hanya untuk kebutuhan belajar mengajar, tapi juga kebutuhan lainnya seperti dalam pemerintahan, percetakan, dan lain-lain.

Apa itu kertas?

macam-macam kertas
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Kertas adalah bahan tipis yang dihasilkan dari proses pengepresan serat kayu yang berasal dari pulp. Pulp sendiri adalah hasil pemisahan dari bahan baku berserat (kayu maupun non kayu) melalui berbagai proses pembuatannya. Kertas pertama kali dikembangkan oleh bangsa Cina.

Setelah ditemukannya kertas, kebiasaan orang-orang mulai berubah dalam mendokumentasikan tulisannya yang telah terbiasa menulis lewat media kain, batu, tulang, serta daun. Di Indonesia sendiri dahulu biasa mendokumentasikan lewat daun lontar. Kertas tak hanya dijadikan media tulis saja, seperti kertas tisu yang fungsinya untuk membersihkan dan juga kertas bisa dijadikan objek seni seperti origami.

Sejak awal, kertas diciptakan untuk mendokumentasikan karya baik tulisan maupun dalam bentuk gambar. Seiring dengan perkembangan zaman, kertas mengalami perubahan bentuk berdasarkan fungsinya, seperti pada buku bacaan, buku tulis, majalah, brosur, kartu nama, sertifikat, poster, kop surat dan lainnya. Kesemuanya itu memiki ciri khas permukaan kertas yang berbeda-beda berdasarkan fungsinya. Mari kita lihat jenis-jenis kertas berdasarkan kegunaannya.

Jenis-jenis kertas berdasarkan kegunaannya

Ada banyak ragam kertas yang ada di pasaran, meliputi jenis kertas, macamnya, dan kegunaan yang berbeda. Perbedaan itu dapat diketahui dari ciri-ciri kertas tersebut. Berikut ini adalah nama-nama kertas yang banyak dikenal baik oleh orang awam maupun orang yang bergelut di dunia percetakan. Mari kita bahas satu- persatu.

Art paper

jenis dan macam kertas
printerous.com

Yaitu kertas yang permukaannya licin dan mengkilap. Kertas ini Kebanyakan art paper digunakan untuk kover buku, majalah, atau kalender. Kertas jenis ini bertektur halus, putih, licin, serta mengkilap dengan ketebalan sedikit tipis. Kertas ini memang terkesan lebih lux apalagi ditambah laminasi glossy ataupun dov.

Namun, tidak cocok untuk keperluan tulis-menulis karena permukannya yang dilapisi plastik menyebabkan daya serap tinta lebih lambat. Akibatnya, tinta pulpen akan susah kering.

Karena itu, art paper kerap digunakan untuk mencetak kartu undangan, brosur, poster, bagian isi majalah, bagian isi buku yang membutuhkan gambar lebih detail, atau kartu nama. Gramasi yang biasa digunakan kertas art paper adalah 85 gr, 100 gr, 115 gr, 120 gr, dan 150 gr.

Hvs

jenis dan macam kertas
printerous.com

Houtvrij Schrijfpaiper atau yang lebih dikenal dengan kertas hvs adalah kertas tulis yang bebas dari serat kayu. Kertas jenis ini dibuat dari pulp yang tidak mengandung lignin, yaitu perekat antar serat yang ada di dalam pohon sehingga tidak mudah berubah warna (menjadi kekuningan) jika diletakkan di bawah sinar matahari atau sinar lampu.

Hvs memiliki ciri-ciri bersifat kasar atau tidak mulus karena permukaannya tidak dilapisi. Kertas hvs juga memiliki daya serap yang besar. Ukuran kertas hvs ada berbagai macam, mulai dari ukuran A4 hingga A0, ukuran F4, dan ukuran Q4. Sedangkan gramasi atau ukuran berat kertasnya mulai dari 70gr, 80gr, dan 100gr.

Kertas kalkir

jenis dan macam kertas
jurnalponsel.com

Kertas ini memiliki rupa hampir sama dengan kertas hvs, namun kertas kalkir biasanya lebih tipis dan digunakan untuk media sablon. Kertas kalkir juga tida berwarna putih seputih hvs, melainkan berwana lebih gelap dan terlihat transparan seperti terkan tumpahan minyak.

NCR paper

jenis dan macam kertas
printerous.com

Jenis kertas ini mungkin terdengar asing di telinga, namun jika Anda mendengar kata “buku nota”, anda pasti akan langsung mengetahui apa itu kertas NCR.

NCR atau Non Carbon Required adalah kertas yang biasa digunakan untuk pembuatan nota, kwitansi, atau bukti transaksi lainnya. Sebagaian orang menyebut kertas ini adalah kertas karbon, padahal faktanya kertas ini justru dibuat untuk menggantikan kertas karbon.

Secara fungsi kertas NCR dan kertas larbon memang memiliki kesamaan, yaitu untuk menyalin tulisan. Tujuan utama kertas ini adalah untuk menyalin dokumen menjadi beberapa dengan cara memberikan tekanan pada kertas NCR atau karbon. Kertas NCR ada berbagai varian warna dengan tekstur yang lembut dan sangat tipis.

Book paper

Macam-macam kertas book paper
Bukalapak

Kertas ini bertekstur sedikit kasar cenderung halus, kekuningan, ringan dan tipis. Ketebalan kertas mulai 55 gsm,70, dan 90 gsm. Kertas ini kegunaannya khusus untuk Buku yang sifat teks saja,karena untuk gambar kurang menghasilkan warna yang tajam karena warna kertasnya sendiri cenderung kekuningan. Kertas ini diciptakan agar membuat mata anda selalu nyaman berlama-lama dalam membaca buku.

Art carton

jenis dan macam kertas
printerous.com

Kertas ini lebih tebal sehingga saat disentuh menjadi lebih kaku. Apabila hanya sekilas saja melihatnya bisa jadi terlihat kertas art paper padahal ternyata ini adalah kertas yang berbeda. Saat memilih kertas usahakan untuk memegang langsung jenis kertasnya agar tidak salah memilih. Art carton biasa dijumpai pada cover buku, map, kartu nama, brosur, dan lain-lain. Biasanya setelah dicetak kertas ini dilaminasi agar hasilnya lebih memuaskan. Sedangkan gramasi yang biasa digunakan untuk kertas art carton adalah 190 gr, 210 gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, 350 gr dan 400 gr.

Ivory

macam-macam kertas - ivory
the paper mill store

Kertas ivory memiliki ciri-ciri yang mirip seperti art paper. Namun, kertas ivory hanya terdiri dari satu permukaan saja yang halus, dan tanpa ada coating di permukaannya yang lain. Jenis kertas yang satu ini biasa ditemui di mall sebagai tempat barang atau paperbag biasanya untuk tempat pakaian atau kosmetik.

Selain itu, kertas ivory juga merupakan jenis kertas yang cocok untuk digunakan membuat poster, buku agenda, dan kemasan produk makanan seperti paper tray atau box kebab. Gramatur ivory mulai dari 210 gr, 230 gr, 250 gr, 310 gr dan 400 gr.

Kertas buffalo-linen

jenis dan macam kertas
printerous.com

Kertas buffalo dan linen adalah kertas yang hampir mirip. Keduanya sama-sama memiliki ciri bertekstur dengan berbagai pilihan warna dan ukuran kertas yang cukup tebal. Karena tekstur dan gramasinya yang cukup tebal, yaitu ada pada kisaran 220gr dan 250gr, sehingga sangat cocok untuk dijadikan cover buku, agenda, atau nota.

Fancy paper

jenis dan macam kertas
printerous.com

Fancy paper atau kertas fancy adalah jenis kerta dengan berbagai macam warna dan karakteristik. Terdapat 3 jenis fancy paper yang banyak digunakan menurut corak dan ciri fisiknya: fancy paper tekstur, fancy paper polos, dan fancy paper vanguard.

Penggunaan kertas ini biasanya digunakan sebagai paper cutting, kartu ucapan, scrap book, kerajinan tangan, prakarya sekolah, arsitektur, dan maket interior.

Kertas concorde

macam-macam kertas - concorde
cara menggambar

Kertas ini adalah jenis kertas warna yang biasa digunakan dan berfungsi untuk membuat sertifikat maupun piagam. Kertas concorde juga cocok digunakan sebagai kartu nama dan booklet karena memiliki tekstur yang lembut saat dipegang. Pada umumnya kertas ini mempunyai macam gramasi 160gr, 220gr, dan 250gr. Kertas ini juga tersedia dalam berbagai warna yang biasanya dijual satu pack berisi 20 lembar.

Samson paper

jenis dan macam kertas
printerous.com

Kertas samson adalah kertas yang diolah melalui hasil daur ulang yang biasanya sering digunakan untuk bahan membuat paper bag atau amplop surat berwarna coklat. Kertas ini banyak dijual gulungan di toko-toko alat tulis atau tempat fotocopy, sehingga jenis kertas ini cukup mudah didapatkan. Kertas samson memiliki gramasi 70gr, 80gr, 150gr, dan 220gr. Kebanyakan kertas samson ini berwarna coklat.

Corugated paper (kertas gelombang)

jenis dan macam kertas
printerous.com

Yaitu jenis kertas bergelombang yang biasanya digunakan untuk dos packer, seperti kardus mie instan, kardus komputer, dan kartu undangan ekslusif untuk berbagai macam acara. Bahan kertas ini memiliki bentuk yang sangat mirip dengan kardus, tapi dengan ketebalan yang lebih tipis. Pada umumnya kertas corugated hanya tersedia warna coklat muda saja.

Setelah dicetak, biasanya kertas ini akan ditempel dengan menggunakan dupl, seperti kraft atau hvs. Kertas ini memiliki 2 kategori ketebalan, yaitu B flute untuk gelombang besar dan E flute untuk gelombang kecil.

Jasmin paper

jenis dan macam kertas
printerous.com

Kertas jenis ini banyak digunakan oleh para pengusaha percetakan kartu undangan pernikahan karena kertas ini memiliki butiran gliter di permukaannya. Sehingga, menjadikan kartu dengan bahan kertas jasmin terlihat mewah dan sparkling.
Kertas jasmin juga cocok dijadikan anvelope perkantoran. Karena kertas ini mampu menimbulkan 2 kesan yang sangat berbeda jauh, yaitu eksklusif atau murahan. Kesan ekslusif dan murahan ini akan terlihat ketika sudah kita lihat secara menyeluruh.

Kertas duplex

jenis dan macam kertas
printerous.com

Kertas duplex adalah jenis kertas yang paling mudah dikenali dan paling sering digunakan. Terutama untuk pembuatan kardus makanan, seperti kotak kue, kemasan nasi kotak. Kertas ini juga banyak digunakan sebagai kemasan obat-obatan.

Kertas ini memiliki 2 varian warna, yaitu warna putih di satu sisi dan warna abu-abu di sisi lain, serta warna putih pada kedua sisinya. Kertas duplex memiliki beberapa gramasi, yaitu 230gr, 250gr, 270gr, 300gr, 350gr, dan 400gr.

Kertas BW/BC/manila

jenis dan macam kertas
printerous.com

Kertas BW adalah kependekan dari blues white yang juga dapat disebut dengan kertas BC atau kertas manila. Kertas BW/BC/manila adalah jenis kertas yang bertekstur. Biasanya kertas ini banyak digunakan untuk membuat kartu nama, kartu stok barang, atau stopmap dengan berbagai macam warna.

Selain menggunakan kertas art carton, kertas jenis ini juga dapat dipakai untuk membuat kalender. Jenias kertas ini tersedia dalam beberapa warna dengan tekstur yang halus pada permukaannya. Gramasi kertas BW yang banyak digunakan adalah 160gr, 220gr, dan 250gr.

Board paper

jenis dan macam kertas
printerous.com

Kertas ini adalah kertas yang cukup tebal dan kaku. Biasanya hanya ada warna coklat dan kuning dengan ketebalan yang bervariasi mulai dari 0,4 mm sampai yang paling tebal adalah 4,3 mm. Kertas paper adalah jenis kertas yang biasa digunakan sebagai bahan cover buku atau untuk digunakan sebagai papan pengumuman.

Stiker vinyl

Jenis kertas ini merupakan hasil sintesis yang punya ciri licin, mengkilap, halus, lentur, dan punya lapisan lem pada bagian belakang. Kertas ini biasa digunakan untuk membuat stiker karena sifatnya yang tidak mudah sobek dan terkikis hujan.

Yellow board

Kertas yellow board adalah jenis kertas yang cukup tebal. Biasanya digunakan untuk membuat undangan hard cover. Kertas ini tidak dapat dicetak offset dan biasanya dilapisi dengan art paper atau kertas duplex. Yellow board memiliki 2 macam ketebalan, yakni YB 30 dan YB 40.

Itulah dia jenis-jenis kertas beserta gambar dan kegunaannya. Selain berdasarkan jenisnya, kita juga dapat membedakan kertas berdasarkan ukurannya. Misalnya kertas A4, F4,kertas foto, dan lain sebagainya.

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu