Kumpulan Lagu Daerah Jawa Tengah Beserta Liriknya
Photo by Michael Maasen on Unsplash

Kumpulan Lagu Daerah Jawa Tengah Beserta Liriknya

Indonesia merupakan negara dengan seribu satu kekayaan budaya di dalamnya. Setiap daerah memiliki budaya yang menjadi ciri khas masing-masing daerah tersebut, termasuk di dalamnya lagu daerah. Salah satu daerah yang memiliki aneka ragam lagu daerah adalah Provinsi Jawa Tengah.

Ada banyak sekali judul lagu daerah Jawa Tengah. Beberapa di antaranya sudah tidak asing di telinga kita, seperti lir-ilir dan Gundul Pacul. Bagi kalian yang menghabiskan masa kecilnya di daerah Jawa Tengah, pasti sudah tidak asing lagi dengan dua lagu tersebut saking populernya.

Lagu-lagu tersebut ada tidak hanya untuk sekedar pendengarnya saja, melainkan juga sebagai pemberi pesan untuk senantiasa berbuat kebaikan. Seperti lagu Lir-Ilir dan Gundul Pacul yang merupakan wasilah bagi masyarakat Jawa Tengah. Keduanya digunakan oleh Sunan Kalijaga sebagai metode dakwahnya kepada masyarakat Jawa Tengah yang saat itu masih asing dengan agama Islam.

Selain dua lagu tersebut masih ada lagu-lagu lain yang ada di daerah Jawa Tengah. Berikut ini adalah beberapa lagu dari daerah Jawa tengah:

Padhang Wulan

Padhang Wulan adalah salah satu lagu permainan yang banyak didendangkan anak-anak di daerah Jawa Tengah saat sedang bermain sambil menunggu maghrib datang. Lagu ini memiliki makna berupa ajakan bagi anak-anak untuk tidak tidur sore dan bersyukur kepada Allah Yang Maha Kuasa yang telah memberikan alam yang begitu indah.

Lirik Lagu Padhang Wulan

Yo prakanca dolanan ing njaba
Padhang mbulan padhang kaya rina
Rembulan kang ngawe-awe
Nglikak aja turu sore-sore

Pesan yang Dapat Dipetik dari Lagu Padhang Wulan

Lagu ini berpesan agar tidak tidur di sore hari karena pada saat itu adalah waktu yang dilarang oleh Allah untuk tidur. Masyarakat Jawa pada saat itu juga percaya bahwa saat sore hari makhluk halus mulai berkeliaran dan akan mengusik manusia. Oleh karena itu diminta untuk waspada dan tidak tertidur di sore hari.

Jamuran

Lagu jamuran adalah lagu yang biasa digunakan oleh anak-anak ketika bermain permainan jamuran. Lagu ini diciptakan oleh Ki Hadi Sukatno dan menjadi lagu sekaligus permainan yang populer di kalangan anak-anak pada saat itu. Namun, sayangnya kini permainan dan lagu ini tak lagi banyak dimainkan karena tergantikan dengan permainan modern lainnya.

Lirik Lagu Jamuran

Jamuran ya gege thok
Jamur apa ya gege thok
Jamur gajih mberjijih sak
Ara ara sira bage jamur apa?
Jamur apa?
Jamur gagak
Gaok gaok gaok gaok gaok
Jamuran ya gege thok
Jamur apa ya gege thok
Jamur gajih mberjijih sak
Ara ara sira bage jamur apa?
Jamu kethek menek
Uwite ra ana kethek
Kethek menek kethek menek
Kethek menek kethek menek
Kethek menek kethek menek
Kethek menek kethek menek

Jenang Gulo

Lagu dengan langgam Jawa ini adalah karya dari Andjar Any. Lagu ini menceritakan tentang arti kesetiaan dalam hidup berumah tangga. Dalam keadaan susah dan senang sang istri selalu menemani suaminya. Akan tetapi, saat sudah sukses ia dilupakan dan selalu marah kepada istrinya.

Lirik lagu Jenang Gulo

Jenang gulo, kowe ojo lali marang aku iki yo kang mas
Nalikane nandang susah sopho sing ngancani,
Dhek semono aku tetep setyo serta tetep tresno yo, kang mas
Durung nate gawe ghelo lan gawe kuciwo
Ning saiki bareng mukti kowe kok njur malah lali marang aku
Sithik-sithik mesti nesu terus ngajak padu
Jo ngono … jo ngono …
Opo kowe pancen ra kelingan jamane dek biyen yo kang mas
Kowe janji bungah susah padha dilakoni

Pesan yang Dapat Dipetik dari Lagu Jenang Gulo

Sebagai sepasang suami-istri, sudah seharus menjalankan biduk rumah tangga dengan rasa setia dan saling percaya. Pada dasarnya dalam kehidupan pasti akan mengalami pasang-surut. Begitu pula dalam pernikahan yang sudah tentu akan menghadapi keadaan susah dan senang. Seorang istri yang baik adalah yang mau menemani suaminya dalam keadaan susah dan senang. Dan seorang suami yang baik adalah yang tidak melupakan jasa istrinya saat sudah meraih kesuksesan.

Jangkrik Genggong

Lagu Jangkrik Genggong adalah lagu daerah Jawa Tengah yang dibawakan oleh Waldjinah. Lagu ini adalah bentuk ungkapan kekecewaan seseorang yang menyukai orang lain, namun kenyataan yang ia dapat tidak sesuai dengan apa yang ia harapkan. Padahal, ia sudah melakukan banyak pengorbanan, seperti waktu, biaya, tenaga, maupun perasaan. Di lagu Jangkrik Genggong ini juga menceritakan tentang pengkhianatan dari orang yang dicintainya.

Lirik Lagu Jangkrik Genggong

Kendal kaline wungu
Ajar kenal karo aku
Lelene mati digepuk
Gepuk nganggo walesane
Suwe ora petuk
Ati sido remuk
Kepetuk mung suwarane
E..ya..e..ya..e..
E..ya..e..yae yae yae
Jangkrik genggong
Jangkrik genggong
Luwih becik omong kosong
Semarang kaline banjir
Jo semelang rak dipikir
Jangkrik upo sobo ning tonggo
Melumpat ning tengah jogan
Wis watake piro
Jare ngaku setyo
Tekan ndalan selewengan
E..ya..e..ya..e
E..ya..e..yae yae yae
Jangkrik genggong
Jangkrik genggong
Wani nglirik sepi uwong
Yen ngetan bali ngulon
Tiwas edan ora kelakon
Yen ngrujak rujako nanas
Ojo ditambahi kweni
Kene tiwas nggagas
Awak adem panas
Jebul ono sing nduweni
E..ya..e..ya..e..
E..ya..e..yae yae yae
Jangkrik genggong
Jangkrik genggong
Sampun cekap mongso borong

Pesan yang Dapat Dipetik dari Lagu Jangkrik Genggong

Ketika menyukai seseorang sebaiknya tidak berlebihan, sehingga saat mendapat hasil yang tidak sesuai harapan tidak akan merasakan kecewa yang begitu dalam. Begitupun sebaliknya, ketika mendapat kepercayaan juga tidak boleh mengkhianati kepercayaan yang telah diberikan.

Gundul Pacul

Lagu ini diciptakan oleh R.C Hardjosubroto, tetapi masyarakat lebih mengenal lagu ini sebagai karya dari Sunan Kalijaga. Lagu ini memiliki irama 4/4 dengan tipe moderato. Secara tersirat lagu ini menceritakan tentang seorang pemimpin yang sombong dan semena-mena. Pada akhirnya amanah yang ia emban terjatuh, sehingga membuat rakyat menjadi tidak sejahtera karena tidak terurus.

Lirik lagu Gundul Pacul:

Gundul-gundul pacul cul gembelengan
Nyunggi nyunggi wakul kul gembelengan
Wakul ngglimpang segane dadi sak ratan
Wakul ngglimpang segane dadi sak ratan

Pesan yang Dapat Dipetik dari Lagu Gundul Pacul

Jabatan atau kekuasaan adalah amanah yang seharusnya dijaga dan dijalankan dengan sebenar-benarnya. Pemimpin yang semena-mena (dzalim) dalam menggunakan kekuasannya maka akan merugikan semua orang, terutama masyarakat yang dipimpinnya.

Gambang Suling

Lagu Gambang Suling diciptakan oleh seorang dalam kondang bernama Ki Narto Sabdo. Lagu ini dulunya cukup populer digunakan oleh anak-anak sebelum mulai bermain.

Lirik Lagu Gambang Suling

Gambang suling ngumandang swarane
Tulat-tulit kepenak unine
U … nine mung nrenyuh akhe
Bhareng lan kentrung ketipung suling
Shigrak kendhangane

Lir-Ilir

Jika pada lagu Gundul Pacul Sunan Kalijaga adalah orang yang mempopulerkan lagu tersebut, maka lagu Lir-Ilir adalah lagu yang ia ciptakan sendiri. Lagu ini ia ciptakan untuk memberikan motivasi dan semangat kepada masyarakat Jawa Tengah agar bangkit dari rasa malas.

Lirik Lagu Lir-Ilir

Lir-ilir, lir-ilir
Tandure wis sumilir
Tak ijo royo-royo, tak senggo temanten anyar
Cah angon … cah angon, penekno blimbing kuwi
Lunyu-lunyu yo penekno kanggo mbasuh dodotiro
Dodotiro-dodotiro kumitir bedhah ing pinggir
Dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore
Mumpung padhang rembulane mumpung jembar kalangane
Yo surako … surak hiyo …

Pesan yang Dapat Dipetik dari Lagu Lir-Ilir

Sebagai seorang manusia hendaknya kita harus senantiasa semangat dalam menyambut sesuatu meski butuh perjuangan dalam menggapainya. Menyambut dalam hal ini adalah menyambut ajaran agama Islam yang dibawa oleh Sunan Kalijaga. Lagu ini juga memberi pesan agar seseorang bangkit dari rasa malas yang mendera, selagi masih ada waktu untuk mengerjakan sesuatu yang produktif.

Gek Kepriye

Lagu ciptaan Eka Kusuma ini merupakan lagu daerah yang cukup populer di daerah Jawa Tengah. Lagu ini menceritakan tentang seorang kurang mampu yang selalu diejek oleh teman-temannya karena kemiskinannya. Namun, anak tersebut yakin bahwa suatu saat ia mampu mengubah nasibnya dan menjadi seorang pemimpin bangsa.

Lirik Lagu Gek Kepriye

Duh kaya ngene rasane
Anake wong ora duwe
Ngalor ngidul tansah diece
Karo kanca-kancane
Pye pye pye pye ya ben rasakna
Pye pye pye pye rasakna dewe
Pye pye pye pye ya ben rasakna
Pye pye pye pye rasakna dewe
Besuk kapan aku bisa
Urip kang luwih mulya
Melu nyunjung drajating bangsa
Indonesia kang mulya
Pye pye pye pye mbuh ra weruh
Pye pye pye pye mbuh ra ngerti
Pye pye pye pye mbuh ra weruh
Pye pye pye pye mbuh ra ngerti

Pesan yang Dapat Dipetik dari Lagu Gek Kepriye

Tidak perlu merasa rendah diri hanya karena status sosial saja. Dengan tekad dan kemampuan yang kuat kesuksesan dapat diraih oleh siapapun tanpa memandang status sosial.

itulah beberapa contoh dari lagu daerah Jawa Tengah beserta lirik dan maknanya. Sebenarnya masih banyak lagu-lagu lainnya yang berasalah dari Jawa Tengah. Namun, saat ini lagu-lagu daerah tersebut sudah semakin jarang diperdengarkan lagi karena tergantikan oleh lagu-lagu barat atau lagu modern lainnya. oleh karena itu, sebagai generasi penerus bangsa kekeyaan budaya semacam ini patut untuk dilestarikan dan dipertahankan.

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu