Pelajari 6 Konsep Dasar Pemasaran Ini untuk Raih Keuntungan Optimal, Pasti Sukses!
carlos muza on unsplash.com

Pelajari 6 Konsep Dasar Pemasaran Ini untuk Raih Keuntungan Optimal, Pasti Sukses!

Dalam menjalankan sebuah usaha, setiap perusahaan mempunyai bentuk konsep manajemen pemasaran yang berbeda-beda. Hal ini termasuk ke dalam strategi pemasaran yang ditempuh demi meraih keuntungan perusahaan.

Karena konsep pemasaran dan faktor penting yang mendasarinya dapat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan. Oleh karena itu konsep mengenai pemasaran perlu menjadi pertimbangan penting ketika akan menjual atau memasarkan sebuah produk atau jasa pada konsumen.

Pada artikel ini membahas mengenai konsep pemasaran yang dapat Anda pelajari untuk menunjang keberhasilan perusahaan. Dengan konsep pemasaran yang tepat, maka Anda akan mendapat kepuasan dari konsumen yang tentunya akan berdampak pada kesuksesan usaha Anda.

Pengertian Pemasaran

konsep pemasaran
maxmanroe.com

Sebelum membahas lebih jauh, kita perlu mengetahui apa itu pengertian dari pemasaran. Secara sederhana, definis pemasaran lebih diidentikkan dengan proses pengenalan prosuk atau jasa kepada konsumen yang dirasa akan memberikan benefit (potensial).

Pemasaran bisa juga diartikan sebagai kegiatan yang terencana dan terpadu yang dilakukan oleh sebuah institusi atau organisasi sebagai usaha untuk mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernial jual. Pemasaran dapat dilakukan dalam bentuk menentukan harga jual, menyampaikan, mengkomunikasikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum.

Tujuan utama dilakukannnya pemasaran oleh sebuah perusahaan adalah untuk memaksimalkan keuntungan dengan membuat strategi penjualan. Karena pemasaran memiliki kedudukan yang penting, maka seorang marketing executive harus mempu melihat banyak aspek dalam melakukan pemasaran, seperti memprediksi lifespan sebuah produk.

Fungsi Pemasaran

konsep pemasaran
hal gatewood on unsplash.com

Selain memahami pengertian dari pemasaran, kita juga perlu untuk mengetahui fungsi pemasaran sebelum benar-benar terjun melakukan pemasaran. Adapun beberapa fungsi dari pemasaran adalah sebagai berikut.

Fungsi Pertukaran

Ketika kita melakukan sebuah pemasaran terhadap produk atau jasa yang kita miliki, maka konsumen dapat mengetahui dan membeli produk atau jasa tersebut. Konsumen dapat membelinya dengan menukar menggunakan uang atau pun menukar produk dengan produk. Nantinya, produk tersebut dapat ia gunakan sendiri atau ia jual kembali untuk mencari laba dari barang yang dibelinya.

Fungsi distribusi fisik

Distribusi fisik adalah salah satu bentuk proses pemasaran yang dapat dilakukan terhadap suatu produk. Proses ini dilakukan dengan cara menyimpan atau mengangkut produk tersebut untuk disebarkan (didistribusikan) kepada agen-agen atau langsung ke konsumen.

Proses pengangkutan dapat dilakukan melalui jalur darat, air, maupun udara. Sedangkan untuk penyimpanan produk dapat dilakukan dengan cara menjaga cadangan produk agar tersedia ketika dibutuhkan.

Fungsi Perantara

Fungsi perantara terjadi ketika penyaluran produk dari produsen kepada konsumen dilakukan oleh perantara marketing atau pemasaran yang menghubungkan kegiatan pertukaran dengan distribusi fisik.

Konsep Pemasaran

konsep pemasaran
william iven on unsplash.com

Dalam melakukan kegiatan pemasaran kita harus paham betul dengan konsep pemasaran. Bisa dikatakan kepuasan konsumen adalah salah satu faktor penting dari kesuksesan perusahaan.

Perusahaan mempunyai peranan penting dalam menjalankan seluruh kegiatan pemasaran yang terkait dengan kebutuhan konsumen sehingga mampu memberikan kepuasan dan mendapat laba dalam jangka panjang. Artinya, tujuan konsep pemasaran adalah memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen.

Ada empat faktor penting yang digunakan sebagai dasar dalam konsep pemasaran, yaitu:

  • Orientasi konsumen
    Yang dimaksud dengan orientasi konsumen adalah bagaimana cara perusahaan memandang kebutuhan dari konsumen yang menjadi target pemasarannya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah dengan di awali menentukan produk atau program pemasarannya, kemudian memilih kelompok pembeli tertentu sebagai sasaran penjualan.
    Setelah mendapat kelompok sasaran, Anda dapat memulai mengadakan penelitian pada konsumen untuk mengukur, menilai dan menafsirkan keinginan serta tingkah laku mereka. Kemudian melaksanakan strategi yang paling baik supaya target dapat tercapai dengan optimal.
  • Koordinasi dan integrasi dalam perusahaan
    Semua elemen pemasaran yang ada harus diintegrasikan supaya konsumen dapat terpuaskan dengan optimal. Pertentangan antara perusahaan dengan pasar akan menimbulkan efek yang tidak baik. Oleh karena itu, setiap orang dan bagian alam perusahaan harus turut serta dalam upaya pemasaran yang terkoordinir untuk menghindari adanya pertentangan tersebut serta mendapatkan kepuasan konsumen.
  • Mendapatkan laba melalui pemuasan konsumen
    Tujuan utama dari sebuah perusahaan adalah mendapatkan profit atau keuntungan. Jika perusahaan mampu mendapat kepuasan dari konsumen, maka hal itu akan berpengaruh pada laba yang diperolehnya. Dengan laba tersebut perusahaan dapay tumbuh dan berkembang menjadi lebih besar lagi.
  • Strategi pemasaran
    Strategi merupakan hal yang sangat krusial dalam menjalankan pemasaran. Dengan strategi yang matang tujuan dan target perusahaan dapat tercapai secara optimal.

Dalam implementasinya, terdapat enam konsep dasar pelaksanaan pemasaran yang dapat diterapkan sebuah perusahaan atau organisasi. Berikut ini adalah konsep dasar dari pemasaran tersebut.

(1) Konsep Produksi
Konsep produksi melihat bahwa konsumen akan senang dengan produk yang tersedia di mana-mana dengan harga murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan usaha untuk mencapai efisiensi produk tinggi dan didistribusikan dengan luas. Sehingga mudah untuk dijangkau oleh konsumen.
(2) Konsep Produk
Konsep ini berpendapat bahwa konsumen menyukai produk yang mampu menawarkan mutu, performa, dan juga spesifikasi yang terbaik. Meski perusahaan menyajikan produke dengan konsep merakyat, namun kualitas yang dihasilkan tetap terjaga. Ditambah lagi dengan harga jual yang tidak terlalu mahal.
(3) Konsep Penjualan
Dalam konsep penjualan, organisasi atau perusahaan harus berupaya melaksanakan penjualan dan promosi yang agresif untuk menarik minat konsumen. Karena tujuan perusahaan dalam membuat produk itu memang untuk dijual dan mendapat laba dari hasil penjualannya.
(4) Konsep Pemasaran
Orientasi dari konsep ini adalah berpusat pada kebutuhan konsumen. Kunci mencapai tujuan perusahaan atau organisasi adalah dengan menentukan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang lebih efektif kepada konsumen dibandingkan para pesaing.
(5) Konsep Pemasaran Sosial
Dalam konsep ini, organisasi atau perusahaan memiliki tugas menentukan kebutuhan, keinginan, dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang lebih efektif dibandingkan pesaing dengan tetap mengutamakan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.
(6) Konsep pemasaran global
Konsep pemasaran global ini adalah konsep pilihan, yang artinya bisa dipakai atau tidak. Konsep ini dianjurkan agar para perusahaan mengetahui semua hal tentang faktor-faktor yang terjadi di masyarakat. Faktor-faktor ini akan mempengaruhi keinginan dan kebutuhan konsumen.

Dari penjelasan mengenai keenam konsep manajemen pemasaran di atas, Anda dapat mempelajarinya untuk digunakan pada usaha yang Anda miliki. Setiap konsep tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu Anda harus menyesuaikannya dengan keadaan perusahaan dan pasar yang Anda miliki untuk mencari keuntungan optimal yang diinginkan.

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu