Memanfaatkan Waktu Luang dengan Membuat Kerajinan dari Sabun
bukabukumu.com

Memanfaatkan Waktu Luang dengan Membuat Kerajinan dari Sabun

Kamu termasuk orang yang suka mencoba hal-hal baru? Berkreasi membuat kerajinan dari sabun adalah salah satu aktivitas yang bisa kamu pilih untuk memanfaatkan waktu kosong.

Saat ini mulai banyak anak muda yang gemar membuat kerajinan dari sabun. Mereka juga berinovasi menjadi berbagai bentuk kerajinan yang terbuat dari bahan lunak ini.

Salah satu contoh kerajinan dari sabun ini adalah ukiran bentuk hewan, bunga, buah, atau kendaraan. Hasil kreasi ini bisa kamu jadikan sebagai cendera mata atau souvenir untuk kerabatmu.

Memberikan kreasi kerajinan dari sabun tentu akan menjadi pilihan hadiah yang menarik untuk diberikan karena bentuknya yang unik. Selain menjadi pajangan, cendera mata ini juga bisa digunakan untuk mandi atau sekedar mencuci tangan. Sangat bermanfaat kan?

Nah, dari pada kamu penasaran, artikel ini akan mengupas tentang cara membuat serta hasil dari kerajinan tangan yang terbuat dari bahan dasar sabun.

Cara membuat sabun organik hand made

Membuat kerajinan dari sabun sebenarnya bisa menggunakan sabun yang dijual di pasaran. Tapi kalau kamu ingin membuat sabun yang benar-benar berbeda dari yang lain dan sesuai dengan seleramu, kamu juga bisa mencoba membuat sabunnya sendiri.

Kamu tidak perlu mengerti bahan-bahan kimia untuk bisa membuat sabun kreasimu sendiri. Kali ini kami akan memberikan contoh membuat sabun organik kopi tanpa bahan kimia yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Ikuti langkah mudah cara membuat sabun organik berikut ini.

Alat dan bahan

  • Hand blender
  • Cetakan sabun
  • Timbangan digital
  • Gelas takar
  • Spatula
  • Sarung tangan
  • Masker
  • Wadah
  • 320 gram Minyak zaitun
  • 240 gram Minyak kelapa sawit
  • 240 gram Minyak kelapa
  • 250 gram Air mineral
  • Dua sendok makan bubuk kopi
  • 115 gram Soda api

Cara membuat sabun organik

  1. Langkah pertama adalah mencampurkan soda api dan air mineral, kemudian diamkan sampai berubah sesuai dengan suhu ruang
  2. Sambil menunggu campuran pertama, campurkan bahan lainnya di wadah yang berbeda (minyak zaitun, minyak kelapa sawit, minyak kelapa, dan bubuk kopi) dengan menggunakan hand blender
  3. Masukkan campuran soda api dan air tadi, lalu aduk lagi menggunakan hand blender sambil dibantu menggunakan spatula sampai tidak ada lagi gumpalan dalam adonan
  4. Tuang ke dalam cetakan sabun dan tunggu sampai 1×24 jam
  5. Sabun organik buatanmu sudah jadi. Untuk bisa digunakan sebaiknya kamu diamkan selama 3-4 minggu di suhu ruangan untuk memastikan bahan yang tadi benar-benar memadat

Cara membuat kerajinan bentuk mawar dari sabun giv

kerajinan dari sabun dan cara membuatnya
egrafis.com

Membuat kerajinan dari sabun bisa menggunakan bahan dasar sabun apapun yang kamu temukan di sekitarmu. Salah satunya yang sangat mudah ditemui adalah sabun giv. Selain harganya yang terjangkau, sabun ini banyak dijual di toko-toko. Ada berbagai macam aroma yang cocok untuk kamu jadikan sebagai kreasi sabun bentuk mawar. Ini dia langkah-langkahnya

Alat dan bahan

  • Sumpit
  • Sabun giv yang masih utuh atau baru
  • Parutan
  • Tepung maizena/tapioka
  • Pewarna hijau dan satu lagi sesuai selera

Cara membuat kerajinan dari sabun give

  1. Pertama, parut sabun giv yang sudah kamu siapkan setipis mungkin
  2. Kemudian masukkan parutan sabun ke dalam mangkok, tambahkan tepung maizena/tapioka dan juga air secukupnya. Lalu, aduk sampai merata
  3. Selanjutnya pisahkan adonan menjadi dua bagian. Berikan pewarna hijau pada adonan pertama, dan adonan dengan warna lain pada adona kedua
  4. Untuk membuat tangkainya, balut sumpit menggunakan adonan hijau dan tunggu sampai mengering
  5. Lalu, buat kelopak bunga dan tempelkan satu persatu pada tangkai tadi sampai membentuk bunga mawar
  6. Tunggu sampai kering. Bunga yang sudah kering bisa langsung disimpan di dalam vas bunga untuk mempercantik rumahmu

Teknik membuat kerajinan dari sabun

kerajinan dari sabun dan cara membuatnya
bp-guide.id

Secara umum ada dua teknik yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan dari sabun batangan, yaitu teknik ukir (pahat) dan teknik leleh (melt).

  • Teknik ukir (pahat)
    Membuat kerajinan dari sabun dengan menggunakan teknik ukir tidak memerlukan banyak alat dan bahan. Teknik ini mengharuskan pembuatnya memiliki kemampuan dan ketekunan selama proses pengukiran.
  • Teknik leleh (melt)
    Berbeda dengan teknik ukir, teknik leleh tidak begitu membutuhkan kemampuan mengukir. Karna sabun batang hanya perlu dilelehkan dan dicampur dengan bahan lainnya untuk selanjutnya dimasukkan ke dalam cetakan. Teknik leleh memang relatif lebih mudah ketimbang teknik ukir.

Cara membuat kerajinan dari sabun batangan teknik ukir

kerajinan dari sabun dan cara membuatnya
masnid.com

Membuat kerajinan berbahan dasar sabun tidak membutuhkan skill khusus. Kamu hanya perlu melatih kesabaran untuk mendapatkan hasil yang bagus. Alat dan bahan yang dibutuhkan pun sangat mudah ditemukan di rumah. Yuk, simak cara membuat kerajinan dari sabun berikut ini!

Alat dan bahan

  • Sabun batangan baru (pilih warna sesuai selera)
  • Alat pengukir (bisa menggunakan cutter, pisau kecil, kawat, atau alat lainnya)
  • Pensil
  • Cat warna (opsional)
  • Kertas
  • Air
  • Amplas

Cara membuat kerajinan dari sabun

  1. Setelah tahu pola yang ingin kalian bentuk, gambar pola dasar pada sabun dengan menggunakan pensil
  2. Lalu, mulai ukir sesuai dengan pola yang sudah kalian gambar tadi
  3. Untuk menghaluskan dan merapikan hasil ukiran, kalian bisa menggunakan air atau ampelas
  4. Jika kalian ingin memberikan tambahan warna lain, kalian bisa mewarnainya menggunakan cat air yang sudah dipersiapkan
  5. Setelah itu, keringkan sabun sampai benar-benar kering. Kerajinan dari sabun yang cantik sudah siap digunakan

Aneka kerajinan dari sabun dengan teknik ukir

Kebanyakan orang membuat kerajinan tangan dari sabun menggunakan metode ukir. Karena itu kita bisa melihat banyak contoh kreasi dari sabun yang dibuat menggunakan cara ini. Untuk menambah referensimu tentang bentuk ukiran sabun, lihat contoh-contohnya berikut ini!

Kreasi bunga ukir

kerajinan dari sabun dan cara membuatnya
kerajinanindonesia.id

Karya yang paling banyak dibuat dari bahan sabun adalah bentuk bunga. Meski terbilang cukup rumit, tapi hasil yang didapat juga setimpal. Membuat kreasi bunga dari sabun memang sangat cocok, selain karena betuknya yang indah karyamu juga akan beraroma harum.

Kreasi binatang ukir

kerajinan dari sabun dan cara membuatnya
youtube.com

Kerajinan bentuk hewan ini bisa menjadi salah satu solusi membuat si kecil jadi ingin mandi. Suasana mandi dengan si kecil jadi lebih mengasyikkan.

Cara membuatnya juga cukup mudah, karena alat dan bahannya bisa kalian temukan di rumah. Kalian cukup menyediakan sabun batangan dengan warna favorit kalian, alat ukir, pensil, dan air.

Pertama-tama, kikir bagian permukaan sabun kalau ada merk sabun di atasnya sampai menjadi rata. Setelah itu, buat pola binatang yang akan kalian bentuk di atas permukaan sabun batangan dengan menggunakan pensil.

Kemudian ukir sabun di atas pola yang telah kalian buat. Selanjutnya ukir kembali dengan lebih detail mengikuti pola dasarnya. Setelah bentuk hewan selesai terbentuk, haluskan hasil ukiran.

Kreasi daun ukir

kerajinan dari sabun dan cara membuatnya
ngertiaja.com

Melihat dedaunan dapat menimbulkan kesan menenangkan. Kalian bisa merasakannya ketika mandi dengan membuat kreasi sabun ukir bentuk daun.

Pilih saja warna dan aroma sabun yang kalian sukai untuk membuat kerajinan daun ukir ini. Tak hanya untuk mandi, kalian juga bisa menggunakannya untuk mempercantik ruangan di rumah.

Nah, itulah tadi tutorial cara membuat kreasi dari sabun yang bisa kamu coba di rumah. Kamu bisa mengisi waktu luangmu dengan berkreasi menggunakan bahan yang mudah ditemukan, seperti sabun ini. Untuk menghasilkan kreasi sabun yang bagus, kamu hanya butuh ketelitian dan keuletan dalam membuatnya. Selamat mencoba!

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu