Mulai dari Doa Sebelum Makan Sampai Makan dengan Tiga Jari, Adab Makan yang Harus Millenial Biasakan
Photo by Tristan Gassert on Unsplash

Mulai dari Doa Sebelum Makan Sampai Makan dengan Tiga Jari, Adab Makan yang Harus Millenial Biasakan

Doa sebelum dan sesudah makan adalah dua di antara doa yang biasa diajarkan guru dan orang tua ketika masih kecil. Makanya, doa ini merupakan doa yang sangat familiar di telinga orang-orang. Karena selalu didengungkan setiap kali makan.

Sayangnya, banyak di antara kita yang semakin dewasa justru semakin melupakan ajaran ini dan menganggapnya sebatas pengalaman belajar masa kecil saja.

Padahal, dalam Islam setiap hal yang kita lakukan mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi telah diatur sedemikian rupa. Termasuk juga aturan mengenai makan dan minum.

Terdengar sepele mungkin, tapi sebagai seorang millenial muslim tentu kita harus menjalankan hidup sesuai dengan tuntunan yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu, dalam setiap tindakan kita sebaiknya kita selalu menyertakan nama Allah yang telah memberikan banyak sekali nikmat.

Mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan adalah salah satu bentuk syukur kita kepada Allah atas rizki yang telah Dia berikan. Selain itu, dengan berdoa kita juga sekaligus memohon berkah dan perlindungan dari siksa api neraka.

Cara paling mudah untuk berdoa sebelum makan adalah dengan mengucapkan:

بسم الله الرحمان الرحيم

“Bismillahirrahmaanirrahiim”

Artinya:
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Kemudian setelah selesai makan mengakhirinya dengan mengucapkan:

الحمد لله رب العلمين

“Alhamdulillahirabbil’alaamiin”

Artinya:
Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam

Namun, alangkah baiknya kalau setelah mengucapkan basmallah dan hamdallah diikuti dengan doa yang lebih lengkap lagi.

Doa sebelum makan

doa sebelum dan sesudah makan adab makan

Photo by Dan Gold on Unsplash

Berikut ini adalah doa sebelum makan beserta artinya

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَ قِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa adzaa bannaar”

Artinya:
Yaa Alla, berkatilah rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Doa sesudah makan

doa sebelum dan sesudah makan adab makan

Photo by Hal Gatewood on Unsplash

Setelah selesai makan kita juga harus berdoa sebagai bentuk syukur telah diberikan nikmat dan dijauhkan dari rasa lapar. Berikut ini adalah doanya

اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِيْ اَطْعَمَنَا هَذَا وَ سَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنِ

“Alhamdu lillahhil-ladzii ath’amanaa hadzaa wa saqaanaa wa ja’alanaa minal muslimiin”

Artinya:
Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami memeluk agama Islam.

Doa sesudah minum

Jika berbicara dengan aktivitas makan, tentu tak dapat dipisahkan dengan minumnya. Oleh karena itu sebaiknya sebelum minum kita mendahuluinya dengan bacaan basmallah dan mengakhirinya dengan bacaan doa setelah minum

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ جَعَلَهُ عَدْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ و َلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحُا اُجَاجًا بِدُنُوْبِنَا

“Alhamdu lillahi-ladzii ja’alahu adzbam furaatam birahmatihi wa lam yaj’alahu milhan ujaajam bidzunuubinaa”

Artinya:
Segala pujia bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami.

Adab makan dan minum

doa sebelum dan sesudah makan adab makan

Photo by Regina Victorica on Unsplash

Selain membaca doa sebelum dan sesudah makan, ada beberapa hal lain terkait tata cara makan dan minum yang telah diatur dalam agama Islam.

Aturan tersebut termasuk dalam adab makan dan minum yang dianjurkan dan diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Berikut ini adalah adab makan dan minum yang perlu kita semua perhatikan.

Adab sebelum makan

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal

Berusaha memilih mendapatkan makanan dan minuman yang halal serta tidak mengandung unsur haram di dalamnya, seperti yang telah Allah firmankan dalam surat Al-Baqarah ayat 172:

يَا اَيُهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا كُلُّوْا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ

Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rizki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu…

Meniatkan makan untuk menguatkan badan

Niatkan makan untuk mengisi energi supaya lebih semangat dalam beribadah kepada Allah

Memuji makanan dan tidak mencelanya

Rasulullah saw melarang umatnya untuk mencela makanan dan menganjurkan untuk memujinya.

Dalam hadits dijelaskan bahwa Rasulullah saw tidak pernah mencela makanan sama sekali. Jika beliau menyukainya, maka beliau memakannya. Dan apabila beliau tidak suka terhadapnya, maka beliau meninggalkannya. (HR. Muslim)

Hendaknya duduk dengan tawadhu’

Maksudnya duduk dengan tawadhu’ adalah duduk di atas kedua lututnya atau duduk di atas punggung kedua kaki atau berposisi dengan kaki kanan ditegakkan dan duduk di atas kaki kiri.

Hal ini sebagaimana posisi duduk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang didasari dengan sabda beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam:

لاَ آكُلُ مُتَّكِئًا إِنَّمَا أَنَا عَبْدٌ آكُلُ كَمَا يَأْكُلُ الْعَبْدُ وَأَجْلِسُ كَمَا يَجْلِسُ الْعَبْدُ

“Aku tidak pernah makan sambil bersandar, aku hanyalah seorang hamba, aku makan sebagaimana layaknya seorang hamba dan aku pun duduk sebagaimana layaknya seorang hamba.” [HR. Al-Bukhari no. 5399]

Mendahulukan makan daripada shalat

Bukan berarti kita menunda-nunda shalat, tapi jika makanan sudah dihidangkan sebaiknya kita makan lebih dulu baru melaksanakan shalat.

Rasulullah saw bersabda, “Apabila makan malam telah dihidangkan dan shalat telah ditegakkan, maka mulailah dengan makan malam dan janganlah tergesa-gesa (pergi shalat) sampai makanmu selesai.” (Muttafaqun ‘alaih)

Tujuannya adalah agar hati kita tenang dan tidak memikirkan makanan ketika shalat. Oleh karena itu, yang menjadi titik ukur adalah tingkat lapar seseorang.

Jika seseorang sangat lapar dan makanan telah dihidangkan hendaknya dia makan terlebih dahulu. Tapi, sebaiknya yang seperti ini tidak untuk dibiasakan, ya. Karna mendahulukan shalat dari aktivitas kita adalah yang lebih utama.

Tidak menggunakan alat makan yang terbuat dari perak

Rasulullah saw bersabda, “Orang yang minum pada bejana perak sesungguhnya ia mengobarkan api neraka jahanam dalam perutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Adab saat makan

Memulai makan dengan mengucapkan basmallah dan doa

Seperti yang diajarkan oleh Rasulullah, sebaiknya kita mengucapkan basmallah dan doa sebelum makan.

Sebelum mulai makan, Rasulullah saw mengajarkan untuk membaca basmallah dan makan dengan menggunakan tangan kanan.

Dari Umar bin Abu Salamah r.a, ia berkata, “Saat masih kecil di pangkuan Rasulullah, tanganku bergerak ke sana- ke mari di piring, kemudian Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda, “Wahai anak, ucapkanlah ‘Bismillah,’ makanlah dengan tangan kanan dan makanlah yang terdekat denganmu.” Setelah itu berubahlah cara makanku seperti itu. (HR. Bukhari)

Hendaknya makan dengan menggunakan tiga jari

Tiga jari yang dicontohkan oleh Rasulullah saw adalah dengan menggunakan ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah.

Ka’ab bin Malik r.a berkata, “Saya melihat Rasulullah saw makan dengan tiga jarinya. Apabila telah selesai makan, beliau menjilatinya.” (HR. Muslim)

Hendaknya makan dari yang terdekat

Ketika memulai makan hendak menyedikitkan suapan, memperbanyak kunyahan, dan makan dengan apa yang terdekat terlebih dahulu. Rasulullah juga melarang untuk memulai makan dari tengah

الْبَرَكَةُ تَنْزِلُ وَسَطَ الطَّعَامِ فَكُلُوْا مِنْ حَافَتَيْهِ وَلاَ تَأْكُلُوْا مِنْ وَسَطِهِ

“Keberkahan itu turun di tengah-tengah makanan, maka makanlah dari pinggir-piring dan janganlah memulai dari bagian tengahnya.” (H.R. Muslim, Abu Dawud, dan Ibnu Majah)

Hendaknya tidak meniup makanan dan minuman yang panas

Rasulullah saw melarang untuk meniup makan dan minuman yang panas. Jika ingin bernafas ketika minum, maka lakukanlah di luar gelas setelah tiga kali tegukan.

كَانَ يَتَنَفَّسُ فِي الشَّراَبِ ثَلاَثاً

“Rasulullah saw jika minum, beliau bernafas (meneguknya) tiga kali (kemudian bernafas di luar gelas).” (HR. Bukhari)

Begitu juga hadits Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallahu anhu:

نَهَى عَنِ النَّفْخِ فِي الشُّرْبِ

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang untuk meniup (dalam gelas) ketika minum.” (HR. At-Tirmidzi)

Adab setelah makan

Menghentikan makan sebelum kenyang

Ada hadits yang mengatakan bahwa makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Namun, menurut para ulama adalah hadits tersebut adalah hadits yang dhaif. Maksudnya, hadits tersebut memiliki sanad yang lemah.

Namun, makna dari hadits tersebut benar adanya. Karena kekenyangan akan membuat badan menjadi berat dan menghalangi kita untuk beribadah.

Imam Asy-Syafi’i berkata, “Karena kekenyangan membuat badan menjadi berat, hati menjadi keras, menghilangkan kecerdasan, membuat sering tidur dan lemah untuk beribadah.”

Ketika makan, Rasulullah saw menghindarkan diri dari kekenyangan yang mengakibatkan sakit perut dan menjauhkan diri dari sifat rakus dalam hal makan.

Hendaknya menjilati jari setelah makan

Rasulullah mencontohkan untuk menjilati jari setelah makan sebelum mencucinya. Seperti dijelaskan dalam hadits berikut ini:

Rasulullah saw bersabda, “Apabila salah seorang dari kalian selesai makan, maka janganlah ia mengusap jari-jarinya hingga ia membersihkannya dengan mulutnya (menjilatinya) atau menjilatkannya pada orang lain.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Maksudnya yaitu menjilatkan jarinya pada orang lain yang tidak merasa jijik dengannya, misalnya anaknya saat menyuapinya, atau suaminya.

Menjalankan aturan agama tidak akan membuat seseorang menjadi lebih rendah dari orang lainnya. Justru dengan menjalankan apa yang telah diajarkan Rasulullah saw akan membawa kita pada hidup yang lebih baik.

Selain itu, kita juga akan dilimpahi keberkahan dari Allah. Jadi, jangan pernah malu untuk menjadi seorang muslim yang taat dengan ajaran agamanya.

Salah satu hal simple yang bisa kita lakukan adalah dengan membiasakan diri membaca doa sebelum dan sesudah makan. Tidak perlu membacanya keras-keras sampai semua orang mendengar, cukup membacanya lirih atau di dalam hati.

Hal itu juga akan membuat kita selalu bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah diberikan Allah. Seperti yang telah dijelaskan dalam firman Allah:

وَلَقَدْ آتَيْنَا لُقْمَانَ الْحِكْمَةَ أَنِ اشْكُرْ لِلَّهِ ۚ وَمَنْ يَشْكُرْ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ ۖ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ

“Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji” (QS. Luqman: 12)

Tips Memilih Makanan yang Sehat Bagi Tubuh

tips makanan sehat
dan gold

Selain menjaga adab ketika makan, tentunya kita harus memilih makanan yang halal baik prosesnya maupun kandungannya. Hal lain yang juga harus kita perhatikan adalah asupan makanan yang akan diserap oleh tubuh.

Makan makanan sehat merupakan salah satu hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan. Dengan menjaga kesehatan tubuh, artinya kita dapat mensyukuri dan menjaga karunia yang telah diberikan oleh Allah. Simak tips memilih makanan sehat berikut ini untuk tetap membuat tubuhmu sehat dan bugar.

Bahan makanan yang bervariasi

tips makanan sehat
brooke lark

Kandungan gizi dalam makanan sangat penting bagi tubuh kita. Semakin banyak varian bahan makanan sehat yang kita makan, maka semakin baik kandungannya. Karena dalam Prinsip Gizi Seimbang, juga ditekankan untuk mengonsumsi beragam jenis bahan makanan.

Untuk mendapatkan variasi tersebut, tidak hanya bergantung pada satu jenis makanan saja. Kita bisa berganti-ganti jenis bahan supaya lebih bervariasi. Misalnya, makanan pokok yang biasanya menggunakan nasi, sesekali bisa diganti dengan jagung, kentang, atau ubi.

Makan sehat saja tidak cukup

tips makanan sehat
dakota corbin

Sejak dulu kita terbiasa mendengar makan 4 sehat 5 sempurna saja sudah cukup. Padahal, kenyataannya makan buah dan sayuran saja tidak cukup untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

Dalam Pedoman Gizi Seimbang, disebutkan beberapa anjuran yang lain jika kamu ingin hidup sehat dan bugar. Seperti rutin melakukan olahraga, mengatur porsi makan, memantau berat badan dengan teratur, istirahat cukup, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Banyak minum air putih

tips makanan sehat
johnny mcclung

Minum air putih minimal 8 gelas sehari sangat penting untuk menjaga kadar energimu tetap tinggi. Selain itu air putih juga dapat membuat pencernaanmu menjadi lancar dan menjaga konsentrasi. Oleh karena itu, jangan lupa untuk banyak minum air putih.

Terkadang tubuhmu justru memberikan sensasi lapar ketika dehidrasi. Padahal itu adalah sinyal yang salah. Kamu bisa minum air putih 20 menit sebelum atau 60 menit setelah makan.

Kurangi minum kopi

tips makanan sehat
andrew neel

Kebanyakan minum kopi akan membebani organ hatimu. Kopi adalah minuma yang bersifat diuretik atau meningkatkan kecepatan pembentukan urine, sehingga dapat memicu dehidrasi. Terlalu banyak minum kopi juga dapat meningkatkan resiko gula darah yang tidak stabil.

Padahal, hati adalah organ yang sangat penting bagi tubuh. tugas hati adalah membersihakan racun di tubuhmu. Jadi, kalau organ hatimu terbebani, maka kemungkinan terkena penyakit dan berat badan bertambah semakin meningkat.

Ada baiknya kamu mengurangi konsumsi kopi. Untuk mengalihkannnya, kamu bisa meminum teh herbal yang bermanfaat bagi tubuh. Misalnya, teh oolong yang berguna menurunkan berat badan, teh hijau untuk meningkatkan konsentrasi, atau teh ginseng untuk meningkatkan energi.

Kurangi makan makanan kemasan

tips makanan sehat
jannis brandt

Makanan-makanan kemasan pada umumnya mengandung banyak perasa buatan, gula, garam, dan lain sebagainya yang kurang baik untuk kesehatan. Untuk dapat mengasup makanan sehat, mulainya menghindari makan makanan kemasan dan siap saji.

Makan makanan yang segar

tips makanan sehat
sara dubler

Sayur, ikan, daging, gandum, buah-buahan, dan kacang-kacangan yang segar adalah makanan yang baik bagi kesehatan. Mengonsumsi makanan segar akan memberikan semakin banyak asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Perbanyak konsumsi sayur dan buah

tips makanan sehat
brooke lark

Untuk membuat tubuh yang sehat, usahakan makan banyak buah dan sayur setiap harinya. Carilah sayur dan buah yang segar, penuh warna. Sayuran berwarna hijau mengandung banyak vitamin serta mineral yang berguna bagi kesehatan.

Yang terpenting, jangan lupa untuk mencuci sayur dan buah terlebih dulu. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan zat-zat kimia atau pestisida yang mungkin masih menempel pada sayur dan buah tersebut.

Makan makanan dengan serat tinggi

tips makanan sehat
doktersehat

Serat dikenal mempunyai banyak fungsi bagi tubuh. di antaranya, serat dapat melancarkan pencernaan dan mencegah berbagai penyakit, menurunkan kolestrol, menjaga kesehatan usus, dan mencegah diabetes.

Dalam sebuah penelitian bahkan membuktikan kalau seseorang rutin memenuhi kebutuhan harian serat (14 gram setiap 1.000 konsumsi kalori), maka akan mempunyai kesempatan hidup 9 tahun lebih panjang dari pada yang kebutuhannya tidak terpenuhi.

Salah satu bahan makanan yang memiliki kandungan serat tinggi adalah beras merah dan gandum. Dengan mengonsumsi olahan beras merah dan gandum juga akan membuatmu kenyang lebih lama, sehingga bisa beraktivitas dengan lancar.

Islam adalah agama yang paling sempurna karena sudah memberikan arahan hidup mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Semua hal sudah diatur dengan terperinci tanpa ada yang dianggap remeh, seperti soal makan ini.

Ada banyak hal terkait makan yang harus kita perhatikan supaya apa yang masuk ke tubuh kita mendapat berkah dari Allah, sehingga memacu semangat kita untuk beribadah. Salah satunya adalah berdoa sebelum dan sesudah makan. Hal ini sebagai bentuk syukur atas rizki yang telah Allah berikan untuk kita.

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu