Tutorial Cara Mencuci Boneka yang Harus Anda Ketahui Supaya Boneka Tetap Awet
kids me germany-unsplash.com

Tutorial Cara Mencuci Boneka yang Harus Anda Ketahui Supaya Boneka Tetap Awet

Boneka merupakan benda yang banyak disenangi oleh orang karena bentuknya yang lucu. Bahkan, tak jarang boneka menjadi barang kesayangan yang selalu dibawa kemana-mana atau hanya sekedar menjadi pajangan.

Saking lamanya dipajang, boneka bisa menumpuk banyak debu dan kotoran. Supaya tidak menjadi sarang kuman, sebaiknya boneka dicuci secara berkala. Tapi, tahu kah Anda cara mencuci boneka yang benar?

Banyak orang merasa kesulitan mencuci boneka dan akhirnya memilih untuk menyimpannya saja. Padahal, boneka yang lama disimpan juga bisa kotor dan berdebu. Mencuci boneka bisa Anda lakukan sendiri di rumah dan tidak perlu membawanya ke tempat laundry. Kalau Anda belum pernah mencobanya, tenang saja, karna ejakata akan memberikan panduan cara mencuci boneka yang benar.

Periksa Boneka Sebelum Mencuci

cara mencuci boneka
newshousehold.com

Mencuci boneka bisa dibilang susah-susah gampang. Sebelum mencuci boneka, ada baiknya Anda mengenali jenis bonekanya terlebih dulu supaya tidak salah langkah. Karena tidak semua boneka bisa dicuci.

Pertama-tama, periksa label perawatan yang ada pada boneka Anda. Untuk boneka yang bisa dicuci, perhatikan dua hal ini sebelum mulai mencucinya.

  1. periksa kondisi boneka sebelum mencucinya. Pastikan tidak ada sobekan atau jahitan yang terlihat rapuh. Kalau ada, sebaiknya jahit dulu bagian yang sobek baru Anda masukkan ke dalam mesin cuci.
  2. Kalau boneka memiliki rambut yang terbuat dari benang atau sutra, sebaiknya bungkus bagian rambut dengan kain bekas terlebih dulu untuk menjaga teksturnya. Setelah selesai mencuci Anda bisa membuka penutup kain dan menyisirnya untuk mengembalikan ke bentuk semula.

Jenis boneka yang sebaiknya tidak dicuci adalah boneka berbahan benang wol dan sutra. Mencucinya akan membuat serat boneka mudah rusak. Kalau Anda ingin mencucinya, sebaiknya lakukan menggunakan mesin cuci, tapi sebelumnya boneka harus dimasukkan ke dalam laundry bag dan menggunakan mode pencucian delicate.

Mencuci dengan Mesin Cuci

cara mencuci boneka
galeri-boneka.com

Setelah mengetahui langkah aman sebelum mencuci boneka, selanjutnya Anda bisa mulai mencucinya dengan menggunakan mesin cuci. Caranya sangat mudah, Anda tinggal mengikuti langkah berikut ini dan boneka kesayangan Anda akan keluar dari mesin cuci tampak seperti baru lagi!

  • Sebelum mencuci, masukkan boneka ke dalam laundry bag/washing bag sebagai perlindungan ekstra. Fungsinya adalah untuk mencegah bagian boneka tersangkut di sela-sela mesin cuci. Kalau tidak ada laundry bag Anda juga bisa menggunakan sarung bantal atau kain yang bisa membungkus boneka.
  • Tuangkan detergen secukupnya. Pemberian detergen yang berlebihan bisa meninggalkan residu atau sisa detergen pada boneka.
  • Gunakan mode pencucian untuk bahan lembut (delicate) supaya boneka terlindungi. Pastikan mencuci boneka dengan menggunakan pengaturan suhu rendah karena mencuci dengan suhu tinggi dapat membuat noda di boneka lebih meresap dan susah dihilangkan.

Mencuci dengan Menggunakan Tangan

cara mencuci boneka
pewangilaundry.com

Kalau ukuran boneka yang ingin Anda cuci tidak cukup masuk ke dalam tabung mesin cuci, Anda juga bisa mencucinya secara manual. Mencuci manual bisa Anda lakukan dengan menggunakan peralatan sederhana yang ada di rumah, seperti sikat gigi, kain bersih, dan handuk kering. Ikuti langkah berikut ini untuk mempermudah Anda dalam mencuci boneka.

  • Sebelum mencuci boneka, lepaskan aksesoris yang bisa dilepas pada boneka. Setelah itu rendam aksesoris dan boneka yang sudah terpisah menggunakan detergen kurang lebih selama 15 menit.
  • Selanjutnya goyang-goyangkan boneka untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel. Lalu, sikat dengan lembut boneka menggunakan sikat gigi. Sikat boneka satu arah untuk menjaga bulu boneka tetap utuh.
  • Kemudian bilas boneka sampai tidak ada busa lagi. Setelah itu, tiriskan boneka dengan menekan-nekannya sampai air yang ada pada boneka habis. Jangan diperas atau dipelintir, ya.
  • Untuk mempercepat proses pengeringan, gunakan handuk kering dan biarkan handuk menyerap sisa air yang ada pada boneka. Setelah setengah kering, angin-anginkan boneka semalaman.

Tips Merawat Boneka

cara mencuci boneka
liputan6.com

Selain mencuci boneka secara berkala, sebaiknya Anda juga memperhatikan kebersihannya. Pasalnya, boneka yang terbuat dari bahan katun dan bulu-bulu ini mudah menyimpan debu dan kotoran jika tidak dirawat dan dibersihkan secara berkala. Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat boneka.

Manfaatkan selotip

Jika Anda tidak mempunyai cukup waktu untuk mencuci boneka, Anda bisa membersihkan kotoran pada boneka dengan menggunakan selotip. Caranya, potong selotip sesuai secukupnya saja kemudian tempelkan pada bagian yang kotor.

Lalu, cabut selotip dan kotoran yang sudah menempel. Cara ini ampuh untuk membersihkan boneka dari debu halus yang menempel.

Membersihkan dengan lap basah

Cara yang kedua ini juga tidak kalah mudahnya dengan yang pertama. Anda cukup mengambil lap yang sebelumnya sudah dibasahi, kemudian usap-usapkan secara merata pada seluruh bagian boneka sampai debu halus dapat terangkat.

Perhatikan aturan mencuci

Jika Anda ingin mencuci boneka di rumah, perhatikan aturan pencucian yang tertera pada label boneka. Selain itu, hindari menggunakan detergen berformula keras, pemutih pakaian, dan jangan menjemurnya langsung di bawah terik matahari. Karena cara tersebut malah dapat merusak boneka.

Penggunaan detergen berformula keras dapat merusak kelembutan bulu boneka. Sedangkan mencuci boneka menggunakan pemutih justru akan membuat boneka tampak lebih kusam, sama halnya dengan menjemur boneka langsung terkena matahari yang menyengat. Sebaiknya jemur boneka di tempat yang teduh dan berangin.

Simpan boneka

Setelah boneka kering dan sekiranya Anda hanya ingin memajangnya dalam jangka waktu lama, sebaiknya gunakan plastik atau paper bag untuk membungkusnya. Setelah itu simpan di dalam rak atau lemari. Jangan lupa berikan kapur barus untuk menjaga agar boneka tidak bau apek.

Kebersihan boneka harus selalu diperhatikan, apalagi kalau di rumah Anda mempunyai balita yang kekebalan tubuhnya belum sekuat orang dewasa. Boneka yang kotor bisa menjadi sarang kuman dan penyakit bagi anak-anak. Oleh karena itu, kebersihan boneka tidak boleh disepelekan apalagi dianggap remeh.

Setelah membaca cara mencuci boneka yang benar, kini Anda bisa merawat boneka kesayangan Anda dan tidak khawatir lagi dengan kebersihannya. Boneka yang terlihat bersih pastinya akan membuat suasana rumah Anda menjadi lebih ceria.

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu