Ini Dia Cara Membuat Bros Cantik yang Mudah Kamu Praktekkan

Ini Dia Cara Membuat Bros Cantik yang Mudah Kamu Praktekkan

Bingung mengolah kain perca yang sudah menumpuk di rumah? Jangan khawatir, dengan menggunakan kain sisa tersebut kamu bisa membuat berbagai kreasi kerajinan tangan yang keren. Salah satunya adalah bros. Pada artikel kali ini ejakata akan memberikan tutorial cara membuat bros yang mudah untuk dipraktekkan.

Bros memang termasuk aksesoris yang banyak digunakan oleh kaum wanita. Biasanya bros dipakai untuk mempercantik wanita berhijab atau sekedar disematkan dikerah baju bagi yang tidak berhijab.

Membuat bros sendiri tentu akan menghemat pengeluaranmu. Kamu juga bisa bebas berkreasi sesuai dengan selera. Selain menggunakan kain perca, kamu juga bisa membuat bros dengan menggunakan manik-manik atau bahan lainnya.

Tak hanya caranya yang mudah, alat dan bahan untuk membuat bros juga sangat mudah ditemui. Kamu bisa memanfaatkan alat dan bahan yang di rumahmu. Nah, langsung saja simak tutorial cara membuat bros berikut ini!

Cara Membuat Bros dari Kain Perca

Untuk kamu yang belum tahu, kain perca adalah sebutan untuk kain sisa hasil produksi yang sudah tidak pakai lagi. Ukuran dari kain perca ini bervariasi. Beberapa memang berukuran cukup lebar, sehingga sayang untuk dibuang.

Kalau kamu tidak memiliki kain perca di rumah, kamu bisa membelinya dari penjahit. Atau kamu bisa menggunakan pakaian yang sudah tidak terpakai lagi dan memotongnya menjadi potongan kecil-kecil.

Cara membuat bros bentuk bunga

Kreasi Ceria

Untuk memanfaatkan sisa kain kamu bisa mengolahnya menjadi bros cantik aneka macam. Bentuk bros yang paling banyak digunakan adalah bros bentuk bunga. Nah, Ini dia caranya!

Alat dan bahan

  • Kain perca
  • Gunting
  • Jarum pentul
  • Jarum jahit
  • Benang (pilih warna benang sesuai warna kain atau sesuai selera)
  • Kancing (ukuran kancing menyesuaikan dengan bros yang ingin dibuat)
  • Lem tembak
  • Peniti bros

Cara membuat bros:

  1. Langkah pertama adalah membuat pola bros dengan menggunting kain menjadi bentuk kotak berukuran 5 cm sebanyak 5 lembar
  2. Kemudian, lipat kain perca menjadi 2 membentuk segitiga. Kemudian lipat lagi menjadi segitiga yang lebih kecil.
  3. Serut bagian bawahnya dengan menggunakan jarum dan benang. Jangan putuskan benangnya, lanjutkan proses ini sampai kelima pola terikat
  4. Setelah 5 pola tadi membentuk kelopak bunga, jahit mati dibagian ujung yang menyatukan bagian awal dan akhir kelopak
  5. Oleskan lem tembak di bagian tengah bunga, lalu tempelkan kancing baju di bagian depan dan peniti bros di bagian belakangnya
  6. Kalau kamu lebih suka dengan kelopak bulat, kamu bisa membuat pola berbentuk lonjong dengan ukuran yang kurang lebih sama. Kemudian lakukan cara yang sama seperti di atas

Cara membuat bros bentuk pita

Ananditaa chaca

Bentuk bros lainnya yang bisa kamu coba adalah bros berbentuk pita. Bros pita juga banyak disenangi oleh wanita untuk mempercantik hijab mereka.

Alat dan bahan

  • Kain perca
  • Gunting
  • Lem tembak
  • Jarum dan benang
  • Peniti bros

Cara membuat bros

  1. Gunting kain perca membentuk persegi berukuran 13 cm. Lipat menjadi 3 bagian sampai membentuk persegi panjang
  2. Lipat bagian atas dan bawah ke tengah persegi saling menumpuk di ujungnya
  3. Jahit menyerut di bagian tengahnya sampai membentuk pita, lalu ikat mati
  4. Ambil potongan kain lainnya sepanjang 6 cm, lalu lipat menjadi dua dan lilitkan di bagian tengah pita
  5. Jahit ujungnya. Lalu, beri lem tembak di bagian belakang untuk menempelkan peniti bros
  6. Kamu bisa memilih dua warna yang berbeda untuk variasi warna bros supaya terlihat cantik
  7. Variasi lain yang bisa kamu coba adalah dengan membuat bros pita double layer. Kamu hanya perlu membuat dua pita dengan ukuran yang berbeda lalu menumpuknya.

Membuat bros memang sangat mudah dan bisa kamu lakukan di rumah. Alat dan bahannya pun sangat mudah ditemui. Jadi, jangan takut untuk mencoba membuat kreasi bros cantikmu sendiri dan membuat penampilanmu lebih menarik.

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu