Cara Melipat Surat yang Bisa Langsung Anda Praktekkan di Mana Saja
giulia bertelli on unsplash.com

Cara Melipat Surat yang Bisa Langsung Anda Praktekkan di Mana Saja

Cara Melipat Surat – Sudah sejak jaman dahulu surat dikenal sebagai sebuah sarana untuk menyampaikan ungkapan dalam bentuk tulisan. Sebelum ada jasa pengiriman barang seperti sekarang, dulu surat dikirimkan dengan cara yang cukup unik. Salah satu cara yang cukup populer adalah dengan mengirimkan melalui binatang, khususnya merpati.

Meski keakuratan sampainya surat dipertanyakan, tapi cara tersebut merupakan awal sejarah yang sangat penting dalam perkembangan pengiriman surat. Sistem pengiriman pos dimulai sekitar tahun 2000 SM di Mesir. Saat itu pembungkus surat dapat berupa kain, kulit binatang, atau beberapa bagian tumbuhan.

Dengan adanya perkembangan teknologi, surat dalam bentuk tulisan tangan sudah mulai ditinggalkan. Meski begitu, kehadiran surat masih tetap menjadi salah satu media yang sangat penting. Walau pun sudah tidak lagi ditulis denan menggunakan tangan, melainkan menggunakan komputer.

Di era millenial ini, ternyata cukup banyak orang yang masih bingung ketika diminta untuk melipat sebuah surat. Kedengarannya sepele memang, tapi di dunia administrasi perkantoran hal ini adalah sesuatu yang wajib untuk diketahui. Untuk menjawab permasalahan tersebut ejakat sudah merangkum langkah-langkah mudah yang bisa Anda ikuti untuk melipat sebuah surat.

Apa Itu Surat?

cara melipat surat
gemma evans on unsplash.com

Sebelum Anda mempelajari bagaimana cara melipat surat, sebaiknya Anda juga mengetahui pengertian mengenai surat itu sendiri. Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain, baik perorangan maupun organisasi.

Sebagai sebuah media penyampaian informasi, ada beberapa unsur yang sebaiknya ada dalam surat supaya pesan dapat tersampaikan dengan baik. Unsur tersebut adalah:

  1. Pengirim surat, ialah pihak yang menyampaikan pesan
  2. Penerima surat, ialah pihak yang menerima pesan
  3. Pesan surat, ialah isi dari surat yang ingin disampaikan
  4. Saluran, ialah cara penyampaian pesan surat sesuai dengan keperluannya (dapat berupa format tulisan atau tata bahasa)

Macam-Macam Surat

cara melipat surat
helloquence on unsplash.com

Meski pun sama-sama disebut surat, nyatanya tidak semua surat mempunyai maksud yang sama. Surat dapat dibagi ke dalam beberapa jenis. Untuk memudahkannya, berikut ini adalah jenis-jenis surat yang dapat Anda ketahui.

Jenis surat berdasarkan tujuannya

  1. Surat pemberitahuan, merupakan surat yang berisi pemberitahuan kepada perorangan atau instansi mengenai suatu hal.
  2. Surat perintah, surat yang ditujukan kepada pihak tertentu agar melakukan suatu perintah yang tertera dalam surat.
  3. Surat permintaan, surat yang berisi sebuah permintaan, biasanya adalah meminta data yang lebih mendetail mengenai barang atau jasa yang ditawarkan.
  4. Surat peringatan, surat ini ditujukan untuk memberikan peringatan terhadap seseorang di sebuah instansi.
  5. Surat panggilan, bertujuan untuk memanggil seseorang baik secara personal maupun sebagai perwakilan dari sebuah instansi.
  6. Surat susulan, adalah surat penegasan dari surat yang pernah disampaikan sebelumnya.
  7. Surat keputusan, surat yang berisi keputusan yang diambil oleh sebuah instansi atas dasar pertimbangan tertentu.
  8. Surat laporan, surat yang berisi laporan kerja untuk orang lain.
  9. Surat penawaran, biasanya surat penawaran terkait dengan jual-beli barang atau jasa yang isinya mengenai spesifikasi penawarannya.

Jenis surat berdasarkan wujudnya

  1. Kartu pos, surat yang ditulis dalam secarik kertas kemudian dikirim melalui pos.
  2. Warkat pos, surat tertutup yang ditulis dalam sehelai kertas cetakan dan bisa dilipat seperti amplop.
  3. Surat bersampul, surat yang ditulis dalam beberapa lembaran kertas terpisah dan untuk mengirimnya harus menggunakan amplop yang lebih besar.
  1. Kartu pos, surat yang ditulis dalam secarik kertas kemudian dikirim melalui pos.
  2. Warkat pos, surat tertutup yang ditulis dalam sehelai kertas cetakan dan bisa dilipat seperti amplop.
  3. Surat bersampul, surat yang ditulis dalam beberapa lembaran kertas terpisah dan untuk mengirimnya harus menggunakan amplop yang lebih besar.
  4. Memorandum dan nota, surat yang digunakan untuk keperluan internal suatu instansi dengan tujuan untuk memberi atau meminta informasi antar pejabat kantor.
  5. Telegram, merupakan pesan singkat yang dikirim dari jarak jauh dalam waktu cepat dengan bantuan pesawat telegram.

Jenis surat menurut isi dan asalnya

  1. Surat dinas, merupakan surat resmi yang digunakan untuk kepentingan tugas dinas oleh instnasi baik sipil maupun militer.
  2. Surat niaga/bisnis, surat yang digunakan untuk keperluan bisnis lembaga usaha.
  3. Surat pribadi, adalah jenis surat tidak resmi yang sifatnya pribadi dan dikirimkan kepada perorangan atau sebuah lembaga tertentu.

Jenis surat menurut sifatnya

  1. Surat biasa, surat yang isinya berisi hal-hal normatif yang tidak perlu dirahasiakan.
  2. Surat rahasia, merupakan surat yang isinya hanya boleh diketahui oleh kalangan tertentu atau pihak yang berkepentingan saja.
  3. Surat sangat rahasia, adalah surat yang kerahasiaan isinya dijaga sangat ketat supaya tidak tersebar. Biasanya surat ini adalah surat yang menyangkut masalah kenegaraan.

Cara Melipat Surat Tidak Resmi

Setelah mengetahui jenis surat yang Anda buat, kini saatnya Anda mengirim surat tersebut. Selain surat resmi, beberapa orang masih menggunakan surat sebagai media menyampaikan pesan.

Biasanya surat yang sifatnya pribadi ini berisi tentang ungkapan rasa cinta seseorang. Anda juga bisa mencoba melipat suratnya dengan cara yang lebih unik seperti bentuk hati atau bangun datar. Pasti yang menerima akan merasa lebih terkesan dengan surat yang Anda berikan.

Cara melipat surat bentuk diamond

Surat berbentuk diamond bisa menjadi salah satu variasi melipat surat yang dapat Anda coba. Simak tutorial melipat surat bentuk ketupat berikut ini.

  • Lipat bagian atas kanan amplop sehingga membentuk segitiga. Kemudian balik kertasnya dan lipat bagian atas kiri membentuk segitiga.
  • Lipat kertas menjadi dua dengan satu sisi lebih panjang. Lalu, balik kertasnya dan lipat kertas seperti sebelumnya. Anda akan melihat dua bentuk segitiga.
  • Setelah itu, lipat sisi bawah kanan dan kiri pada dua segitiga tersebut
  • Terakhir, selipkan bagian yang terbuka supaya surat ‘terkunci’

Cara melipat surat bentuk amplop

Anda juga bisa mencoba melipat surat berbentuk amplop. Jadi, Anda tidak perlu amplop tambahan untuk memberikan surat tersebut. Berikut ini adalah tutorialnya.

  • Bagi kertas surat menjadi dua bagian. Kemudian, lipat bagian atas dan bawah menjadi bentuk segitiga.
  • Lipat ujung segitiga menjadi segitiga yang lebih kecil di kedua sisi tersebut. Lalu, lipat sisi kanan dan kiri
  • Lipat bagian segitiga kecil ke belakang. Kemudian, selipkan sisi segitiga kecil lainnya ke dalam lipatan tadi.

Cara melipat surat bentuk hati

Surat bentuk hati adalah yang paling cocok diberikan untuk mengungkapkan isi hati. Anda juga tidak perlu menambahkan amplop lagi. Surat tersebut akan sangat manis bila diselipkan dalam rangkaian bunga yang cantik. Simak tutorialnya berikut ini.

  • Lipat ujung bagian atas menjadi bentuk segitiga. Lalu, lipat bagian yang berbentuk persegi panjang dan potong menggunakan cutter.
  • Setelah itu lipat kertas menjadi dua pada kedua sisinya, sehingga membentuk garis potongan vertikal dan horizontal.
  • Lipat salah satu sisi kira-kira sebesar 10 cm. Kemudian, balik kertas surat dan lipat kedua sisinya membentuk segitiga.
  • Balik lagi kertas surat dan lipat membentuk segitiga pada bagian bawah surat. Lalu, lipat bagian yang berbentuk segitiga ke bawah dan selipkan pada bagian segitga kecil.
  • Kemudian lipat sisi berbentuk segi panjang menjadi dua. Setelah itu lipat lagi bentuk segitiga sampai membentuk hati. Lakukan hal yang sama pada sisi satunya. Surat bentuk hati siap Anda berikan.
Menit info

Cara Melipat Surat Resmi

cara melipat surat
joanna kosinska on unsplash.com

Surat yang sudah diketik dengan rapi dapat kehilangan penampilannya kalau kita kurang hati-hati dalam melipatnya. Berikut ini adalah tutorial cara melipat surat yang bisa Anda praktekkan langsung.

  • Kertas surat yang sudah diketika rapi dibagi menjadi tiga bagian.
  • Sepertiga bagian bawah surat dilipat ke depan
  • Kemudian sepertiga bagian atas dilipat ke belakang
  • Selanjutnya, surat dimasukkan ke dalam amplop dengan bagian kepala surat menghadap ke depan

Jenis Lipatan Surat

cara melipat surat
annie spratt on unsplash.com

Sepintas cara melipat surat memang kelihatan itu-itu saja. Namun, kalau kita perhatikan ternyata ada beberapa teknik melipat surat yang dapat kita gunakan selain cara yang kebanyakan orang lakukan. Berikut ini adalah beberapa macam lipatan surat yang bisa Anda coba.

Lipatan baku (standard fold)

cara melipat surat
myditap.blogspot.com

Lipatan kertas baku ialah jenis lipatan surat yang paling umum digunakan. Jenis ini adalah lipatan surat yang baru saja Anda pelajari di atas.

Lipatan setengah baku (semi standard fold)

cara melipat surat
myditap.blogspot.com

Jenis ini merupakan variasi dari lipatan surat bentuk baku, hanya saja yang berbeda adalah bagian lipatan atasnya.

Caranya, bagi kertas surat menjadi tiga bagian, dua bagian sama besar dan satu bagian lebih kecil, kemudian lipat kertas.

Lipatan akordion (accordion fold)

cara melipat surat
myditap.blogspot.com

Lipatan ini merupakan bentuk lain dari lipatan surat baku. Caranya, bagi kertas menjadi tiga bagian sama besar. Kemudian bagian pertama dilipat ke atas dan bagian ke tiga dilipat ke bawah.

Lipatan semi akordion (semi accordion fold)

cara melipat surat
myditap.blogspot.com

Lipatan ini juga merupakan variasi dari lipatan baku dan hampir sama dengan lipatan-lipatan sebelumnya.

Caranya adalah dengan membagi kertas menjadi tiga bagian (bagian satu dan dua sama besarnya, sedangkan bagian ketiga lebih kecil). Kemudian bagian satu dilipat ke atas dan bagian tiga dilipat ke bawah.

Lipatan tunggal (single fold)

cara melipat surat
myditap.blogspot.com

Jenis lipatan tunggal adalah yang paling sederhana serta paling mudah dibuat karena hanya perlu membagi kertas menjadi dua bagian sama panjang kemudian melipatnya.

Lipatan ganda (parallel double fold)

cara melipat surat
myditap.blogspot.com

Lipatan jenis ini juga cukup mudah untuk dipraktekkan. Cukup menambahkan satu lipatan lagi setelah lipatan tunggal.

Caranya, bagi kertas menjadi dua sama besar kemudian dilipat (lipatan 1). Setelah itu lipatan ke-1 dibagi dua sama besar lalu lipat (lipatan ke-2).

Lipatan Perancis (French fold)

cara melipat surat
myditap.blogspot.com

Lipatan jenis ini sering digunakan untuk surat-surat niaga. Namun, saat ini banyak surat dinas yang juga mengikuti bentuk lipatan yang biasa digunakan kaum bangsawan Eropa ini.

Caranya, bagi kertas menjadi dua sama besar, kemudian dilipat menjadi lipatan ke-1. Setelah itu lipatan ke-1 dilipat lagi sama besar sehingga menghasilkan lipatan ke-2.

Lipatan baron (baronial fold)

myditap.blogspot.com

Jenis lipatan baron biasanya digunakan untuk surat dinas atau surat yang menggunakan amplop panjang. Karena panjang lipatan ini melenihi amplop ukuran pendek.

Cara melipat surat jenis baron adalah dengan membagi kertas menjadi dua sama besar kemudian dilipat (lipatan ke-1). Setelah itu lipatan ke-1 tersebut dibagi tiga sama besar. Bagian pertama dilipat ke kiri dan bagian kedua dilipat ke kanan.

Itulah tadi tutorial cara melipat surat yang bisa Anda pratekkan ketika ingin mengirim surat. Meski surat dalam bentuk fisik sudah tidak banyak digunakan, namun rasanya akan berbeda jika Anda mendapat surat. Apalagi kalau surat itu adalah surat pemberian orang yang spesial bagi Anda.

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu