Photo by STIL on Unsplash

Cara Mudah Melipat Baju untuk Kamu yang Hobi Travelling

Adakah di antara kalian yang masih memiliki waktu libur? Pergi berlibur memang pilihan yang tepat untuk membuat pikiranmu refresh kembali. Salah satu hal yang paling seru sekaligus cukup merepotkan adalah ketika kita harus berkemas (packing) saat hendak travelling, baik itu backpacker atau menikmati liburan fancy.

Kadang kita dibuat pusing ketika ingin membawa banyak pakaian tapi bingung bagaimana cara melipatnya supaya bisa memuat banyak. Jangan salah, meski terlihat sepele ternyata melipat baju itu gampang-gampang susah, lho. Simak tips dan trik cara melipat baju berikut ini untuk membantu packing-mu lebih cepat dan efisien.

Cara melipat baju ala Marie Kondo

Sebelumnya, Marie Kondo adalah wanita asal Jepang yang namanya sudah mendunia berkat teknik merapikan rumah yang ia terapkan banyak diminati orang. Teknik Marie Kondo banyak diminati karena dianggap mampu menghemat banyak tempat. Cocok sekali bukan untuk kamu yang akan merencanakan liburan jarak jauh dalam waktu lama?

Marie Kondo atau yang dikenal dengan KonMari juga mempunyai teknik-teknik melipat pakaian mulai dari baju, celana, kaos kaki, sampai pakaian dalam. Yuk, ikuti langkah-langkah melipat baju ala KonMari ini!

Cara melipat baju: #1 celana panjang

cellcode.us

Melipat celana panjang adalah salah satu teknik yang paling mudah dan cepat dalam metode melipat baju ala KonMari. Simak caranya berikut ini!

  1. Bentangkan celana di atas permukaan yang rata
  2. Lipat bagian kiri ke bagian kanan. Kalau bagian selangkangannya masih keluar, lipat ke dalam supaya segaris dengan lipatan celana
  3. Lipat menjadi dua bagian sampai di bawah pinggang dengan menyisakan sedikit jarak
  4. Lipat lagi menjadi dua, lalu lipat sekali lagi sampai membentuk persegi empat

Cara melipat baju: #2 kaos kaki

rd.com

Meskipun terlihat kecil, membuat kaos kaki terlipat rapih akan membantumu menghemat tempat. Ada 3 cara yang bisa kamu coba untuk melipat kaos kakimu. Yuk, ikuti trik melipat kaos kaki berikut ini!

  1. Untuk kaos kaki pendek, pertama-tama satukan kaos kaki menjadi satu kemudian lipat menjadi dua bagian
  2. Untuk kaos kaki sedang, tumpuk kaos kaki kemudian lipat menjadi 3 bagian
  3. Sedangkan untuk kaos kaki panjang, pertama-tama posisikan bagian tumitnya menjadi satu. Lalu lipat menjadi dua, setelah itu lipat lagi menjadi dua atau tiga bagian lagi tergantung dengan panjang kaos kaki

Dengan cara ini kamu dapat menyamakan bentuk lipatan kaos kaki yang akan kamu bawa. Selain itu, kaos kaki juga terlihat lebih rapi ketika ditata. Hal ini tentunya akan memudahkanmu ketika hendak packing.

Cara melipat baju: #3 celana dalam

rd.com

Ketika bepergian sebenarnya menggunakan celana dalam sekali pakai akan lebih efisien. Tapi kalau kamu merasa lebih nyaman menggunakan celana dalam yang biasa kamu gunakan juga tidak masalah, kok. Nah, ini dia cara melipat celana dalam supaya bisa menghemat koper atau backpackmu.

  1. Taruh celana dalam di atas permukaan rata, lalu lipat bagian bawah ke atas
  2. Setelah itu lipat sisi kanan dan kiri ke bagian dalam
  3. Gulung ke atas, kemudian gulung bagian karetnya ke bawah untuk mengunci gulungan

Cara melipat baju: #4 kaos dan kemeja

palthehomestore.com

Melipat baju atau kemeja juga tidak memerlukan teknik yang rumit. Kamu cukup mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Bentangkan pakaian di atas permukaan rata
  2. Lipat bagian kanan ke bagian tengah, lalu lipat bagian kiri sampai bertumpukan dengan bagian kanan
  3. Lipat lagi menjadi dua bagian, kemudian lipat lagi menjadi dua atau tiga bagian sesuai dengan ukuran baju

Cara melipat baju dengan menggulungnya

https://ejakata.com/wp-content/uploads/2020/01/Fold-Clothes-for-Travel-Step-1-Version-3.360p.mp4

Ingin menggunakan pakaian rapi selama liburan tapi malas membawa setrika karena pasti akan berat? Metode menggulung baju ini akan membantu mengurangi kerutan pada pakaianmu. Para tentara AS biasa menggunakan teknik ini ketika mereka hendak bertugas.

Metode ini cocok digunakan untuk celana pendek, kaus kaki, kaus berbahan sintetik, piyama, sweater, dan pakaian yang berukuran tipis lainnya. Kunci supaya cara ini berhasil adalah dengan menghaluskan pakaian saat sedang menggulungnya.

Cara menggulung celana

https://ejakata.com/wp-content/uploads/2020/01/Fold-Clothes-for-Travel-Step-2-Version-3.360p.mp4

Pertama-tama, bentangkan celana di atas permukaan datar. Kemudian lipat celana secara memanjang. Supaya bisa menghemat lebih banyak ruang lipat bagian selangkangan ke dalam. Setelah itu mulai menggulung dari bagian atas celana.

Cara menggulung kaos dan kemeja

https://ejakata.com/wp-content/uploads/2020/01/Fold-Clothes-for-Travel-Step-4-Version-3.360p.mp4

Untuk menggulung kaos dan kemeja, kamu bisa melipatnya menjadi dua terlebih dulu. Kemudian haluskan permukaan kaos dan kemeja supaya tidak ada kerut. Setelah itu gulung dari bagian kerah.

Cara menggulung rok, gaun, dan celana bahan

https://ejakata.com/wp-content/uploads/2020/01/Fold-Clothes-for-Travel-Step-5-Version-3.360p.mp4

Cara menggulung jenis pakaian ini sama dengan menggulung kemeja. Karena bahannya yang lebih mudah kusut, pastikan untuk menghaluskan permukaan pakaian sebelum dan saat menggulung untuk menghindari kerutan dan lipatan.

Setelah selesai menggulung semua pakaian yang mau kamu bawa, sebaiknya kamu mulai menempatkan tiap-tiap baju mulai dari yang berukuran besar seperti jenis rok, gaun, dan celana jeans. Pada bagian atas kamu bisa meletakkan baju tidur, celana dalam, dan juga kaos kaki yang ukurannya lebih kecil.

Membungkus pakaian menjadi buntalan

Kamu bisa memanfaatkan tas organizer yang ada di rumahmu untuk menata pakaianmu. Tas semacam ini akan sangat bermanfaat untuk menata barang-barang kecil yang mudah tercecer, seperti kaos kaki, charger, headset, dan lain-lain. Kamu juga bisa memasukkan pakaian-pakaianmu ke dalam organizer supaya lebih tertata rapi.

https://ejakata.com/wp-content/uploads/2020/01/Fold-Clothes-for-Travel-Step-9.360p.mp4

Nah, kalau kamu tidak memiliki tas organizer kamu bisa membuat bungkusan baju dengan baju lain yang kamu miliki. Caranya, mulailah dari pakaian yang paling besar atau tebal yang akan kamu bawa, seperti jaket. Setelah itu bentangkan jaket di atas permukaan datar.

Mulai dengan pakaian yang berukuran besar, misalnya rok atau gaun. Lipat rok atau gaun menjadi dua secara vertikal. Kalau ada lebih dari satu rok atau gaun, posisikan selang-seling menghadap ke kanan dan kiri.

https://ejakata.com/wp-content/uploads/2020/01/Fold-Clothes-for-Travel-Step-12.360p.mp4

Lanjutkan dengan kemeja dan kaos oblong. Letakkan selang-seling posisinya menghadap ke atas dan bawah. Setelah itu tambahkan celana panjang atau kolor bergantian posisinya kiri dan kanan. Tumpukan terakhir adalah sweater dan pakaian rajut. Letakkan selang-seling ke atas dan bawah.

Setelah semua tersusun rapi, taruh tas organizer di bagian paling atas. Kemudian bungkus tumpukan pakaian tadi dengan cara melipatnya menjadi dua bagian. Masukkan buntalan ini ke dalam koper dan amankan dengan tali kopermu.

Kekurangan dari metode ini adalah kamu harus membongkar semua buntalan untuk mengambil pakaian yang ingin kamu gunakan. Oleh karena itu, sebaiknya segera gantungkan pakaianmu setelah tiba di tempat tujuan.

Cara mengepak sepatu saat travelling

Selain untuk me-refresh pikiran, travelling juga bisa dimanfaatkan untuk berburu foto berlatar belakang pemandangan yang indah. Kamu tentu ingin tampil trendi ketika berfoto kan? Nah, ini dia tips untuk mengepak sepatu buat kamu yang ingin bepergian.

Gunakan tas atau kantong sepatu

https://ejakata.com/wp-content/uploads/2020/01/Fold-Clothes-for-Travel-Step-15.360p.mp4

Cara pertama adalah dengan memasukkan sepatu ke dalam koper atau tas. Sebelumnya bungkus sepatu menggunakan tas atau kantong sepatu supaya tidak mengotori pakaianmu. Untuk menghemat tempat, kamu bisa menyelipkan kaos kaki ke dalam sepatu. Mudah kan?

Gantungkan sepatu pada tali tas

https://ejakata.com/wp-content/uploads/2020/01/Fold-Clothes-for-Travel-Step-17.360p.mp4

Cara memang terlihat sedikit merepotkan, tapi akan sangat cocok untuk kamu yang bepergian menggunakan tas ransel atau backpack mengingat tempatnya yang lebih terbatas dibandingkan koper. Kamu bisa menggantungnya pada tali tas. Pastikan sepatumu sudah terikat kuat, supaya tidak mudah jatuh ketika kamu berpindah-pindah lokasi.

Tips packing efisien untuk para traveller

phinemo.com

Berkemas atau packing adalah salah satu hal yang dianggap merepotkan dan cukup menyita waktu ketika akan bepergian. Untuk orang yang tidak terbiasa bepergian akan lebih terasa merepotkan, karena biasanya menganggap semua barang penting untuk di bawa. Hasilnya barang bawaan menjadi over dan malah merepotkan selama di perjalanan.

Berikut ini tips packing atau berkemas yang bisa kamu lakukan supaya kamu tetap nyaman selama perjalanan.

  • Buat daftar
    Langkah pertama yang sebaiknya kamu lakukan sebelum mulai packing adalah membuat daftar keperluanmu. Dengan membuat daftar kamu bisa mensortir barang apa saja yang penting dan tidak penting untuk dibawa.
    Dalam membuat daftar barang bawaan, tentukan skala prioritas dari barang tersebut. Hindari membawa barang yang kurang dibutuhkan atau mudah ditemukan di tempat tujuanmu.
  • Kategorikan barang bawaanmu
    Setelah menyusun daftar barang yang akan kamu bawa, kategorikan barang-barang tersebut sesuai dengan kegunaannya. Misalnya, pakaian, alat mandi, barang elektronik, dokumen, dan lain-lain.
    Kemudian masukkan barang tersebut ke dalam tas organizer atau kantong sesuai dengan kategorinya. Sehingga kamu akan dengan mudah mencari barang yang kamu butuhkan karena sudah terkumpul dalam satu tempat. Hal ini juga menghindari tercecernya barang-barang kecil, seperti adaptor charger.
  • Susun barang seefisien mungkin
    Menyusun barang seefisien mungkin adalah dengan cara mengurutkannya sesuai skala prioritas. Misalnya, kamu bisa menaruh baju bepergian di bagian bawah karena baru akan digunakan ketika sudah sampai lokasi. Berbeda halnya dengan kamera atau tisu yang bisa kamu butuhkan kapan saja.
    Ada baiknya kamu juga memilih ransel dengan banyak kantong. Hal ini untuk memudahkanmu memisahkan dan mengambil barang-barang yang sekiranya akan sering kamu butuhkan di perjalanan.
  • Gunakan tas kecil untuk barang penting
    Penting sekali bagi seorang traveller untuk membawa tas kecil kemana pun saat ia pergi berlibur. Tas kecil ini berfungsi untuk menyimpan barang-barang penting yang harus selalu kamu bawa, seperti handphone, dompet, atau passport. Kamu bisa dengan mudah mengambilnya sewaktu-waktu.
    Selain itu, kamu juga tidak perlu repot-repot membawa semua barang bawaanmu ketika berwisata. cukup bawa tas kecil dan tinggalkan ransel besarmu di penginapan.
  • Sediakan kantung plastik dan karet gelang
    Membawa kantung plastik dan karet gelang memang terdengar sangat sepele. Tapi ini bisa sangat berguna dalam situasi tertentu.
    Kamu bisa menggunakan plastik untuk membungkus kamera dan handphone saat hujan turun. Atau merapihkan kabel charger dengan karet gelang supaya tidak berantakan di dalam ransel.
  • Bawa barang multifungsi
    Membawa barang multifungsi akan meringkas barang bawaanmu. misalnya, kalau kamu merasa sudah cukup dengan kamera handphone, maka kamu tidak perlu membawa kamera lainnya.
  • Simpan uang cadangan di bagian yang mudah dijangkau
    Sebaiknya hindari membawa uang dalam satu tempat. Jadi, ketika kamu mengalami kejadian buruk kamu tidak akan kehilangan semua uangmu.
    Meskipun saat ini sudah banyak penyedia jasa penyimpanan uang secara online. Kamu tetap perlu menyisihkan uang cash untuk berjaga-jaga.
  • Jangan penuhi ransel
    Biasanya barang bawaan saat pulang selalu lebih banyak dari saat berangkat entah karena belanja oleh-oleh atau hal lainnya. Dengan memberikan celah kosong dalam ransel atau koper, kamu masih bisa menambah barang bawaan ke dalamnya.
    Untuk mengakali supaya selalu tersisa ruang kosong, kamu bisa membawa versi mini dari barang yang kamu perlukan. Barang versi mini paling mudah yang bisa kamu bawa adalah peralatan mandi dan juga skincare. Sudah banyak produk semacam ini yang membuat versi travel pack nya.

Mungkin untuk sebagian orang skill melipat baju dan juga berkemas ini tidak begitu penting. Padahal kalau kamu bisa mengemas barang bawaanmu menjadi seringkas mungkin akan sangat memudahkan perjalananmu.

Cara melipat baju serta penempatan barang dengan efisien bisa membantu menghemat waktu dan juga tenagamu ketika hendak packing. Kamu cukup mencoba langkah-langkah yang sudah ada pada artikel ini. Selamat mencoba!

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu