Mulai dari UNO Sampai Jenga, Permainan yang Bisa Bikin Nongkrongmu Makin Seru. Lengkap dengan Tutorialnya!
bao truong on unsplash.com

Mulai dari UNO Sampai Jenga, Permainan yang Bisa Bikin Nongkrongmu Makin Seru. Lengkap dengan Tutorialnya!

Menghabiskan waktu malam minggu emang paling enak bareng sama temen-temen. Saat ini sudah banyak banget kafe yang menghadirkan suasana nyaman sebagai tempat nongkrong. Para pemiliki kafe tersebut juga mendesain interior kafe sedemikian rupa sehingga terlihat Instagrammable.

Nggak cuma itu, banyak di antara kafe tersebut yang juga memanjakan para pelanggannya dengan menyediakan wifi gratis dan aneka permainan. Dan pastinya bikin malam minggumu semakin seru.

Hal itu diharapkan mampu membuat para pelanggan betah berlama-lama di kafe mereka. Pokoknya cocok buat anak muda banget, deh.

Ada beberapa jenis permainan bagus yang bisa kamu lakukan ketika nongkrong bersama teman-temanmu di kafe sambil menghabiskan waktu malam minggumu. Nggak usah berlama-lama, simak list permainan berikut ini!

Bermain UNO, Wajib Buat Kalian yang Suka Nongkrong

cara bermain uno
simplemost

Bagi kalian yang sudah sering nongkrong pasti sudah nggak asing lagi dong dengan permainan yang satu ini. Iya, bener banget, permainan ini adalah UNO. Permainan yang melatih kesabaran, keuletan, dan juga strategi.

Biasanya dimainkan oleh 2-10 pemain, semakin banyak pemain maka semakin cepat kartu habis. Artinya, permainan juga semakin cepat berakhir.

Mungkin bagi sebagian orang yang baru pertama kali mendengar aturan permainan UNO terdengar cukup ribet. Padahal, UNO ini cara bermainnya mudah banget. Sekali mencoba kamu bisa ketagihan buat main lagi dan lagi karena emang seseru itu.

Cara bermain UNO

cara bermain uno
YouTube

Pada dasarnya dalam bermain UNO kita cuma perlu menyamakan angka atau warna dengan kartu yang terakhir dikeluarkan oleh pemain terakhir. Pemain yang pertama menghabiskan kartunya dianggap sebagai pemenang.

Jumlah kartu UNO ada 108 kartu yang terdiri dari 76 kartu biasa (warna dengan nomor 0-9) dan 32 kartu aksi. Ada 5 warna yang dimainkan, yaitu merah, hijau, kuning, dan hitam yang dipakai untuk kartu draw four.

  • Di awal permainan, setiap pemain akan mendapat 7 kartu secara acak, simpan sisanya di tengah meja. Ambil dan buka kartu teratas buat memulai permainan. Pemain yang mendapat giliran harus mengeluarkan kartu sesuai dengan warna, nomor, atau simbol yang sama kaya kartu yang terakhir dibuka.
  • Contohnya, kalau pemain sebelumnya mengeluarkan kartu warna merah nomor 7, maka pemain selanjutnya harus mengeluarkan kartu warna merah atau nomor 7. Boleh juga mengeluarkan lebih dari satu kartu, tapi harus dengan nomor yang sama, ya.

Kalau kamu punya kartu bebas (wild), kamu bisa mengeluarkannya kapan pun

  • Nah, kalau kamu nggak punya kartu dengan warna, nomor, atau simbol yang sama dengan kartu terakhir yang dikeluarkan, kamu harus ambil satu kartu dari tumpukan kartu yang tersisa tadi.
  • Di beberapa tempat, ada yang bilang kamu bisa langsung memainkan kartu yang baru saja kamu ambil kalau kartu itu punya salah satu aspek dari kartu yang sebelumnya. Tapi, ada juga yang melarangnya dan permainan dilanjutkan oleh pemain selanjutnya. Kamu dan teman-temanmu bisa menyepakati mau menggunakan aturan yang mana sebelum bermain.
  • Waktu seorang pemain cuma punya satu kartu ditangannya, maka ia harus bilang “UNO!”. Kalau terlambat, pemain lain boleh mengatakan “UNO!” dan dia harus dihukum dengan menambah kartu lagi dari tumpukan kartu.
  • Kalau dia berhasil bilang “UNO!”, maka dia harus mengikuti permainan sampai kartunya habis dan dia akan jadi pemenang.

Kartu aksi

cara bermain uno
Monkey Pickles

Semua kartu aksi kecuali kartu wild cuma bisa dikeluarkan kalau kartumu sama dengan warna kartu yang terbuka terakhir atau punya label yang sama. Misalnya, sebelumnya adalah kartu skip, maka kamu boleh mengeluarkan kartu skip-mu

  • Kartu +2 (draw two)
    o Kalau kartu ini dikeluarkan maka pemain selanjutnya harus mengeluarkan kartu yang sama atau mengambil dua kartu dan kelipatannya sesuai dengan jumlah +2 yang dikeluarkan.
  • Kartu +4 (wild draw four)
    o Bisa dibilang ini adalah rajanya kartu UNO. Kamu bisa mengeluarkan kartu ini kapan saja. Kartu ini juga bisa kamu gunakan untuk melawan kartu +2 dari pemain sebelumnya.
    o Setelah kartu ini dikeluarkan dan pemain selanjutnya nggak punya kartu yang sama, maka ia harus mengambil 4 kartu (atau lebih sesuai dengan jumlah kartu +4 yang dikeluarkan) sekaligus.
    o Bagi yang mengeluarkan, dia berhak memilih warna apa saja yang harus dikeluarkan oleh pemain selanjutnya.
  • Kartu reverse
    o Kartu ini berfungsi untuk merubah arah rotasi permainan. Misalnya, jika permainan dilakukan searah dengan jarum jam, maka setelah kartu ini dikeluarkan rotasi permainan akan berubah menjadi berlawanan arah dengan jarum jam.
    o Kalau pemainnya hanya ada 2 orang, maka permainan berjalan seperti biasa.
  • Kartu skip
    o Fungsi dari kartu ini adalah untuk melompati pemain berikutnya. Misalnya, kalau kamu mengeluarkan kartu skip, maka pemain setelahmu nggak boleh bermain untuk satu putaran dan dilompati ke pemain selanjutnya.
  • Kartu wild
    o Sama seperti kartu +4, kartu ini bisa dikeluarkan kapan saja. Bedanya, kartu ini hanya bisa digunakan untuk menentukan warna yang harus dikeluarkan oleh pemain selanjutnya.

Meriahkan Suasana dengan Bermain Uno Stacko

Permainan ini adalah jenis permainan yang cukup mengasah otak. Kamu ditantang untuk bisa menarik setiap balok tanpa merobohkan menara. Suasana nongkrong dijamin akan pecah ketika ada salah seorang temanmu yang gagal dan merobohkan menara.

Arti label

cara bermain uno stacko

Sebelum memulai permainan tentu kamu harus paham dulu dengan jenis-jenis balok yang digunakan dalam permainan uno stacko ini. Ada dua kategori label pada setiap balok, yaitu label angka dan juga perintah.

Reverse

Balok ini mempunyai fungsi memutar balik rotasi pemainyang akan menarik balok. Label dari balok ini adalah dua anak panah yang saling berlawanan arah.

Kalau rotasi permainan searah dengan jarum jam dan saat ada seorang pemain yang menarik balok ini, maka rotasi permainan akan berubah menjadi berlawanan arah jarum jam.

Wild

Balok berwarna ungu ini berfungsi untuk mengganti warna sesuai dengan keinginan pemain yang menariknya. Jadi, pemain selanjutnya harus menarik warna sesuai dengan permintaan pemain yang menarik balok ini.

Skip

Kalau ada pemain yang menarik balok skip ini, maka pemain selanjutnya nggak akan dapat giliran bermain dan langsung dilompati ke pemain selanjutnya.

Gambar dari balok ini adalah lingkaran dengan garis miring di bagian tengahnya, kaya rambu lalu lintas larangan.

Draw 2

Balok draw 2 memiliki gambar dua kartu, yang artinya kalau ada yang menarik balok ini maka pemain selanjutnya harus menarik dua balok.

Jika pemain pertama menarik balok berwarna hijau, maka pemain selanjutnya harus menarik dua balok. Balok pertama harus berwarna sama, tapi, boleh berbeda angka. Sedangkan balok kedua bebas namun harus sesuai dengan aturan permainan.

Kalau pemain pertama mengambil balok draw 2, kemudian pemain selanjutnya juga mengambil balok draw 2, maka pemain ketiga harus mengambil empat balok.

Angka

Kecuali balok wild yang berwarna ungu, skip, draw 2, dan reverse, setiap balok memiliki angka 1-4 sama kaya yang ada di uno card. Balok-balok ini punya warna yang berbeda-beda. Dari warna dan angka itulah yang akan menentukan langkah pemain selanjutnya.

Cara bermain

cara bermain uno stacko
tetuku.com

Sebenernya, untuk aturan permainan dari UNO Stacko nggak jauh beda dengan UNO Card. Langkah pertama adalah menyusun tiga balok UNO Stacko sampai jadi menara yang tersusun rapi.

Selanjutnya, aturan dasar dari permainan ini adalah pemain pertama bebas memilih balok mana yang mau dia tarik terlebih dulu.

Pemain kedua dan selanjutnya harus mengambil balok dengan warna atau label yang sama dengan pemain sebelumnya. Permainan berakhir kalau menara roboh dan pemain terakhir yang menarik balok dinyatakan kalah.

Eits, nggak semua balok bebas kamu tarik, ya. Hanya balok yang ada di posisi tengah ke bawah aja yang boleh kamu tarik. Balok di level 1-3 dari atas nggak boleh di ambil.

Ada beberapa peraturan nggak terikat yang berlaku untuk permainan ini. Misalnya, untuk pemain pemula boleh menarik balok dengan satu tangan dan diijinkan buat memperbaiki posisi menara kalau menaranya sudah mulai berantakan.

Ada juga aturan untuk pemain yang udah jago cuma boleh menggunakan dua jari buat narik balok tersebut dan nggak diperbolehkan memperbaiki posisi menara. Sekali menyentuh balok, maka dia harus menarik balok itu sampai terlepas dari menara dan nggak boleh mengganti dengan balok yang lain.

Peraturan ini bisa kamu tambahi sendiri, misalnya dilarang menyebutkan angka atau warna balok supaya suasana nongkrongmu semakin seru. Permainan ini emang cukup bikin heboh karena suara balok yang berjatuhan cukup nyaring.

Kamu Nggak Akan Jengah Kalau Main Jenga

cara bermain uno dan jenga
wikiHow

Sebenernya permainan jenga ini mirip dengan UNO Stacko. Yang membuat permainan ini berbeda adalah bentuk baloknya yang terbuat dari kayu dan nggak ada label warna, nomor, atau aksi.

Cara bermainnya pun lebih mudah karna hanya menarik satu balok tanpa membuat roboh menara. Setelah itu balok diletakkan kembali di atas menara. Seiring jalannya permainan, menara akan semakin tinggi sehingga mulai nggak stabil dan akhirnya runtuh.

Sama seperti UNO Stacko, para pemain Jenga dilarang untuk menarik balok yang ada di level 1-3 teratas menara. Untuk membuat suasana jadi semakin seru, kamu bisa membuat tambahan aturan opsional. Seperti menuliskan pertanyaan atau tantangan di setiap balok.

Bagi pemain yang menarik balok yang bertuliskan tantangan, maka dia harus melakukan tantangan itu. Begitu pun jika yang tertulis adalah pertanyaan, dia harus menjawab pertanyaan itu dengan jujur.

Bermain Menjaga Monyet Bergelantungan Lewat Tumbling Monkey

cara bermain uno dan tumbling monkey
UX Magiclans

Menjaga monyet? Iya, dalam permainan Tumbling Monkey tugasmu adalah menjaga para monyet supaya tetap bergantung di dahan pohon.

Permainan ini sangat menyenangkan buat kami mainkan di tempat nongkrong. Cara bermainnya pun sangat mudah. Kamu cukup menyusun ranting pohon lewat lubang-lubang yang ada di pohon. Setelah itu masukkan monyet-monyetnya lewat bagian atas pohon.

Setiap pemain harus melemparkan dadu terlebih dulu untuk menentukan warna apa yang harus ia tarik. Nah, di akhir permainan pemain dengan monyet paling banyak jatuh adalah pemain yang kalah. Kamu bisa menentukan hukumannya supaya permainan lebih seru lagi.

Bermain Pop-Up Pirate yang Bakal Bikin Kamu Kaget

cara bermain uno dan pop-up pirate
DHgate

Pop-Up Pirate adalah permainan yang bagus kamu mainkan dengan teman-temanmu. Permainan ini bakal bikin suasana nongkrongmu penuh dengan tawa. Hati-hati, permainan ini emang cukup bikin kaget.

Dalam permainan ini, ada seorang bajak laut yang terkurung di dalam gentong. Tugasmu adalah menyerang bajak laut tersebut dengan menggunakan pedang dan menusukkannya ke lubang-lubang yang sudah disediakan.

Ada satu lubang rahasia yang kalau ditekan dengan menggunakan pedang akan membuat bajak laut itu melompat keluar dari gentong. Seru banget, kan?

Nah, itu tadi beberapa jenis permainan seru yang bisa kamu mainkan dengan teman-temanmu di tempat nongkrong. Beberapa tempat nongkrong sudah menyediakan permainan tersebut, jadi kamu nggak perlu repot-repot membawanya dari rumah. Selamat mencoba!

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu