Cara Belanja di Lazada dan Tips Agar Tidak Kena Tipu

Cara Belanja di Lazada dan Tips Agar Tidak Kena Tipu

Di jaman yang semakin modern ini, ada banyak kemudahan yang bisa kita dapatkan dalam kehidupan. Ada banyak teknologi yang sudah berkembang pesat yang bisa kita manfaatkan, salah satunya ada di bidang jual-beli. Sekarang, siapa yang tak mengenal sistem jual-beli online yang ada di marketplace atau situs jual-beli online?

Marketplace adalah satu hal yang rasanya sudah tak asing lagi di telinga kita. Ada ribuan bahkan jutaan barang yang berputar untuk diperdagangkan di marketplace seperti Lazada. Situs jual-beli tersebut menawarkan cara belanja yang mudah dan efisien bagi para konsumennya.

Apa itu Lazada?

cara belanja di lazada
kodepromo.co.id


Lazada adalah situs belanja online terbesar di Asia Tenggara yang didirikan pada tahun 2012 dan merupakan bagian dari Lazada Group. Sampai tahun 2014, Lazada Group telah beroperasi di Singapura, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Filipina, dan Thailand. Kantor pusat Lazada berada di Singapura untuk mengontrol seluruh aktivitas dari setiap negara perwakilan.

Situs ini menawarkan konsumennya barang keluaran terbaru dengan harga yang lebih murah sebelum barang tersebut dipasarkan. Meski waktu pengiriman barang lebih lama dibanding situs online lainnya, namun, Lazada memberikan garansi atas barang tersebut dengan mengeceknya terlebih dahulu sebelum mengirimnya.

Tak hanya itu, Lazada juga memberikan berbagai macam fitur yang dapat memudahkan para pembelinya untuk melakukan pembelian. Salah satunya adalah fitur ‘bayar di tempat’ atau yang lebih dikenal dengan sebutan cash on delivery (COD). Layanan ini memungkinkan pembeli untuk membayar barang belanjaan ketika barang sampai ke tempat pengiriman.

Meski saat ini kegiatan berbelanja sudah lebih mudah dengan adanya situs jual-beli online seperti Lazada, namun, kenyataannya masih saja ada orang yang enggan untuk berbelanja online. Sebagian orang mengaku tidak mau beralih dari belanja offline adalah karena tidak tahu bagaimana cara melakukan belanja online. Namun, alasan yang paling banyak ditemui adalah ketakutan akan terkena modus penipuan yang memang marak terjadi di dunia jual-beli online.

Oleh karena itu, berikut ini adalah penjelasan mengenai cara belanja di Lazada dan juga tips supaya terhindar dari penipuan.

Cara belanja di Lazada

Masuk ke situs Lazada

Ada dua cara untuk bisa berbelanja di Lazada, yaitu dengan mengaksesnya melalui aplikasi yang ada di smartphone atau lewat laman resminya. Aplikasi Lazada bisa Anda unduh di playstore atau app store di smartphone Anda dengan mengetikkan ‘Lazada’ pada kolom pencairan kemudian klik download atau unduh. Sedangkan laman resmi Lazada bisa Anda akses melalui browser dengan memasukkan alamat domain Lazada.

Login atau daftar akun

Setelah berhasil mengakses situs Lazada, Anda akan berada pada halaman awal situs. Kemudian silahkan login menggunakan akun Lazada Anda. Jika Anda belum memiliki akun, Anda bisa mendaftar terlebih dulu atau memilih cara cepat dengan cara login melalui akun Facebook atau Google+ Anda.

Pilih barang yang ingin dibeli

Cara belanja di Lazada dan tips agar tidak kena tipu
lazada.co.id

Untuk memilih barang yang Anda inginkan bisa Anda lakukan dengan meletakkan mengetikkan langsung barangnya pada kolom pencarian. Kemudian klik barang yang ingin Anda beli. Untuk memudahkan dalam memilih barang, Anda bisa menggunakan filter yang akan menyaring barang sesuai dengan keinginan Anda, seperti harga atau rate barangnya.

Tambahkan barang ke troli

Cara belanja di Lazada dan tips agar tidak kena tipu
lazada.co.id

Proses selanjutnya adalah klik tambah ke troli setelah Anda selesai memilih dan memasukkan informasi pilihan warna, ukuran, serta kuantitas barang. Jika Anda tidak jadi memilih barang tersebut dan ingin mengganti dengan yang lain cukup klik tanda X.

Akhiri pembelian

Setelah mendapat barang yang diinginkan, klik Checkout / Buat Pesanan jika melalui aplikasi smartphone, sedang pada versi desktop klik Pembayaran.

Cara belanja di Lazada dan tips agar tidak kena tipu
lazada.co.id
Cara belanja di Lazada dan tips agar tidak kena tipu
lazada.co.id

Jika Anda memiliki voucher, masukkan kode voucher, kemudian klik Gunakan. Jangan lupa untuk memeriksa kembali rincian pesanan Anda, seperti alamat pengiriman, nomor telepon, jumlah produk, dan nilai total pesanan. Lalu, klik Buat Pesanan / Buat Pesanan Sekarang.

Cara belanja di Lazada dan tips agar tidak kena tipu
lazada.co.id
Cara belanja di Lazada dan tips agar tidak kena tipu
lazada.co.id

Proses pembayaran

Pada proses pembayaran Lazada telah memberikan beberapa pilihan, seperti ATM, internet banking, mobile banking, atau cabang. Pilih metode pembayaran Anda, lalu klik Bayar Sekarang. Proses pemesanan telah selesai.

Cara belanja di Lazada dan tips agar tidak kena tipu
lazada.co.id

Konfirmasi Pembayaran

Lazada akan memberikan konfirmasi pembayaran dan nomer pemesanansecara otomatis apabila Anda sudah melakukan pembayaran. Selanjutnya, produk/barang akan diproses selama 1-5 hari pengiriman.

Cara belanja di Lazada dan tips agar tidak kena tipu
lazada.co.id

Keuntungan Belanja di Lazada

Berbelanja online adalah sebuah kemudahan yang dapat kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan kita. Lazada memberikan berbagai keuntungan yang dapat kita nikmati jika berbelanja di Lazada, di antaranya:

  • Variasi produk yang beragam
    Meski terbilang baru sebagai marketplace, Lazada mampu memberikan varian produk yang beraneka ragam. Hampir semua barang populer dapat ditemukan di Lazada dengan jumlah yang banyak, sehingga pembeli tidak perlu takut kehabisan stok.
  • Terjamin originalitasnya
    Lazada sangat memperhatikan kualitas barang-barang yang mereka tawarkan kepada para konsumen. Oleh karena itu, Lazada mengklaim dan menjamin semua barang yang mereka tawarkan adalah barang asli. Untuk menjamin keasliannya, Lazada memesan langsung barang-barangnya dari pabrik atau dealer yang sudah terpercaya.
    Lazada sangat memperhatikan setiap hal yang menyangkut konsumen mereka dengan membuat lebel “100% perlindungan pembeli”.
  • Ada banyak diskon yang menggiurkan
    Diskon yang tidak tanggung-tanggung adalah hal yang sangat disukai oleh kaum hawa. Di Lazada, hampir semua produk yang mereka jual diberi potongan harga atau diskon mulai dari 7% hingga 75%. Diskon itu belum termasuk diskon saat ada hari-hari khusus, seperti Idul Fitri, Imlek, atau Natal.
  • Anda dapat berbelanja di mana pun dan kapan pun
    Kemudahan yang dapat Anda dapatkan adalah tak perlu membuang banyak waktu serta tenaga untuk berputar-putar mengelilingi tempat belanja. Karena Anda bisa berbelanja di mana pun dan kapan pun selagi ada akses internet.
  • Kemudahan dalam proses pembayaran
    Kalau berbelanja secara offline Anda harus berdiri dan mengantri untuk membayar belanjaan Anda, maka dengan berbelanja di Lazada Anda cukup melakukan pembayaran melalui ATM atau pembayaran online. Bahkan, pembayaran dapat dilakukan di tempat saat barang pesanan tiba.
  • Banyak ulasan barang dari pembeli lain
    Dengan adanya ulasan dari pembeli lain tentang barang yang ingin Anda beli, dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memastikan kualitas barang tersebut.

Cara belanja di Lazada yang aman dari penipuan

Banyaknya kejadian penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab di marketplace membuat banyak orang khawatir untuk melakukan pembelian. Padahal, hal semacam ini dapat dicegah supaya tidak terjadi pada kita. Langsung saja, berikut adalah beberapa tips agar terhindar dari penipuan.

Membeli produk yang disediakan oleh Lazada

Berbeda dengan e-commerce lain, Lazada tidak hanya memberikan ruang bagi para penjual saja, tapi pihak lazada sendiri juga ikut berjualan dan menyediakan barangnya. Walaupun, tidak semua barang disediakan oleh Lazada.

Dengan membeli barang yang disediakan Lazada Anda akan mendapatkan jaminan produk tersebut benar-benar ada dan sesuai. Selain itu, akan lebih mudah jika ada masalah terkait return barang.

Pilih bayar di tempat

Meski tidak berlaku untuk semua produk, tapi beberapa produk telah menyediakan pilihan pembayaran di tempat. Anda hanya perlu memilih pilihan Bayar di Tempat yang ada di filter Layanan.

Metode ini dapat membuat Anda merasa lebih nyaman karena Anda dapat memastikan barang sudah sampai dan sesuai dengan pesanan. Pilihan ini sangat cocok bagi Anda yang takut barang tidak sampai atau tidak sesuai harapan padahal sudah transfer.

Membeli dari official stores

Lazada sudah melakukan kerja sama dengan berbagai brand produk untuk membuka online store di Lazada. Di Lazada, Online store disebut sebagai official store. Dengan begitu Anda akan merasa aman karena barang yang dijual memang barang asli milik brand tersebut.

Cek rating dan performa toko

Jika ternyata barang yang ingin Anda beli tidak disediakan oleh Lazada atau tidak ada di official store nya, maka solusinya adalah membeli barang yang dijual oleh seller biasa. Ketika Anda ingin membeli barang melalui seller biasa, maka Anda wajib melihat performa dan rating tokonya. Ini penting dilakukan untuk mengetahui bahwa seller tersebut benar-benar memberikan pelayanan yang bagus.

Itu tadi pembahasan mengenai cara belanja di Lazada dan tips supaya tidak terkena penipuan yang bisa Anda manfaatkan. Semoga sedikit penjelasan tadi bisa bermanfaat bagi Anda dan juga bagi kami sendiri, tim penulis Ejakata.

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu