piknikdong.com

Cara Mudah Liburan Ala Backpacker Ke Bali Budget 700 Ribuan

Semua orang pasti setuju kalau Bali adalah salah satu destinasi wisata yang sangat menggoda untuk didatangi. Bali menawarkan berbagai macam tempat wisata menarik yang bisa kamu datangi untuk menghabiskan waktu liburmu.

Banyak orang berpikir kalau harus punya banyak uang dulu baru bisa menikmati liburan enak di Bali. Namun, tahukah kamu kalau ternyata bisa juga kok berlibur ke Bali walau dengan budget pas-pasan.

Ada berbagai alternatif destinasi yang bisa kamu kunjungi dengan harga miring. Liburan enak tidak melulu soal tidur di hotel mewah atau datang ke beach club yang bisa menghabiskan tabunganmu, kok. Kamu juga bisa membuat itenarary-mu sendiri dengan menyesuaikan budget yang kamu miliki.

Pilih Transportasi Darat Supaya Lebih Hemat

penginapan.net

Namanya juga liburan ber-budget tipis, kamu juga harus menyesuaikan anggaran liburanmu mulai dari awal, yaitu transportasi menuju ke bali. Untuk kamu yang tinggal di pulau Jawa, akan lebih hemat kalau kamu menggunakan transportasi darat seperti kereta atau bus.

Kalau kamu ingin pergi menggunakan transportasi udara, cobalah untuk mencari promo jauh-jauh hari. Biasanya beberapa maskapai menawarkan tiket promo dengan harga yang cukup murah, baik untuk tiket domestik atau internasional.

Untuk perjalanan darat, kamu bisa menggunakan kereta menuju stasiun Banyuwangi Baru dengan tarif sekitar Rp 100.000-250.000. kemudian dilanjutkan dengan menyebrangi laut menggunakan kapal fery ke pelabuhan Gilimanuk.

Harga tiket fery pun sangat murah, yakni hanya sekitar Rp7.500 saja. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan bus menuju Denpasar dengan biaya Rp40.000.

Pilih Akomodasi yang Nggak Bikin Kantong Jebol

liburankebali2013.blogspot.com

Buat kamu yang ingin liburan backpacker ke Bali, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uangmu adalah dengan mencari akomodasi yang murah meriah. Di Bali sudah banyak tempat menginap yang mematok harga murah untuk para backpacker, seperti di daerah Poppies Lane.

Poppies Lane adalah sebuah gang kecil yang sudah terkenal dengan night life-nya. Selain itu, Poppies Lane juga menjadi tujuan utama para backpacker atau budget traveler.

Di sana banyak penginapan di bawah Rp100.000 rupiah yang bisa kamu pilih sebagai tempat singgah selama di Bali. Karena harganya yang murah, tentu fasilitasnya akan berbeda dengan fasilitas yang ada di hotel. Tapi cara ini cukup efektif untuk menghemat budget liburanmu.

Kuliner Murah, Enak, Tapi Tetap Kenyang!

nativeindonesia.com

Mencari makanan enak dan murah di Bali mungkin cukup PR buatmu. Namun, masih ada kok beberapa warung yang menjual makanannya dengan harga bersahabat. Ada beberapa warung makan murah yang sudah cukup hits dikalangan backpacker, seperti Warung Indonesia yang ada di jl. Poppies 2, Kuta.

Selain di daerah Kuta, kamu juga bisa menikmati makanan ala kafe dengan harga yang sangat terjangkau di Luhtu Coffe, Sanur. Wisata kuliner lainnya yang bisa kamu coba adalah Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Sate Plecing Arjuna, dan Ayam Betutu Men Tempeh yang dijamin bakal enak dan aman di kantong!

Kalau kamu menginap di tempat yang menyediakan fasilitas dapur bersama, kamu bisa memanfaatkannya dengan memasak sendiri. Dengan begitu kamu bisa lebih menghemat pengeluaranmu.

Susun Itinerary Sebaik Mungkin

kincir.com

Bagi budget traveller alias backpacker dengan budget pas-pasan, itinerary adalah penting yang harus direncanakan supaya pengeluaranmu nggak menggembung. Sebagai destinasi wisata internasional, Bali memiliki banyak sekali tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Hal itu yang membuat Bali memang nggak bisa dijelajahi dalam satu kali kunjungan. Jadi, kamu nggak perlu memaksakan diri untuk mendatangi semua destinasi wisata sekaligus.

Untuk menentukan tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi, ada baiknya kamu membuat list tempat wisata terlebih dulu. Kamu bisa mengelompokkannya berdasarkan letaknya supaya mudah diakses.

Misalnya, kamu bisa mengunjungi wisata di Bali Selatan yang mempunyai tempat wisata terbanyak dengan jarak yang berdekatan. Kemudian kelompokkan kembali sesuai wilayahnya, mulai dari Sanur, lalu Kuta, dan berakhir di Uluwatu.

Menentukan waktu berkunjung juga cukup penting supaya kamu nggak merasa kecewa karena lokasi wisata yang terlalu ramai. Untuk menyiasatinya, kamu bisa berkunjung pada saat low season, dimana nggak terlalu banyak wisatawan yang datang.

Memastikan Keamanan Adalah Kunci Keselamatan

bpsguard.co.id

Tentu nggak ada orang yang mau terjadi hal-hal yang nggak diinginkan selama perjalanan liburan. Oleh karena itu, ada baiknya mencegah untuk menghindari hal tersebut. Kalau penginapanmu menyediakan savety box, kamu bisa memanfaatkannya untuk menyimpan barang-barang berharga yang nggak bisa selalu kamu bawa ketika bepergian.

Pastikan juga untuk membawa satu tas kecil untuk membawa barang berhargamu, seperti dompet, handphone, atau barang lainnya. Kamu bisa memilih tas dengan banyak kantong untuk mengecoh pencopet di tempat wisata yang ramai pengunjung.

Bagi kamu yang menggunakan transportasi online untuk perjalanan liburanmu, ada baiknya untuk selalu memerhatikan kendaraan yang akan kamu gunakan sebelum menaikinya.

Selalu waspada dengan gerak-gerik pengendara yang mencurigakan selama perjalanan. Hal ini penting untuk kamu lakukan mengingat banyaknya kejahatan transportasi online yang terjadi belakangan ini.

Oleh-Oleh Bali untuk Kerabat di Rumah

mytrip123.com

Setelah puas berkeliling Bali kamu bisa menyempatkan berbelanja buah tangan atau oleh-oleh untuk orang-orang terdekatmu. Untuk masalah budget ini sifatnya opsional yah, kamu bisa membelinya dengan sisa budget yang kamu miliki atau kamu sudah membuat pos tersendiri untuk pengeluaran oleh-oleh.

Ada banyak sekali jenis buah tangan yang bisa kamu pilih di Bali, mulai dari makanan, camilan, aksesoris, kaos, sampai souvenir. Buat kamu yang ingin membawa oleh-oleh khas Bali, ini dia beberapa rekomendasi oleh-oleh yang bisa kamu pilih.

  • Kaos Joger

Siapa yang nggak kenal dengan merek kaos satu ini? Kaos Joger memang sudah sangat identik sebagai salah satu pilihan oleh-oleh di Bali. Selain karena kekhasannya, kaos Joger bisa menjadi alternatif oleh-oleh untuk keluarga dan sahabatmu karena sifatnya yang tahan lama.

Nggak hanya kaos, Joger juga menawarkan berbagai macam aksesoris lainnya, seperti sandal, gantungan kunci, sampai souvenir khas Bali. Kamu bisa membelinya dengan membayar mulai dari 100 ribuan rupiah. Untuk mendapatkannya kamu cukup mendatangi outlet Joger di Jalan Raya Kuta dan Jalan Raya Denpasar-Bedugul KM 37,5.

  • Pie Susu

Kalau tujuanmu adalah berburu oleh-oleh khas Bali berupa makanan, maka salah satu pilihan menariknya adalah mencoba pie susu. Lezatnya pie berbentuk ceper yang diisi dengan fla susu creamy banyak ditemui di toko oleh-oleh di Bali.

Ada berbagai macam rasa dan merek pie susu, tapi yang paling terkenal adalah “Pie Susu Asli Enaaak” yang pusatnya ada di Jalan Nangka Selatan No.163, Denpasar. Sebaiknya kamu datang sejak pagi karena biasanya toko ini dipenuhi oleh para pemburu oleh-oleh.

  • Kacang Disco

Olahan kacang satu ini cukup banyak diminati oleh para wisatawan karena tahan lama. Kacang disco terbuat dari kacang tanah yang dibalut dengan tepung dan diberi bumbu, kemudian digoreng sampai kering. Sebungkus kacang disco dibanderol dengan harga mulai dari 25 ribuan.

  • Kopi Kintamani

Selain kaya akan keragaman kuliner, Bali juga dikenal sebagai penghasil minuman lokal berupa kopi bernama kopi kintamani. Kopi ini memiliki rasa unik yang berbeda dengan kopi lain pada umumnya. Cocok sekali menjadi oleh-oleh bagi kerabatmu yang pecinta kopi.

  • Kain dan Baju Bali

Selain kaos Joger, Bali juga terkenal memiliki pakaian khas yang biasa disebut dengan baju Bali. Kamu bisa menemukan baju ini banyak ditawarkan oleh para penjual oleh-oleh. Ciri khusus yang terlihat dari baju Bali adalah memiliki motif abstrak bergambar pantai atau barong serta berbahan dasar katun sehingga terasa sejuk saat dipakai.

  • Kerajinan Khas Bali

Kalau kamu lebih suka memberikan oleh-oleh barang, kerajinan khas Bali akan menjadi pilihan yang tepat untukmu. Karena Bali adalah punya segudang kerajinan yang pastinya diminati para wisatawan. Ada banyak sekali pilihan kerajinan yang bisa kamu pilih, mulai dari kerajinan tangan manik-manik, tas rotan, anyaman, sampai kerajinan perak.

Salah satu kerajinan perak yang sudah terkenal adalah kerajinan yang ada di Desa Celuk, desa penghasil kerajinan perak terbaik sejak tahun 1976 dan sudah terkenal sampai ke mancanegara. Kalau kamu nggak ada waktu untuk menyambangi Desa Celuk, kamu bisa mendapatkan kerajinan perak ini di pasar seni terbesar di Bali, seperti Pasar Wukawati atau kasawasan Nusa Dua.

  • Bali Home Spa

Ingin merasakan nuansa Bali tanpa harus pergi ke Bali? Kamu bisa membeli varian home spa Bali, seperti body bitter, scrub, body mist, dan juga shampo. Selain bisa menghemat uang untuk perawatan, kamu juga bisa mengenang kembali saat-saat liburan asyikmu di Bali. Memberikan varian home spa seperti ini juga akan sangat bermanfaat bagi sahabatmu.

  • Sarung Bali

Ada satu lagi rekomendasi oleh-oleh yang nggak boleh kamu lupakan, sarung Bali. Walaupun namanya sarung, tapi bentuknya berbeda dengan sarung seperti yang kita kenal, lho.

Sarung Bali adalah lembaran kain berbahan katun dengan motif khas Bali yang dililitkan mengelilingi pinggang. Sarung ini banyak ditemui di sekitaran pantai, makanya banyak juga yang menyebut sarung Bali ini dengan kain pantai.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai tips jalan-jalan murah alias backpacker di Bali. Buat kamu yang ingin menikmati liburan singkat tapi tetap mengasyikkan, nggak perlu kok pesan hotel mahal atau makan di restoran mewah.

Kamu bisa menikmati liburan seru sesuai dengan budget liburan yang sudah kamu rancang sebelumnya. Karena Bali adalah tempat menyenangkan untuk semua kalangan. Selamat berlibur!

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu