15+ Istilah yang Harus Diketahui Oleh Pecinta Drama Korea

15+ Istilah yang Harus Diketahui Oleh Pecinta Drama Korea

Sejak awal tahun 2000-an, produk-produk Korea mulai mengambil hati masyarakat Indonesia, terutama di kalangan anak muda. Salah satu di antaranya adalah drama Korea (Kdrama) dan lagu Korea (Kpop). Munculnya produk-produk tersebut disebut juga dengan fenomena Hallyu Wave.

Hallyu Wave adalah istilah yang diberikan untuk fenomena tersebarnya budaya pop Korea secara global di berbagai belahan dunia. Umumnya, efek dari Hallyu Wave adalah munculnya keinginan orang-orang untuk mempelajari bahasa dan kebudayaan Korea.

Buat kamu pecinta drama Korea pasti sedikit banyak tertarik untuk mempelajari bahasa Korea karena sering memperhatikan beberapa ungkapan yang sering muncul dalam dialog para pemainnya. Beberapa orang bahkan sampai terbawa dalam kehidupan sehari-hari menggunakan isitilah-isitilah tersebut.

Pertanyaannya, gimana dengan teman-temanmu yang nggak memahami arti kata-kata yang kamu ucapkan itu? Jangan sampai membuat mereka kebingungan dengan istilah asing yang nggak mereka pahami.

Kamu bisa membantu mereka belajar dengan merekomendasikan artikel ini. Ejakata akan membantunya memahami arti istilah Korea yang sering muncul di drama Korea seperti, saranghaeyo, bogoshipo, dan masih banyak lagi.

Isitilah untuk memanggil orang lain

istilah drama korea
Soompi

Kalau di Indonesia kamu mengenal istilah kakak, bibi, dan sayang untuk memanggil orang lain, di Korea juga ada istilahnya masing-masing. Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan panggilan-panggilan seperti oppa dan eonni yang biasanya sering terdengar di drama-drama Korea.

Di Korea, sopan santun dengan orang lain sangatlah diutamakan. Jadi, jangan sampai kamu salah panggil, ya. Simak istilahnya di bawah ini supaya kamu nggak salah menyebutkan.

Dongsaeng

Ini adalah sebutan untuk orang yang lebih muda, dalam bahasa Indonesia artinya adalah adik.

Noona dan eonni

Panggilan noona mempunyai arti kakak yang digunakan seorang laki-laki untuk menyebut perempuan yang lebih tua. Sedangkan eonni adalah sebutan yang digunakan oleh perempuan untuk perempuan yang lebih tua.

Hyung dan oppa

Hyung adalah sebutan untuk kakak laki-laki yang digunakan oleh laki-laki. Sementara oppa adalah sebutan untuk kakak laki-laki yang digunakan oleh perempuan. Oppa juga bisa digunakan untuk memanggil laki-laki yang disayangi atau pacar.

Chakia

Selain memanggil orang yang disayang dengan panggilan oppa, bisa juga memanggilnya dengan sebutan chakia yang artinya adalah sayang.

Sunbae

Sebutan sunbae ini digunakan untuk memanggil senior, sedangkan untuk junior di Korea disebut dengan hoobae. Memanggil sunbae nggak selalu terikat dengan umur. meski usianya lebih muda, tapi kalau seseorang lebih dulu masuk di suatu bidang maka dia tetap bisa disebut sebagai sunbae.

Jadi, bisa dibilang panggilan sunbae ini sesuai dengan pengalaman yang dimiliki. Menurut budaya Korea, senioritas adalah hal yang sangat penting. Mereka benar-benar menghormati orang yang lebih senior.

Hal ini banyak terjadi di bidang Kpop. Sering kita temukan salah satu member di grup A lebih muda dari pada salah satu member dari grup B. Tapi ia tetap harus menyebut member grup A itu sunbae karena sudah debut lebih dulu. Begitulah sopan santun di Korea.

Ahjumma

Sebutan Ahjumma kalau di Indonesia bisa diartikan sebagai bibi. Panggilan ini ditujukan untuk perempuan yang jauh lebih tua. Jadi, jangan sampai kamu memanggil perempuan yang sedikit lebih tua darimu dengan sebutan Ahjumma, ya!

Ahjussi

Seperti halnya ahjumma, sebutan ahjussi ini digunakan untuk memanggil laki-laki yang jauh lebih tua. Bisa diartikan juga sebagai paman. tapi jangan salah, ada banyak aktor-aktor ahjussi rasa oppa yang masih aktif bermain drama, lho.

Istilah untuk mengungkapkan perasaaan

istilah drama korea
pinterest

Sebagai pecinta drama Korea, kamu pasti udah paham maksud dari ungkapan-ungkapan perasaannya walau pun tanpa terjemah. Dari pada sekedar menebak-nebak, simak arti dari ungkapan tersebut biar kamu bisa lebih menghayati adegan dalam drama yang kamu tonton.

Saranghae

Ungkapan yang satu ini adalah ungkapan yang paling sering muncul dalam drama Korea. Saranghae dikatakan saat pemeran laki-laki mengungkapkan rasa cintanya pada pemeran wanita. Sudah bisa menebak artinya? Ya, saranghae mempunyai arti “aku mencintaimu”.

finger heart drama korea jimin bts
tenor

Untuk membalas ungkapan ini bisa dengan mengatakan “na doe saranghae” yang artinya “aku juga mencintaimu”. Selain dengan ucapan, juga bisa dengan melakukan finger heart. Yaitu gerakan menyilangkan jari telunjuk dan jempol sampai terlihat seperti bentuk hati.

Bogoshipo

Kamu bisa mengatakan bogoshipo kalau lagi kangen dengan seseorang. Karena kata bogoshipo mempunyai arti “aku merindukanmu”. Wah…pasti kamu seneng banget deh kalau ada yang bilang gitu.

Naman mido

Pernah lihat adegan dimana para pemeran drama sedang menghadapi masalah dan merasa ragu untuk mengambil keputusan? Nah, biasanya pemeran laki-laki akan berkata “naman mido” yang artinya “percaya padaku” pada pemeran wanitanya.

Naega ittjanha

Kalimat ini digunakan ketika ingin membuat orang lain merasa tenang. Naega ittjanha artinya adalah “aku bersamamu”. Kalimat ini juga sering sekali dikatakan dalam drama korea, kadang diikuti dengan kalimat “jikyojulke” yang artinya “aku akan melindungimu”. Di drama apa kamu pernah mendengar kalimat ini?

Aigoo/omo

Omo dan aigoo sebenarnya mempunyai arti yang sama. Arti kata omo dan aigoo sama dengan ungkapan “oh my god” atau dalam bahasa Indonesia bisa juga dengan “ya ampun”.

Biasanya kata aigoo diucapkan untuk mengungkapkan ekspresi frustasi. Sedangkan kata omo digunakan untuk mengungkapkan rasa kaget atau speechless.

Daebak

Isitilah daebak biasa digunakan untuk menunjukkan rasa kagum, takjum, dan spontan. Isitilah ini bisa juga digunakan untuk pujian dengan penekanan. Misalnya, “daebak! Penampilannya sangat mengagumkan.” Artinya, ia benar-benar kagum dengan penampilan orang yang dilihatnya.

Jinjja

Selain omo, isitilah lain yang bisa digunakan untuk mengungkapkan rasa kaget adalah jinjja. Istilah jinjja punya arti yang sama dengan istilah “really? Seriously?”. Biasanya digunakan untuk memastikan sesuatu yang benar terjadi atau tidak.

Hwaiting

Istilah hwaiting sebenarnya adalah kata serapan dari “fighting” yang berasal dari bahasa Inggris. Tapi karena pelafal hurufnya ‘f’ nya nggak begitu jelas, akhirnya orang Korea lebih senang menyebutnya dengan hwaiting. Istilah ini dipakai untuk memberikan dukungan atau semangat.

Mianhae

Istilah satu ini juga pasti sering kamu dengar di drama Korea. Dalam bahasa Indonesia mianhae mempunyai arti maaf. Kalau kamu benar-benar ingin meminta maaf dan menunjukkan rasa penyesalan kamu bisa mengatakan “jeongmal mianhae” yang artinya “aku benar-benar minta maaf”.

Setelah membaca istilah-istilah sudah nggak bikin temanmu penasaran lagi kan dengan artinya? Sekarang dia nggak perlu sekedar menebak-nebak artinya. Jadi, dia bisa ikut nimbrung kalau kamu dan teman-temanmu yang asyik ngobrol drama Korea dengan menggunakan salah satu istilah Korea.

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu