Menariknya Bisnis Endorse yang Bisa Bikin Kaya Mendadak. Simak Cara Mudahnya!
jj-ying

Menariknya Bisnis Endorse yang Bisa Bikin Kaya Mendadak. Simak Cara Mudahnya!

Seiring dengan masifnya penggunaan internet, minat masyarakat dalam hal jual beli pun mulai bergeser. Masyarakat kini lebih suka berbelanja secara online di situs e-commerce atau sistem jual beli online untuk menghemat waktu dan tenaga.

Salah satu cara untuk memasarkan produk adalah dengan melakukan endorsement. Beberapa tahun ini kata endorse memang menjadi pembahasan banyak orang karena terbukti mampu menaikkan jumlah pembelian sebuah produk. Tapi, apa sih sebenarnya endorse itu?

Pengertian endorse

Arti kata endorse

Kata endorse berasal dari bahasa Inggris, endorsement yang artinya adalah sebuah tindakan mendukung (support) atau menyetujui sesuatu. Tapi, dalam dunia bisnis online, endorse merujuk pada aktivitas promosi yang dilakukan oleh online shop (olshop) untuk menarik minat konsumen.

Biasanya para seller memilih untuk melakukan endorse pada orang yang memiliki pengaruh besar, seperti selebritis atau artis dengan sejumlah imbalan tergantung kesepakatan. Endorse dilakukan melalui postingan foto atau video dengan mengenalkan dan mempromosikan barang tersebut.

Di indonesia, istilah endorse muncul setelah banyak masyarakat yang menggunakan media sosial Instagram. Kebanyakan endorse dilakukan melalui platform Instagram karena banyak diakses oleh masyarakat dari semua kalangan.

Endorse menjadi sangat booming karena memang sudah banyak dibuktikan oleh para seller dalam mempromosikan produknya. Produk atau jasa yang dipromosikan oleh seorang artis atau selebgram akan laris manis diserbu pengikut atau fans mereka.

Meski seorang seller harus rela merogoh kocek yang nggak sedikit untuk biaya promosi ini, namun mereka merasa endorse adalah salah satu startegi pemasaran yang cukup ampuh. Dengan begitu baik seller maupun selebgramnya merasa diuntungkan.

Siapa itu selebgram?

Arti kata endorse
starngage.com

Di atas sudah disebutkan soal selebgram, tapi, sebenarnya siapa sih selebgram itu? Selebgram adalah kependekan dari selebriti instagram. Menjadi selebgram nggak melulu harus menjadi artis terlebih dulu.

Pada dasarnya setiap orang bisa menjadi selebgram asal punya tekad dan kemauan. Karena nggak ada aturan khusus untuk menjadi seorang selebgram.

Untuk menjadi selebgram dan menghasilkan pundi-pundi uang lewat endorsement, seseorang hanya membutuhkan akun instagram yang cukup terkenal dengan follower yang banyak.

Nggak ada batasan minimal follower atau pengikut yang harus dimiliki. Tapi, semakin banyak follower maka jangkauan endorse dan imbalannya akan semakin besar.

Selain itu, untuk melakukan endorse akun selebgram tersebut juga harus mempunyai interaksi yang tinggi dengan followernya. Maksudnya, follower dari akun tersebut bukanlah follower palsu alias akun asli yang aktif.

Jadi, kalau kamu punya akun instagram dengan follower banyak dan tingkat interaksi yang tinggi, maka kamu pun bisa dengan mudah mendapatkan tawaran endorsement walaupun bukan berasal dari kalangan artis.

Cara supaya mendapat tawaran endorse di Instagram

Arti kata endorse
Georgia de lotz

Belakangan ini selebgram sudah banyak dikategorikan sebagai jenis pekerjaan baru. Bisa dibilang profesi ini memang cukup menjanjikan, karna bisa meraih banyak keuntungan tanpa modal yang besar.

Penghasilan yang didapat seorang selebgram dari endorse memang sangat menggiurkan. Cukup memposting brand atau olshop yang ia promosikan ke akun instagram pribadinya.

Kalau tertarik dengan bisnis endorsement ini, perhatikan hal-hal berikut ini supaya ada olshop yang menawarimu endorse.

Jumlah follower

Gimana pun juga, jumlah follower adalah tolak ukur yang dilihat oleh olshop untuk mempromosikan produk mereka. Tujuan mereka meng-endorse adalah supaya produk mereka bisa dikenal dan diminati banyak orang.

Jadi, semakin banyak follower artinya akunmu disukai oleh banyak orang dan itu bisa berdampak baik untuk produk atau olshop yang dipromosikan.

Interaksi dengan follower

Seberapa engage-nya kamu dengan follower merupakan faktor lain yang akan diperhitungkan. Seorang selebgram yang mempunyai ikatan kuat dengan followernya akan dipandang memiliki pengaruh, baik perkataan maupun tindakan kesehariannya. Pengaruh itulah yang ingin didapatkan olshop untuk mempromosikan brand mereka.

Membangun interaksi dengan follower nggak harus dengan cara yang sulit, kok. Kamu bisa memulainya dengan cara sederhana, seperti membalas komentar, sering menyapa lewat vitur Instastory, atau mengadakan kegiatan bersama.

Memperhatikan setiap postingan

Postingan yang kamu upload juga sebaiknya diperhatikan, jadi, nggak asal-asalan dalam memilih foto atau video yang ingin ditampilkan. Kamu nggak perlu menggunakan peralatan kamera mahal untuk membuat feed Instagram-mu terlihat bagus. Sudah banyak aplikasi edit foto yang bisa kamu gunakan gratis, sehingga konten yang kamu hasilkan bisa terlihat lebih menarik.

Posting berkala

Selain kualitas konten, yang nggak kalah penting adalah memposting konten secara berkala. Hal ini penting untuk dilakukan supaya follower-mu nggak lupa dengan akunmu. Rajin memposting foto atau video juga akan menambah awareness mereka tentang jati dirimu. Dari situlah kamu bisa membranding dirimu sebagai seorang selebgram.

Keuntungan menjadi selebgram

Menjadi selebgram memang sebuah peluang yang besar untuk menambah pundi-pundi kekayaan. Siapa sih, orang yang bisa menolak kalau kerjaannya tinggal upload foto sambil promosiin olshop. Selain dapat barangnya, pastinya juga mendapat bayaran. Menggiurkan banget kan?

Bisa dibilang penghasilan terbesar yang diperoleh seorang selebgram berasal dari banyaknya tawaran endorse yang masuk. Oleh karena itu, banyak orang berbondong-bondong ingin menjadikan selebgram sebagai pekerjaan utama mereka. Berikut ini adalah keuntungan yang bisa didapat dengan menjadi seorang selebgram.

Mendapat tawaran endorse

Endorse adalah salah satu hal yang amat erat kaitannya dengan selebgram yang sepertinya nggak dapat dipisahkan. Karena popularitas yang dimilikinya, maka jangan heran kalau para selebgram ini menjadi incaran banyak online shop untuk memasarkan produk mereka.

Selebgram mematok harga yang bervariasi untuk dapat endorse di akun mereka. Harganya mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah, tergantung sebarapa besar popularitas dan pengaruh mereka.

Memperluas lingkaran sosial

Dengan popularitas yang dimilikinya, seorang selebgram bisa memperluas lingkaran pergaulan mereka. Semakin luas pergaulan, maka kemungkinan untuk mendapat tawaran-tawaran kolaborasi atau pekerjaan akan semakin banyak.

Dengan memperluas jaringan, ia akan mudah mengembangkan corong-corong bisnisnya di luar profesinya sebagai selebgram. Hal ini tentu menjadi nilai plus tersendiri baginya.

Bisa mengikuti event ekslusif

Menjadi seorang selebgram dengan popularitas tinggi juga akan banyak diundang ke acara-acara khusus. Beberapa di antaranya bahkan hanya bisa dihadiri oleh orang-orang tertentu. Artinya, setelah menjadi selebgram terkenal ia akan dipandang dan lebih diperhitungkan lagi.

Peluang memulai bisnis sendiri

Dengan memanfaatkan ketenarannya, mudah saja bagi seorang selebgram kalau mau membuat bisnisnya sendiri. Melalui lingkaran sosial dan branding diri yang kuat ia akan mudah mengenalkan produk atau jasa yang dimilikinya.

Masyarakat nggak akan ragu dengan produk yang ia miliki melihat track record-nya selama menjadi selebgram. Dengan begitu, pundi-pundi uang akan terus masuk ke dalam kantongnya.

Memperoleh penghasilan

Dari semua keuntungan, meraih penghasilan tinggi adalah keuntungan yang diincar oleh seorang selebgram. Pada akhirnya usaha kerasnya menjadi seorang selebgram adalah untuk mendapatkan penghasilan.

Ia bisa mendapatkan penghasilan dari berbagai pintu, seperti endorse, menghadiri acara tv, dan juga bisnisnya sendiri. Kalau dalam satu hari ia bisa mendapatkan endorse dengan biaya minimal satu kali posting 50.000, maka tinggal dikalikan saja uang yang ia dapat. Itu baru dari endorsement, belum dari kegiatan lainnya. Menarik sekali, kan?

Selebgram Indonesia dengan harga endorse termahal

Mungkin beberapa dari kalian sudah ada yang berpikir untuk jadi selebgram, tapi bingung harus menjadi selebgram yang seperti apa. Intip beberapa akun selebgram berikut ini sebagai bahan pertimbangmu menjadi selebgram.

Ria Ricis

Arti kata endorse
instagram

Dengan kebiasaannya yang sering menampilkan tingkah lucu, banyak orang yang akhirnya menyukainya di instagram. Bermula dari video pendek yang rajin ia unggah di instagram kemudian merambah ke Youtube, kini Ria Ricis berubah menjadi selebgram hijabers dengan bayaran endorse yang cukup tinggi. Untuk satu kali posting di akun Instagramnya, Ria Ricis mematok harga mulai dari 5 jutaan.

Rachel Vennya

arti kata endorse
akurat.co

Namanya memang sudah nggak asing lagi di telinga. Kalau dulu ia terkenal karena hubungan percintaannya, kini ia dikenal sebagai keluarga selebgram yang banyak dicintai masyarakat bersama suami dan satu anaknya.

Meski sudah disibukkan dengan usaha rumah makannya, ia tetap menerima jasa untuk endorse di media sosialnya. Rachel mematok tarif di kisaran angka 5 jutaan untuk mempromosikan olshop di akunnya.

Awkarin

Arti kata endorse
instagram

Perempuan dengan nama asli Karin Novilda ini adalah pemilik akun @awkarin yang sudah memiliki 4,5 juta follower di Instagramnya. Ia termasuk selebgram yang cukup sukses dengan tarif endorse mencapai harga 4 jutaan untuk posting feed Instagram dan sekitar 800 ribuan untuk posting Instastory.

Nggak hanya itu, kini Awkarin sudah berhasil membuat manajemen artisnya sendiri, bernama A-Team. Manajeman A-Team menaungi para selebgram lain yang ingin bekerjasama dengannya.

Moonella

Arti kata endorse
Wanita Indonesia

Kata siapa selebgram itu harus orang dewasa? Banyak juga bayi atau balita yang bisa mencuri hati masyarakat di media sosial, contohnya adalah pemilik akun @babymoonella ini. Ia adalah balita yang mendadak jadi selebgram karena tingkahnya yang menggemaskan.

Karena usianya yang masih sangat muda, akun Instagram Moonella yang dikelola oleh orangtuanya ini lebih banyak mempromosikan produk untuk anak-anak. Biaya endorse-nya pun dipatok mulai harga 3,5 jutaan rupiah. Untuk balita sepertinya menggiurkan banget kan?

Muhammad Alvin Faiz

Arti kata endorse
akurat.co

Alvin adalah anak dari seorang ustadz yang sudah terkenal di Indonesia, ustadz Muhammad Arifin Ilham. Namanya mulai banyak dikenal oleh orang ketika ia menikah di usia yang sangat muda, yakni 17 tahun dengan wanita yang lebih tua dua tahun.

Apalagi setelah ia dikaruniai seorang anak laki-laki yang sangat menggemaskan, akun Instagramnya banyak di follow oleh masyarakat. Saat ini follower akun Alvin sudah mencapai 1,4 juta. Ia mematok biaya endorse melalui akunnya dengan harga 3,5 jutaan untuk sekali posting.

Alfy Saga

Arti kata endorse
video.com

Selebgram laki-laki yang juga sudah merasakan kesuksesan adalah Alfy Saga. Ia banyak membuat video parody di akun Instagram-nya dan mendapat respon positif dari masyarakat. Sejak saat itu ia mulai menerima tawaran endorse dengan menggunakan video, foto, maupun Instastory.

Karena membutuhkan usaha yang cukup keras, Alfy mematok harga endorse video sekitar 3 jutaan. Sedangkan untuk endorse foto sekitar 2 jutaan, dan untuk endorse Instastory seharga 500 ribuan.

Nah, itu tadi informasi seputar endorse dan juga selebgram. Mulai dari pengertiannya hingga cara supaya bisa mendapatkan tawaran endorse. Sepintas menjadi selebgram memang terlihat menyenangkan karena bisa mendapat barang gratis dan juga mendapat bayaran.

Tapi, semua itu tentu membutuhkan usaha yang nggak main-main. Kamu dituntut untuk selalu menampilkan yang terbaik di mata follower-mu. Yang jelas usaha nggak akan mengkhianati hasil, jadi, jangan takut untuk mencobanya, girls.

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu