Mulai dari COD Sampai PO, Istilah dalam Bisnis Online yang Wajib Kamu Tahu!
brooke lark - unsplash

Mulai dari COD Sampai PO, Istilah dalam Bisnis Online yang Wajib Kamu Tahu!

Majunya teknologi internet membawa dampak positif di bidang ekonomi. Salah satunya adalah mulai banyak bermunculan bisnis online yang dijalankan oleh masyarakat. Seiring dengan meningkatnya kegiatan bisnis online akhirnya banyak memunculkan istilah baru.

Di bawah ini adalah contoh istilah yang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online. Simak arti dari istilah dalam bisnis online berikut ini supaya kamu nggak cengo waktu berkomunikasi dengan penjual online.

Istilah dalam bisnis online

arti kata cod
campaign creators – unsplash

Beberapa istilah dalam bisnis online mungkin sudah sering kamu dengar saat sedang melakukan jual beli online. Tapi buat kamu yang masih belum tahu, jangan khawatir karena ejakata sudah merangkum arti dari kata-kata yang sering digunakan di dunia bisnis online.

Agan

Adalah panggilan yang biasa digunakan oleh sesama pelaku laki-laki bisnis online supaya terkesan lebih akrab. Sedangkan sebutan “Sis” digunakan untuk memanggil sesama perempuan.

KOS

Artinya adalah Kumpulan Online Shop. Maksudnya, dalam sebuah platform ada lebih dari tiga online shop yang berkumpul.

Nomer resi

Setelah barang yang kamu pesan selesai dikirim menggunakan jasa ekspedisi, maka pihak pengirim akan mendapatkan deretan nomor dari jasa ekspedisi itu. Nah, nomor tersebut menjelaskan bahwa barang pesananmu sudah terdaftar sebagai barang yang akan dikirim.

No Afgan

Istilah ini adalah gabungan dari bahasa Inggris dan juga nama penyanyi terkenal di Indonesia, yaitu Afgan yang dikenal dengan lagunya yang berjudul “Sadis”. Jadi, arti dari no Afgan adalah boleh menawar tapi jangan sadis-sadis amat.

No Rossa

Mirip dengan no Afgan, Rossa dipilih karena memiliki tembang berjudul “Tega”. Artinya, jangan tega banget deh menawar dengan harga yang terlalu rendah. Keterlaluan!

No minus

Biasanya istilah no minus digunakan untuk menjual barang bekas. No minus artinya adalah barang masih dalam kondisi bagus, tanpa cacat.

Freeong

Istilah freeong artinya adalah free ongkir alias gratis ongkos kirim. Ini adalah salah satu jurus jitu menarik minat pembeli yang susah sekali ditolak.

KW

Artinya adalah kualitas. Biasanya digunakan untuk menyebut barang yang punya kemiripan dengan barang aslinya. Angka setelah KW menunjukkan tingkat kemiripannya (bisa dari segi kualitas, fisik, atau bentuknya).

Semakin kecil angka berarti barang tersebut diklaim semakin mirip dengan barang aslinya. Tapi, ada juga yang menyebutnya dengan istilah “KW super” karena dianggap lebih baik dari kw biasa (kw 1,2,3 dst).

Refurbish

Artinya barang yang dijual adalah barang daur ulang. Maksudnya barang tersebut sudah rusak lalu diprokduksi lagi menjadi barang layak pakai. Sebelum membelinya sebaiknya kamu sudah memastikan bahwa kondisinya benar-benar baik untuk digunakan.

Rekber

Kata rekber adalah singkatan dari rekening bersama. Rekber adalah rekening yang bisa dipakai oleh penjual maupun pembeli untuk bertransaksi sebagai rekening pihak ketiga yang dipercaya.

Rekber dianggap lebih terpercaya sebab transaksi cenderung lebih aman karena uang nggak langsung masuk ke rekening penjual sebelum barang diterima dan dicek oleh pembeli.

Japri

Japri atau jalur pribadi adalah istilah untuk melanjutkan obrolan yang lebih privasi. Maksudnya, obrolan dilakukan hanya oleh dua orang, misalnya melalui email atau chat personal.

PM

Hampir sama dengan japri, PM adalah singkatan dari Private Message yang artinya komunikasi privat melalui fitur message inbox.

Dropship

Adalah sistem dimana seseorang bisa menjual kembali tanpa perlu mempunyai barang dagangan tersebut. Orang yang melakukan dropship disebut sebagai dropshipper.

Keuntungan menjadi dropshipper adalah bisa menjual barang tanpa terikat langsung dengan barang tersebut. Dropshipper nggak perlu ikut mengemas dan mengirim karena penjual pertama yang akan langsung mengirim atas nama dropshipper.

Reseller

Artinya adalah penjual kembali. Reseller hampir mirip dengan dropship, hanya saja reseller harus berurusan langsung dengan barang dagangannya. Artinya, seorang reseller ikut mengemas dan mengirim barang, serta menyediakan stok dagangan dari penjual pertama.

Seller

Dalam bahasa Inggris seller artinya adalah penjual. Sementara penjual yang terpercaya atau direkomendasikan untuk dibeli barangnya disebut dengan recsell atau recommended seller.

PO

Adalah singkatan dari Pre Order. Artinya, barang yang dijual belum tersedia stoknya, tapi bisa disediakan kalau ada yang memesannya. Kebalikan dari PO adalah ready stock, yaitu barang yang dijual ada stoknya dan nggak perlu PO.

Owner

Kata owner berasal dari bahasa Inggris yang artinya adalah pemilik. Dalam bisnis online, owner artinya adalah pemilik dari bisnis tersebut, bukan yang menjual kembali atau men-dropship nya.

Ori

Kalau ada yang mengatakan barang dagangannya ori, artinya barang yang ia jual adalah barang original alias asli. Tapi, tetap saja ada oknum yang berkata barangnya ori padahal nggak. Jadi, kamu harus tetap cermat dalam membelinya, ya.

BNIB

Adalah kependekan dari Brand New In Box. Artinya barang yang dijual masih baru dalam kotak dan belum dibuka packaging box nya. Barang BNIB menunjukkan masih aman tersegel, biasanya untuk jenis barang gadget atau sepatu sneakers.

DP

DP atau Down Payment artinya adalah uang muka yang harus dibayarkan pembeli di awal transaksi. Pembayar DP dilakukan sebagai penegasan bahwa barang yang dijual benar-benar akan dibeli oleh calon konsumen. Untuk besarannya, tergantung kesepakatan antara kedua belak pihak.

COD

Istilah COD adalah singkatan dari Cash on Delivery yang artinya pembayaran dilakukan secara tunai ketika barang sudah di antar kepada calon pembeli. Biasanya untuk melakukan COD penjual dan pembeli sudah ada kesepakatan harga dan tempat pertemuan.

PnP

Merupakan kependekan dari Plug and Play, artinya barang yang diperjualbelikan bisa langsung dipasang dan digunakan saat terjadinya transaksi.

Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya penipuan yang dilakukan oleh penjual nggak jujur yang biasanya menjual barang-barang di bawah standar.

TT

Tuker tambah atau kalau disingkat menjadi TT adalah melakukan transaksi dengan menukar suatu barang dan menambahkan kekurangan dari harga barang tersebut. Biasanya dilakukan oleh orang yang ingin meng-upgrade barang elektroniknya dengan kondisi yang lebih bagus.

Baca juga!

Istilah untuk pembeli yang bikin kesal

arti kata cod
mein deal – unsplash

Kalau kamu adalah seorang pemilik olshop, pasti sudah pernah merasakan pahit-manisnya menjadi seorang seller. Dari pengalaman kurang menyenangkan itu timbullah istilah tersendiri di kalangan pemilik olshop. Pernahkah kamu mengalami salah satunya?

BPJS

Kata BPJS adalah kependekan dari Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita. Biasanya disematkan untuk orang yang suka menawar barang dengan harga yang mahal dan asli.

Palkor

Istilah ini biasanya digunakan para pedagang karena kesal dengan pembelinya. Palkor adalah singkatan dari pala korengan. Sebuah sebutan untuk orang yang banyak tanya, seakan-akan setuju dengan harga yang ditawarkan. Namun, saat sudah deal malah nggak muncul atau susah dihubungi.

Pernando

Pernando di sini bukan nama pembeli yang ngeselin ya, tapi sebuah singkatan dari Persatuan Nanya Doang. Artinya, ia hanya bertanya dan ujung-ujungnya nggak jadi bertransaksi.

CLBK

Kalau kamu mengira CLBK di sini artinya Cinta Lama Bersemi Kembali, kamu salah. CLBK di dunia bisnis online adalah kependekan dari Chat Lama Beli Kagak. Nah, orang yang CLBK inilah yang termasuk dari golongan Pernando.

Bid and run

Sebenarnya istilah ini mirip dengan palkor dan CLBK. Bid and run artinya setelah menawar harga, nggak ada kabar lagi. Istilah lainnya adalah hit and run yang artinya setelah membeli, nggak ada kabar lagi.

Tuti

Ternyata nggak cuma penjual saja loh yang bisa mengalami pengalaman kurang menyenangkan. Salah satunya adalah ditipu oleh penjual olshop. Karena inilah akhirnya muncul istilah tuti yang artinya adalah tukang tipu.

Tuti banyak dilakukan oleh penjual ‘nakal’ yang ingin mengejar keuntungan sebanyak-banyaknya. Misalnya, dengan nggak jujur mendeskripsikan barangnya atau bahkan nggak mengirimkan barang pada pembeli setelah melakukan pembayaran.

Melakukan transaksi jual beli online memang mempunyai resiko tersendiri karena semua berlandaskan pada kepercayaan. Meski begitu, nyatanya bisnis online terus berkembang semakin pesat.

Oleh karena itu, mengetahui istilah-istilah yang sering digunakan dalam bisnis online akan membantumu lebih mudah dalam melakukan transaksi. Kamu nggak akan pusing dengan kata-kata yang digunakan para penjual online tersebut.

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu