20+ Istilah Kekinian yang Bisa Buat Modal Kamu Jadi Anak Gaul. Jangan Takut Dikatain Kuper!

20+ Istilah Kekinian yang Bisa Buat Modal Kamu Jadi Anak Gaul. Jangan Takut Dikatain Kuper!

Di Indonesia, orang-orang senang berkumpul sekedar untuk ngobrol ngalor-ngidul untuk mendapatkan kesenangan. Dari kebiasaan ini, banyak bermunculan istilah slang dalam Bahasa Indonesia.

Kalau kita lihat, perkembangan istilah slang atau yang lebih kita kenal dengan “bahasa gaul” ini paling cepat terjadi lewat media sosial, seperti instagram dan twitter. Hal ini bisa disebabkan oleh jumlah pengguna aktif internet di Indonesia yang sangat banyak, terutama pengguna usia muda.

Saking cepatnya istilah slang ini bermunculan, seringkali ada orang yang belum memahami artinya tapi sudah muncul kata-kata baru lainnya. Kebanyakan orang yang belum paham ini lebih senang mencari tahu di internet, alih-alih bertanya langsung pada si pengucap.

Umumnya mereka merasa malu kalau harus bertanya karena takut dianggap kurang gaul. Padahal, mengetahui bahasa gaul ini bukan indikator gaulnya seseorang loh, guys.

Tapi kalo kamu khawatir dianggap kuper, simak penjelasan di bawah ini tentang kata-kata gaul yang biasa digunakan anak muda jaman sekarang.

Istilah gaul dari bahasa Inggris

arti halu bahasa gaul
nick fewings-unsplash

Beberapa istilah slang yang banyak digunakan anak muda berasal dari bahasa Inggris. Entah itu serapan, singkatan, atau kata aslinya. Penggunaan istilah-istilah tersebut memang nggak ada aturan baku yang berkaitan dengan grammar, tapi nggak ada salahnya kamu mengetahui penggunaan istilah slang dari bahasa Inggris dalam bahasa gaul sehari-hari.

BRB

Kalau dulu ada yang mengenal BRB artinya “berabe”, sekarang anak muda lebih banyak memakai kata ini dengan artian lain. BRB adalah singkatan dari bahasa Inggris be right back yang artinya “akan segera kembali” atau dalam bahasa non-formalnya “sebentar ya”. Kamu bisa menggunakannya untuk meninggalkan percakapan sementara waktu.

BTW

Kamu pasti sudah sering banget mendengar kata ini. BTW diambil dari singkatan bahasa Inggris By The Way yang artinya “ngomong-ngomong”. Kamu bisa menyelipkan kata-kata ini di awal kalimat waktu lagi ngobrol dengan temanmu.

LOL

Kalau kamu melihat sesuatu yang lucu pasti akan mengatakan “LOL, lucu banget!”. LOL ini adalah singkatan dari Laughing Out Loud yang artinya “tertawa terbahak-bahak”. Biasanya LOL digunakan untuk mengekspresikan sesuatu yang lucu.

LDR

Ini adalah kata-kata yang cukup ditakuti oleh orang-orang yang sedang menjalin hubungan. LDR atau Long Distance Relationship artinya adalah “hubungan jarak jauh”. Artinya, mereka harus menjalankan hubungan dengan terpisahkan oleh jarak. Duh, sedih juga ya.

Bae

Siapa, sih cewek yang nggak senang dipanggil bae oleh pasangannya? Banyak yang mengira kalau bae ini adalah kependekan dari “babe” atau “baby”. Padahal, bae ini punya artinya sendiri, lho.

Bae ini masih singkatan dari bahasa Inggris Before Anyone Else yang artinya orang tersebut adalah orang yang sangat penting dalam hidupmu. Kata bae akhirnya banyak digunakan untuk memanggil orang yang disayangi, layaknya “sayang”.

CMIIW

CMIIW atau kependekan dari Correct Me If I’m Wrong artinya adalah meminta orang lain membenarkan informasi yang telah kita jelaskan kalau ada kesalahan.

IYKWIM

Membaca singkatan istilah yang satu ini memang cukup sulit, tapi maksudnya nggak sesulit itu, kok. Arti kata IYKWIM atau If You Know What I Mean adalah “kalau kamu tahu apa yang kumaksud”.

LFL

Buat kalian pengguna aktif sosial media terutama instagram pasti sudah nggak asing lagi dengan kata gaul yang satu ini. LFL atau Like For Like adalah kegiatan dua orang atau lebih yang sepakat untuk bertukar ‘like’ di media sosial mereka.

PaP

PaP adalah singkatan dari Post a Picture atau bisa juga Pick a Picture yang maksudnya adalah meminta seseorang untuk mengirimkan gambar ketika sedang chatting.

GWS

Istilah ini digunakan untuk mendoakan orang yang sedang sakit. GWS adalah kependekan dari Get Well Soon yang artinya adalah “Cepat Sembuh”. Kadang orang menggantinya dengan GWRS atau Get Well Really Soon untuk menekankan doanya.

Istilah gaul dalam game

arti halu bahasa gaul
TheVerge

Kata siapa gamers adalah orang yang kuper dan nggak mau gaul? Nyatanya, banyak juga pemain game yang akhirnya bisa bergaul lewat bermain game. Supaya kamu nggak ketinggalan, pelajari kata-kata gaul yang harus diketahui oleh gamers berikut ini.

Noob

Noob atau yang biasanya ditulis n00b ini adalah pelesetan dari newbie yang artinya pemain baru yang belum berpengalaman. Seiring dengan perkembangannya, noob sering digunakan untuk mengejek pemain yang payah dalam bermain game, seperti pemain baru yang nggak berpengalaman.

Leeroy Jenkins

Beberapa game yang membutuhkan strategi kuat biasanya dimainkan dalam bentuk tim. Nah, buat mereka yang bergerak tanpa mempertimbangkan strategi dan akhirnya malah mencelakakan timnya biasanya disebut dengan julukan Leeroy Jenkins atau biasa disingkat Leeroy.

Istilah ini berawal dari seorang pemain game World of Warcraft bernama Ben Schulz. Ia meneriakkan nama karakternya “Leeroy Jenkins!” sesaat sebelum masuk ke dalam ruang bawah tanah tanpa mempertimbangkan strategi dan akhirnya membuat semua anggota timnya tewas, termasuk dirinya.

Salty

Selain Leeroy, kata lain yang bisa dikatakan untuk mengekspresikan kekesalan adalah “salty”. Istilah ini biasanya digunakan sebagai ujaran kekesalan atas apa yang terjadi dalam game. Biasanya karena ada sesuatu yang berjalan nggak sesuai dengan rencana atau mengalami kekalahan.

Spam

Spam bisa diartikan sebagai sesuatu yang dilakukan berulang-ulang dan akhirnya terasa mengganggu. Dalam video game, spam artinya menggunakan jurus, gerakan, atau item berulang-ulang sehingga mengganggu pemain lain.

Savage

Sebenarnya savage adalah bahasa yang sering digunakan oleh para gamers, tapi, seiring berjalannya waktu banyak juga non-gamers yang ikut menggunakan istilah ini.

Savage sendiri artinya adalah nekat atau berani. Biasanya dikatakan pada pemain yang nekat bergerak padahal resiko kalahnya cukup besar.

Auto

Auto adalah kependekan dari automatis yang artinya langsung. Awalnya auto hanya digunakan oleh gamers saat sedang bermain, tapi akhirnya banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari seperti savage.

Contoh penggunaan auto, misalnya, “Kalau ada diskon di mall aku auto berangkat, deh.”

Toxic

Sebenarnya kata toxic mempunyai arti racun. Dalam video games, toxic player adalah sebuah ejekan untuk pemain yang nggak profesional saat bermain permainan tim dan akhirnya menjadi beban.

Belakangan toxic player juga punya arti pemain yang mengucapkan kata kasar dan kotor. Ia menjadi beban tim, tapi, malah menyalahkan orang lain bahkan sampai mengungkit kesalahannya atau mengejek SARA atau sesuatu yang semacamnya.

Dalam istilah gaul, banyak orang menyebut toxic untuk sesuatu yang dianggap sangat mengganggu bahkan merugikan hidup mereka.

Misalnya, toxic people untuk seseorang yang terus-terusan mengganggu dan menjadi beban temannya. Kalau kamu mempunyai teman toxic seperti itu, lebih baik cepat-cepat kamu tinggalkan supaya nggak merusak hidupmu.

Istilah gaul dari bahasa Indonesia

arti halu bahasa gaul
Tribun Pekanbaru

Orang Indonesia memang dikenal dengan kreativitasnya dalam menciptakan sesuatu yang nyeleneh. Kalau dipikir-pikir memang nggak ada habisnya ide untuk membuat hal-hal yang lucu bin ajaib.

Salah satunya adalah istilah slang yang sepertinya terus bermunculan dan nggak ada habisnya. Berikut ini rangkuman bahasa gaul yang banyak digunakan oleh anak muda Indonesia.

Takis

Istilah ini adalah kebalikan dari kata “sikat”. Biasanya digunakan untuk memberikan persetujuan pada seseorang.

Halu

Sejak pengguna media sosial di Indonesia meningkat pesat beberapa tahun terakhir, banyak bermunculan kata-kata slang baru. Salah satu istilah slang yang muncul adalah halu, kependekan dari halusinasi yang artinya berhayal.

Kata halu ini lebih tepatnya digunakan untuk mengejek orang lain. Biasanya digunakan untuk orang yang sering berandai-andai terlalu tinggi bahkan cenderung nggak masuk akal.

Bucin

Istilah bucin adalah kependekan dari budak cinta. Istilah ini ditujukan untuk orang yang selalu mementingkan urusan percintaannya.

Ia rela melakukan apa saja untuk orang yang dicintainya, layaknya seorang budak. Makanya, biasanya istilah ini sering digunakan untuk mengejek orang yang terlalu berlebihan mecintai seseorang.

Tapi nggak jarang bucin dikatak sebagai bentuk kata kerja. Misalnya, seorang fangirl yang ingin melakukan aktivitas fangirlingnya, maka ia bisa mengatakan, “Aku mau nge-bucin dulu, ya.”

Naif

Naif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti (1) sangat bersahaja; tidak banyak tingkah; lugu (karena muda dan kurang pengalaman); sederhana: (2) celaka; bodoh; tidak masuk akal.

Biasanya orang yang naif adalah dia yang lugu dan polos. Orang yang melihat kehidupan seperti jalan lurus tanpa kelokan.

Tuman

Istilah ini muncul setelah banyak meme yang menyelipkan kata tuman daalam kalimatnya. Sebenarnya, tuman berasal dari bahasa Jawa yang bisa diartikan sebagai kebiasaan atau terbiasa.

Mager

Siapa sih, di antara kita yang nggak pernah merasa mager? Hampir semua orang pasti pernah merasakannya. Mager adalah kependekan dari males gerak.

Wibu

Beberapa di antara kalian mungkin ada yang memiliki teman seorang wibu. Tapi, apa sih sebenernya arti wibu itu?

Wibu berasal dari bahasa Inggris ‘weeaboo‘ yang diubah ke dalam bahasa Indonesia menjadi wibu. Istilah wibu adalah sebutan bagi orang memiliki obsesi berlebihan terhadap kebudayaan Jepang dan berlaku seolah-olah mereka adalah orang Jepang dan hidup di sana.

Bedanya dengan otaku adalah otaku juga menyukai segala produk Jepang seperti anime atau manga, tapi tidak sampai ingin menjadi orang Jepang.

Itulah tadi kata-kata kekinian yang banyak digunakan oleh anak muda jaman now yang mungkin belum kamu tahu dan perlu kamu tahu supaya nggak dikatain kuper. Jadi, kira-kira istilah mana yang sering kamu pakai?

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu