6 Cara Menghilangkan Bad Mood
photo by salome watel on unsplash.com

6 Cara Menghilangkan Bad Mood

Katanya, life is never flat. Kalimat sederhana itu juga merupakan sebuah tag line produk kripik kentang yang banyak terjual di pasaran. Selayaknya tag line tersebut, kita sebagai manusia biasa akan selalu mengalami pasang surut dalam hidup. Seperti halnya kerikil yang selalu hadir dalam setiap perjalanan seseorang yang nggak dapat dihindari, masalah hadir untuk memberikan warna dalam hidup seseorang.

Namun, bagi seorang wanita sebuah masalah bisa dibilang sebagai sumber penghancur mood. Semakin besar masalah maka semakin lama pula mood mereka akan drop. Pernah dengar istilah ‘lagi nggak mood‘ yang sering digunakan para wanita untuk menarik diri dari lingkungannya?

Berdasarkan pengalaman, kalimat tersebut bisa diartikan sebagai ‘jangan ganggu aku dulu’ atau ‘aku ingin sendiri untuk saat ini’. Kalimat tersebut bisa dibilang cukup ampuh karena nggak membutuhkan alasan khusus untuk menggunakannya.

Mood Swing

bad mood

Photo by Jan Prokes from Pexels

Ada suatu waktu dimana perempuan bisa tiba-tiba merasa sedang nggak mau melakukan apapun dan nggak mau diganggu. Kadang mereka sendiri juga nggak bisa menjelaskan alasan dibalik perilaku tersebut. Perubahan mood yang datang mendadak itu disebut juga dengan istilah mood swing.

Perubahan ini bisa disebabkan oleh tekanan pekerjaan, permasalahan dengan lingkungan sekitar, atau permasalahan dengan diri sendiri yang belum selesai. Bisa juga disebabkan oleh adanya faktor hormonal, seperti ketika seorang perempuan sedang mengalami Pra Menstruasi Syndrome (PMS).

Perlu diingat, PMS nggak hanya terjadi pada saat menjelang datangnya menstruasi saja. Akan tetapi, PMS juga bisa datang pada saat menstruasi sedang berlangsung atau setelah selesai menstruasi.

PMS seringkali dikaitkan dengan mood swing yang terjadi pada perempuan. Akan sangat menyebalkan bukan ketika kita sedang nggak ingin diganggu, tapi justru malah dicerca banyak pertanyaan? Maka jawaban ‘lagi PMS’ adalah jawaban yang paling mujarab untuk keluarkan.

Kalau mau digambarkan dalam sebuah hirearki, maka jawaban ‘lagi PMS’ akan menduduki posisi pertama, mengalahkan ‘lagi nggak mood’ dan ‘lagi pingin sendiri’. Secara otomatis semua orang akan memahaminya dan memberikan waktu untuk perempuan mengembalikan mood-nya.

Akan lebih baik menghindari perempuan yang sedang bad mood, apalagi kalau penyebabnya adalah PMS. Dari pada membuat mood-nya semakin buruk, pilihan yang sangat bijak untuk nggak mengganggunya sementara waktu. Pada kondisi ini ia sedang dalam kondisi ‘senggol bacok’, sekali kamu menyenggolnya maka akan tumpahlah semua emosinya.

Meski kerap dijadikan kambing hitam, PMS bukanlah faktor utama penyebab terjadinya mood swing loh ya, girls. Ada banyak sekali alasan yang bisa melatarbelakangi terjadinya perubahan mood ini. Jadi, alangkah baiknya untuk nggak menjustifikasi PMS adalah alasan yang dibuat-buat oleh para perempuan ketika sedang mengalami mood swing.

Mengembalikan Mood yang Hilang

man want to be happy

Photo by rawpixel.com from Pexels

Mengalami perubahan mood yang tiba-tiba datang tentu membuat suasana menjadi nggak nyaman, baik pada diri sendiri maupun orang lain. Suasana yang tadinya sudah terbangun baik dan terasa menyenangkan bisa berubah suram apabila kedatangan bad mood ini nggak segera diatasi. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan jika mood tiba-tiba berubah.

Cari Tahu Penyebabnya


Photo by Ken Treloar on Unsplash

Bad mood yang tiba-tiba datang memang bisa membuat harimu terasa suram dan nggak menyenangkan lagi. Mencari tahu alasan mengapa kamu bad mood penting untuk kamu lakukan, karena dengan begitu kamu akan tahu bagaimana harus menyikapinya. Segera mencari tahu penyebabnya akan membuat bad mood-mu jadi nggak berkepanjangan. Jika kamu sudah mengetahui penyebabnya, segeralah penuhi agar kamu bisa segera mengembalikan mood-mu yang sempat hilang.

Berpikir Positif

cara menghilangkan bad mood
photo by yoav hornung on unsplash.com

Ketika sedang bad mood biasanya pikiran-pikiran buruk mudah singgah dalam pikiran kita. Selalu berusaha untuk berpikir positif akan membantu memperbaiki suasana hati. Asumsi dan dugaan nggak jelas yang dibiarkan terus berkembang justru akan memperparah mood-mu. Seringkali bad mood justru datang akibat asumsi yang kita buat-buat sendiri.

Mengambil Waktu untuk Menyendiri

Sekumpulan domba yang sedang istirahata. ada satu domba yang berdiri. domba itu menjadi pembeda di antara domba lainnya
Photo by Nick Fewings on Unsplash

Jika kamu sedang berkumpul dengan teman-temanmu, ada baiknya kamu memisahkan diri sejenak. Hal ini bertujuan untuk menjernihkan pikiran supaya mood swing yang sedang kamu alami nggak merusak suasana berkumpul.

Ketika mood-mu sudah lebih baik, kamu bisa kembali bergabung pada teman-temanmu dan melanjutkan kegiatan. Pastikan kamu bisa mengendalikan emosimu sebelum kembali pada teman-temanmu. Menjadi perusak suasana adalah sesuatu yang nggak kamu inginkan bukan?

Mengungkapkan Perasaan

cara menghilangkan bad mood
Image by Gino Crescoli from Pixabay

Menceritakan apa yang kamu rasakan ketika sedang memiliki mood yang kurang baik akan membuatmu merasa lebih baik. Pada kondisi seperti itu terkadang seseorang hanya butuh untuk meluapkan apa yang sedang ia rasakan. Carilah orang yang tepat untuk bisa mendengarkan keluh kesahmu.

Beberapa orang akan menjawab nggak tahu ketika ia ditanya alasan bad mood-nya. Oleh karena itu, mencari seseorang yang mau mendengar keluhan dengan baik meskipun nggak jelas arah pembicaraannya adalah sebuah pilihan yang tepat. Dengan bercerita pada orang lain, maka beban yang kamu miliki akan berkurang. Kamu nggak harus menanggung semuanya sendiri, Girls!

Me Time

cara menghilangkan bad mood

Photo by Alisa Anton on Unsplash

Pilihan ini bisa dibilang adalah pilihan yang paling tepat ketika sedang bad mood. Menyisihkan waktu untuk memberikan kebebasan pada diri sendiri akan mengembalikan moodmu yang hilang.

Berikan kesempatan untuk dirimu kebebasan melakukan apapun yang kamu inginkan, seperti berhenti diet untuk sementara dan makan makanan yang kamu suka, pergi ke bioskop, mendengarkan musik, atau sekedar bersantai di dalam rumah sambil membaca buku. Memberikan waktu untuk diri sendiri adalah salah satu cara untuk menghargai diri sendiri.  

Menghabiskan Waktu Bersama Teman Atau Orang Terkasih

cara menghilangkan bad mood
Image by Sasin Tipchai from Pixabay

Mengembalikan mood yang bisa kamu lakukan dengan menghabiskan waktu bersama teman atau orang terkasih yang membuatmu nyaman. Dikelilingi oleh orang-orang yang membuatmu nyaman tentu akan membuatmu senang. Kehadiran mereka yang menghibur dapat menghilangkan penat dan mengembalikan mood.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika mood swing datang menghampiri. Nggak perlu mencari solusi yang ribet karena masih banyak cara mudah dan sederhana yang ada di sekitarmu, yang bisa membantu mengembalikan mood-mu. Hal terpenting yang perlu kamu ketahui ketika sedang bad mood adalah jangan membiarkannya berlarut-larut karena hal itu bisa menyebabkan kamu malas untuk melakukan hal produktif lainnya.

olla weje

Menulis adalah jalan ninjaku

Leave a Reply

Close Menu